Selama lebih dari 80 tahun Marvel berdiri, tidak diragukan lagi bahwa banyak sekali karakter kuat yang tersebar di semestanya. Beberapa di antaranya diperlihatkan mempunyai kekuatan yang membuat mereka seperti dewa, sedangkan sebagian lagi memang pada dasarnya adalah dewa, seperti Thor yang merupakan dewa Nordik dari Planet Asgard. Meskipun Thor sangat populer, tetapi ternyata dia bukan dewa terkuat yang pernah diceritakan Marvel. Ada lima dewa yang diceritakan lebih kuat dari Thor, dan bahkan paling kuat di Marvel Universe. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks.

Death  

Jika Hela mengklaim dirinya sebagai Dewi Kematian dari mitologi Nordik, Death adalah Dewi Kematian sesungguhnya di Marvel Universe. Death adalah entitas kosmik yang merupakan kematian sendiri, dia tidak akan bisa mati dan juga sama sekali tidak hidup. Semua kematian di Marvel Universe konon diketahui oleh Death, dan dia akan sangat senang ketika ada banyak makhluk hidup yang mati. Karena selama ada kematian, maka Death akan abadi. Di Marvel Comics, alasan mengapa Thanos ingin memusnahkan makhluk hidup dengan Infinity Gauntlet-nya adalah karena ingin menyenangkan Death.

Gaea

Sebagai Dewi Bumi, Gaea adalah karakter Marvel yang digambarkan mempunyai kekuatan kasih yang sangat kuat. Gaea adalah sosok di Marvel Universe yang konon menanamkan esensi dirinya pada semua makhluk hidup di semesta. Hampir semua mitologi mengakui keberadaan dan kehebatan Gaea, termasuk mitologi Yunani, Romawi, Nordik, dan Mesir. Pada akhirnya terungkap juga bahwa Gaea adalah ibu kandung Thor. Meskipun bukan dewa petarung, tetapi Gaea adalah dewa dengan kekuatan kosmik yang akan terus berusaha untuk menyeimbangkan kehidupan di Marvel Universe, bahkan kehidupan dewa lainnya.

Odin

Sebagai ayah Dewa Petir Thor dan Dewa Penipu Loki, Odin adalah dewa yang mempunyai julukan All-father of Asgard. Seluruh Marvel Universe mengenal sosok Odin sebagai dewa yang sangat kuat, yang telah berkeliling semesta untuk memperluas kekuasaannya di Nine Realm, termasuk Midgard alias Bumi. Selain kuat, Odin adalah dewa yang tekenal ahli strategi. Selama menjadi Raja Asgard, Odin telah melalui ribuan pertempuran selama jutaan tahun, dan hampir semuanya dimenangkan olehnya. Bisa dibilang juga bahwa Odin adalah dewa terkuat yang paling terkenal dan disegani di Marvel Universe.

Surtur

Banyak yang meragukan bahwa Surtur adalah dewa karena penampilannya yang seperti iblis raksasa, tetapi pada kenyataannya Surtur dikenal oleh para Asgardian sebagai Dewa Api. Kekuatan dan ancamannya sangat legendaris di mitologi Nordik, dia adalah sosok yang akan menghancurkan Asgard saat kejadian Ragnarok yang sering diartikan sebagai kiamat Nine Realm. Di Marvel Universe Surtur digambarkan sebagai salah satu supervillain kuat yang mempunyai penampilan paling mengerikan, yaitu tubuh merah, tanduk dan rambut api, serta sering terlihat menggunakan pedang raksasa yang disebut Twilight.

Zeus

Berasal dari kelompok dewa Yunani dan Romawi, Zeus adalah raja dari semua dewa Olympus. Sebagai dewa yang menguasai petir, kekuatannya jauh lebih hebat dari Thor yang merupakan Dewa Petir Nordik. Bahkan bisa dibilang Zeus mempunyai kekuatan yang setara Odin dalam beberapa aspek, salah satunya adalah cakupan kekuasaan yang sangat luas. Di Marvel Comics sendiri, Zeus adalah ayah dari salah satu anggota Avengers terkuat yaitu Hercules. Dalam beberapa kesempatan, selain dikenal sebagai dewa yang bijaksana, Zeus juga mempunyai sisi misterius yang terkadang terlihat brutal dan mengerikan.

Itulah 5 dewa paling kuat di Marvel Universe. Meskipun beberapa di antara kelima dewa ini terinspirasi dari mitologi asli, tetapi Marvel melakukan beberapa penyesuaian terhadap mereka, menjadikannya karakter Marvel yang mempunyai kekuatan beragam dan kekuasaan yang mungkin jauh lebih besar dari versi aslinya. Kehadiran mereka di Marvel Universe sendiri membuktikan bahwa peran dewa cukup penting dan berpengaruh terhadap kisah Marvel secara keseluruhan.