Sampai saat ini Geeks tentu sudah tahu bahwa buah iblis merupakan sumber kekuatan terbesar di seri One Piece, selain Haki. Hampir semua petarung atau karakter hebat dalam serinya memiliki kekuatan buah iblis dan bergantung pada kekuatan tersebut. Buah iblis juga dianggap sebagai harta karun lain karena mereka yang memakannya akan diberkahi kekuatan dahsyat.

Meskipun buah iblis menjadi sumber kekuatan utama dalam serinya, dan banyak kekuatan hebat dihasilkan dari buah iblis, namun faktanya ada juga sumber kekuatan lain yang tidak kalah epik dan dahsyat. Bukan berasal dari buah iblis atau pun Haki, kekuatan dahsyat ini memiliki keunikan sendiri yang membuatnya berbeda dari kedua sumber kekuatan tersebut. Apa saja?

Jio-Ken

Jio-Ken adalah sebuah gaya bertarung atau ilmu bela diri yang digunakan oleh Lao, salah satu anggota dari kelompok bajak laut Donquixote. Gaya bertarung ini membuat sosok Lao G, yang usianya sudah tidak lagi muda, masih mampu untuk menghadirkan serangan pukulan dalam kecepatan tinggi dan juga tendangan dahsyat dalam sebuah pertarungan. Ini juga yang membuatnya menjadi salah satu petarung hebat di arc Dressrosa.

Salah satu kedahsyatan dari teknik bela diri ini adalah sebuah teknik yang disebut Qigong. Teknik tersebut membuat Lao G mampu menyeimbangkan energi dalam dirinya sedemikian mungkin, sehingga dia menyimpan energi dan kekuatan dari masa mudanya untuk kemudian digunakan pada masa tuanya saat ini. Teknik Jio-Ken ini bahkan sanggup membuat Lao G unggul atas Don Chinjao.

Seimei Kikan

Dikenal juga sebagai Life Return, Seimei Kikan adalah salah satu sumber kekuatan yang paling epik yang dihadirkan di serinya. Meskipun ada banyak karakter yang dirasa mampu menggunakan kekuatannya, namun hanya ada dua karakter yang sudah dikonfirmasi merupakan pengguna dari teknik ini yaitu Rob Lucci dan juga Kumadori.

Seimei Kikan merupakan sebuah teknik di mana seseorang akan mampu memanipulasi seluruh fungsi dalam tubuh mereka tanpa perlu bersusah payah. Sesuatu seperti pencernaan, aliran darah, dan lainnya, mampu dikendalikan sesuai dengan keinginan penggunanya. Dikombinasikan dengan teknik Kami-E, penggunanya bisa memanipulasi massa otot mereka hingga mencapai maksimal.

Rokushiki

Rokushiki atau Six Powers atau Enam kekuatan, merupakan sebuah teknik ilmu bela diri yang umum diajarkan di kalangan perwira Pemerintah Dunia. Teknik bela diri ini hanya bisa dibangkitkan melalui latihan ketat. Meskipun seseorang sudah menjalani latihan berat untuk bisa menggunakan teknik Rokushiki, tidak semuanya mampu menguasai dan kemudian disebut sebagai master Rokushiki.

Sesuai namanya, ada enam hal dalam teknik Rokushiki yaitu Tekkai (Pengerasan Tubuh), Soru (Bergerak Dengan Cepat), Shigan (Pistol Jari), Kami-E, Geppo, dan Ranyaku. Namun, terdapat teknik ketujuh yang disebut sebagai Rokuogan, yang hanya bisa diakses jika seseorang sudah menguasai keenam kekuatan tersebut secara sempurna.

Hasshoken

Hasshoken merupakan gaya bertarung yang khas yang dimiliki oleh petarung hebat dari kerajaan Kano. Hasshoken merupakan sebuah teknik yang membuat penggunanya bisa mengendalikan getaran di sekitar tubuh mereka. Dalam sebuah pertarungan, getaran-getaran tersebut cukup kuat untuk membuat sebuah gelombang kejut yang tidak bisa ditahan.

Besi terkuat sekali pun akan mampu hancur dengan penggunaan teknik Hasshoken. Karena itulah, teknik Hasshoken akan sangat berbahaya dan mengerikan jika mengenai tubuh lawannya. Sai merupakan karakter yang diketahui menggunakan kekuatan dahsyat ini, dan kekuatan ini pun tidak kalah hebat dengan kekuatan yang dimiliki sang kakek, Don Chinjao.

Fishman Karate

Fishman Karate adalah salah satu kekuatan dahsyat lainnya yang ada di seri One Piece, selain buah iblis. Dan ini juga merupakan salah satu ilmu bela diri dahsyat di serinya. Secara teknis, Fishman Karater berfokus pada pengendalian air yang ada di sekitar targetnya, yang kemudian menghasilkan gelombang kejut besar yang bisa melukai targetnya. Bisa dibilang tekniknya mirip dengan Hasshoken, hanya saja ada tambahan manipulasi airnya.

Karena hampir semua orang di dalam tubuhnya terdapat cairan, maka teknik Fishman Karate ini sangat sulit untuk ditahan karena mampu menembus tubuh seseorang dengan mudah. Bahkan, pemilik buah iblis seperti Luffy sekali pun, harus mengalami kesulitan jika harus berhadapan dengan pengguna teknik Fishman Karate, seperti halnya sosok Jinbe.

Peningkatan Kekuatan DNA

Lineage Factor merupakan sebutan lain dari DNA dalam cerita di seri One Piece, dan sering kali disebut sebagai cetak biru kehidupan. Beberapa ilmuwan di serinya berhasil menemukan cara untuk bisa merubah Lineage Factor tersebut, dan menggunakannya untuk kemudian dikembangkan menjadi sebuah sumber kekuatan yang dahsyat. Vegapunk dan Judge adalah karakter yang berhasil melakukan hal tersebut.

Dr. Vegapunk diketahui mampu memanfaatkan hal tersebut untuk menciptakan buah iblis buatan. Atau juga Vegapunk mampu menciptakan hal lainnya, seperti naga besar yang menjaga Punk Hazard. Sementara itu, Vinsmoke Judge mampu merubah dan memodifikasi DNA anak-anaknya untuk kemudian meningkatkan kekuatan mereka, menjadi monster pembunuh yang efektif. Akibat dari hal tersebut, keluarga Vinsmoke memiliki kekuatan regenerasi, kecepatan tinggi, otot yang kuat, dan juga tubuh yang keras.

Dalam dunia One Piece, pertarungan menjadi sesuatu yang tidak terhindarkan. Dan dalam pertarungan tentunya dibutuhkan berbagai teknik atau kekuatan dahsyat untuk bisa melumpuhkan musuh. Selain buah iblis dan Haki, ada kekuatan lainnya yang tidak kalah dahsyat yang digunakan para karakter dalam ceritanya dan enam kekuatan di atas adalah contohnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.