Spider-Man: No Way Home adalah film Marvel Cinematic Universe ke-27 yang baru saja dirilis pada akhir tahun 2021 lalu. Meskipun belum genap sebulan dirilis di bioskop Indonesia dan seluruh dunia, film ini telah berhasil memecahkan berbagai macam rekor, salah satunya adalah menjadi film paling sukses pada tahun 2021. Berdasarkan antusiame yang tinggi, banyak juga penggemar yang menganggap bahwa sebenarnya film ini bisa saja menyalip rekor Avengers: Endgame jika dunia tidak dalam keadaan pandemi COVID.

Film Spider-Man: No Way HomeĀ bercerita tentang masalah multiverse yang menyebabkan para penjahat Spider-Man terbawa ke MCU, menjadi villain “tamu” yang harus dihadapi oleh Spider-Man dari Tom Holland. Selain lima villain yang sempat bertarung dengan Spider-Man MCU, seperti Doc Ock, Green Goblin, Sandman, Lizard, dan Electro, credit scene No Way Home juga mengungkapkan bahwa Eddie Brock alias Venom terbawa dari Sony’s Spider-Man Universe ke MCU, sebelum akhirnya kembali ke SSU dengan meninggalkan “sebagian” symbiote-nya di MCU.

Menariknya, seorang pengguna Twitter Thomas du Crest, yang juga terlibat sebagai seniman concept art resmi film Spider-Man: No Way Home, baru saja membagikan concept art Spider-Man yang bergabung dengan symbiote, seperti yang bisa dilihat dari gambar di atas. Du Crest mengatakan bahwa pengungkapan concept art ini sudah mendapatkan izin dari Marvel Studios. Berdasarkan yang terlihat di gambarnya, dengan bergabungnya symbiote dengan Spider-Man, hal tersebut membuatnya mempunyai kostum yang symbiote, lengkap dengan beberapa detail Venom seperti urat-urat putih di tubuhnya.

Kostum symbiote ini sama seperti versinya di Marvel Comics, yang juga disebut Black Cloth. Pertama kali diceritakan pada tahun 1984 di komik Amazing Spider-Man #252, kostum symbiote ini didapatkan Spider-Man ketika alien symbiote tiba di Bumi dan secara tidak sengaja bergabung dengannya, karena pada dasarnya symbiote akan mencari inang yang cukup kuat untuk bertahan hidup. Meskipun Spider-Man menjadi jauh lebih kuat setelah bergabung dengan symbiote, sisi negatifnya dia berubah menjadi sosok yang brutal dan arogan.

Sony Picture dan Marvel Studios sudah mengonfirmasi bahwa No Way Home bukan film terakhir Spider-Man di MCU, mereka masih mempunyai rencana untuk trilogi Spider-Man selanjutnya, yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan film Spider-Man 4. Dengan terungkapnya concept art ini, bukan tidak mungkin Spider-Man akan benar-benar bergabung dengan symbiote di film keempatnya nanti, sampai akhirnya melahirkan Venom baru di MCU sekaligus menjadikannya villain tangguh yang harus dihadapi oleh Spider-Man. Kita nantikan saja ya, Geeks.