Selama bertahun-tahun, Marvel telah memperkenalkan banyak karakter menarik dengan kemampuan dan latar belakangnya masing-masing kepada para penggemar, baik di Marvel Comics alias Marvel Universe yang sudah ada sejak Marvel berdiri, maupun di Marvel Cinematic Universe yang baru lahir pada tahun 2008 silam. Dari banyaknya karakter yang ada di Marvel, biasanya mereka dibagi menjadi beberapa ras humanoid dengan mitologinya sendiri. Selain manusia, ada juga mutan, inhuman, eternal, asgardian, dan sebagainya.

Wanda Maximoff alias Scarlet Witch merupakan salah satu karakter Marvel yang asal-usulnya sedikit membingungkan. Sebagai karakter favorit penggemar, Marvel telah beberapa kali mengubah latar belakang Scarlet Witch dari mutan ke manusia, begitu juga sebaliknya. Meskipun Scarlet Witch pertama kali diperkenalkan di komik X-Men, versi terbarunya di MCU seperti mengesampingkan origins-nya sebagai mutan. Lantas, sebenarnya pada titik mana Marvel meletakan origins Scarlet Witch yang sesungguhnya?

Marvel Sering Mengubah Latar Belakang Scarlet Witch

Diciptakan oleh duo legenda Marvel, Stan Lee dan Jack Kirby, Scarlet Witch pertama kali melakukan debutnya di komik X-Men #4 pada tahun 1964. Pada saat itu, Scarlet Witch diceritakan sebagai anak mutan omega level Magneto dan kembaran Quicksilver yang juga seorang mutan. Namun, dibandingkan para X-Men lain, Scarlet Witch justru mendapatkan perlakuan khusus dari Marvel yang sering menampilkannya sebagai seorang penyihir sakti di Marvel Universe. Sejak saat itu, Scarlet Witch seakan-akan mempunyai dua latar belakang yang sama-sama kuat, yaitu mutan dan penyihir.

Dalam kisah Marvel selanjutnya, Scarlet Witch diceritakan sempat membebaskan dirinya dari sumber kekuatan sihir Elder God Chthon dengan menggunakan kekuatan mutan di dalam dirinya. Pada titik tersebut, banyak penggemar yang percaya bahwa jati diri Scarlet Witch yang sebenarnya adalah mutan yang sudah sakti sejak lahir, bukan penyihir yang mendapatkan kemampuannya dengan cara belajar atau berguru pada orang lain. Namun, pada tahun 2014, penggemar kembali dibuat bingung ketika Marvel merilis cerita legendaris Avengers & X-Men: AXIS yang sekali lagi mengubah latar belakangnya.

Dalam kisah AXIS diceritakan bahwa ada sebuah sihir sakti yang lepas kendali, membuat para superhero menjadi supervillain, dan para supervillain menjadi superhero. Ketika Magneto dan Quicksilver harus melindungi Bumi dari segala ancamannya, hal tersebut pada akhirnya mempertemukan mereka dengan Scarlet Witch untuk kesekian kalinya dalam sejarah Marvel. Scarlet Witch yang mengamuk langsung mengutuk garis keturunan Magneto, yang secara mengejutkan hanya berpengaruh pada Quicksilver.

Meskipun sempat terkejut, Scarlet Witch berkata pada Quicksilver, “Kamu tidak tahu betapa menyenangkannya mengetahui bahwa tidak ada hubungan darah di antara kita.” Para penggemar, khususnya penggemar X-Men, ikut terkejut setelah mengetahui bahwa Scarlet Witch sama sekali bukan mutan seperti yang selama ini mereka percaya. Pada saat itu banyak penggemar X-Men yang berharap Marvel menulis ulang atau mengembalikan asal-usul Scarlet Witch sebagai mutan. Namun, sepertinya hal tersebut tidak akan terjadi lagi.

Scarlet Witch Bukan Lagi Mutan

Di Marvel Comics era modern, Scarlet Witch ditetapkan sebagai seorang penyihir, bukan mutan. Di komik Scarlet Witch karya James Robinson dicertakan bahwa Scarlet Witch mulai mempelajari asal-usulnya, yang mengungkapkan bahwa dia adalah keturunan penyihir yang memang sejak awal ditakdirkan sebagai Scarlet Witch. Perlahan-lahan Marvel melepaskan ikatannya pada mutan, salah satunya dengan menjadikan Scarlet Witch sebagai guru di Strange Academy yang didirikan oleh Scarlet Witch.

Beberapa tahun ke belakang, melalui berbagai komik baru X-Men, para mutan justru menetapkan Scarlet Witch sebagai iblis. Mereka menganggapnya sebagai Pretender, atau orang yang berpura-pura sebagai mutan. Dalam beberapa konflik yang terjadi antara X-Men dan Avengers, Marvel bahkan tidak menempatkan Scarlet Witch bersama para mutan lainnya. Sejauh ini tidak ada tanda-tanda Marvel akan mengubah latar kembali belakang Scarlet Witch. Saat ini para penggemar pun sepertinya sudah bisa menerima bahwa Scarlet Witch memang bukan mutan di Marvel Comics.

Bagaimana Nasibnya di MCU?

Di Marvel Cinematic Universe, Wanda Maximoff alias Scarlet Witch diceritakan mendapatkan kemampuan sihirnya setelah terpapar oleh Mind Stone, buka sejak lahir seperti para mutan. Meskipun sekarang hak atas karakter X-Men sudah berhasil diakuisisi dari 20th Century Fox, Marvel sepertinya tidak akan mengubah latar belakangnya sebagai mutan. Presiden Marvel Studios Kevin Feige bahkan membandingkan kekuatannya dengan Doctor Strange yang saat ini merupakan penyihir paling sakti di MCU.

Berdasarkan kemunculan pertamanya, dan apa yang telah disinggung oleh Kevin Feige, cukup jelas bahwa Scarlet Witch versi MCU sejak awal adalah penyihir. Di serial solonya yang berjudul WandaVision, terungkap bahwa berdasarkan buku sihir Darkhold, dia sudah ditakdirkan sejak awal untuk menjadi Scarlet Witch yang akan menghancurkan dunia. Dan sebentar lagi, Scarlet Witch akan kembali di film Doctor Strange in the Multiverse of MadnessĀ yang pada dasarnya adalah film tentang sihir Marvel, dan tentunya multiverse juga.

Marvel Comics dan Marvel Cinematic Universe tampaknya sama-sama sepakat untuk menetapkan bahwa Scarlet Witch bukan lagi mutan seperti saat pertama kali diperkenalkan pada tahun 60-an, melainkan sebagai salah satu penyihir sakti yang ada di semesta Marvel. Untuk sekarang cukup aman untuk disimpulkan bahwa origins Wanda Maximoff alias Scarlet Witch adalah seorang penyihir dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan mutan atau X-Men.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.