Dahulu, Final Fantasy memang terikat dengan nama besar Nintendo. Pasalnya, Square Enix merilis enam game pertama Final Fantasy secara eksklusif untuk NES dan Super Nintendo. Namun setelah PS1 muncul, Square Enix mulai merilis game tersebut di PlayStation dan kemudian ke beberapa platform lainnya seperti Xbox dan PC. Sejak itulah Final Fantasy menjadi salah satu game lintas platform paling ditunggu.

Tetapi sekarang, persaingan kubu Sony dan Microsoft semakin memanas. Baru-baru ini, ada kabar mengejutkan yang datang dari Sony. Jordan Middler dari VGC baru-baru ini berbicara tentang rencana Square Enix untuk Final Fantasy. Menurut Middler, sebagian besar game Square Enix direncanakan rilis di Xbox. Tetapi sepertinya hal tersebut tidak terjadi untuk game Final Fantasy terbaru.

Sony kabarnya ingin agar PlayStation menjadi konsol eksklusif untuk memainkan Final Fantasy. Middler juga mengatakan bahwa Final Fantasy 7 Remake seharusnya sudah tersedia di Xbox, tetapi hingga sekarang hal itu belum terjadi. Final Fantasy 7 Remake baru tersedia untuk PS5, PS4, dan PC. Masih belum ada tanda-tanda bahwa Square Enix akan meluncurkan Final Fantasy 7 Remake untuk versi Xbox

Sony memang tengah memperbanyak library dari berbagai game eksklusif PS5, seperti Deathloop yang dikembangkan oleh Arkane Studios. Tetapi, Deathloop hanya menjadi game eksklusif PS5 hingga bulan September mendatang, sebelum kemudian muncul versi Xbox Series X dan S. Deathloop sendiri sebenarnya dimiliki oleh Microsoft, karena di tahun 2020 lalu, Bethesda selaku publisher gamenya telah diakuisisi oleh Microsoft. Namun karena kesepakatan antara Sony dan Bethesda terjadi sebelum Microsoft mengakuisisi Bethesda, maka Deathloop menjadi game eksklusif PS5 untuk sementara waktu.

Di satu sisi, Microsoft juga tengah berupaya untuk memperkaya berbagai game mereka untuk Xbox Game Pass. Mereka membutuhkan judul-judul besar seperti Final Fantasy dan Deathloop, agar menarik minat para pemain untuk segera berlangganan Xbox Game Pass. Perang game eksklusif tentunya masih akan terus terjadi, tetapi ini menjadi bagian yang menarik. Kita tunggu aja ya Geeks apakah game terbaru Final Fantasy nanti akan menjadi eksklusif untuk PlayStation atau tidak.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.