Sebagai salah satu tayangan yang paling diantisipasi, serial Peacemaker akan melanjutkan kisah Christopher Smith alias Peacemaker yang melakukan debut live action-nya di film The Suicide Squad. Ditulis dan disutradarai langsung oleh James Gunn, serial ini dibintangi oleh John Cena sebagai Peacemaker, Freddie Stroma sebagai Vigilante, Robert Patrick sebagai Auggie Smith, Danielle Brooks sebagai Adebayo, Chukwudi Iwuji sebagai Murn, Jennifer Holland sebagai Harcourt, dan Steve Agee sebagai Economos.

Menjadi bagian dari DC Extended Universe, delapan episode serial Peacemaker akan menceritakan petualangan Peacemaker bersama tim baru yang disebut A.R.G.U.S (Advanced Research Group Uniting Super-Humans). Selain Peacemaker, di dalam tim barunya tersebut ada sosok nyentrik lainnya yang terlihat mengenakan kostum seperti superhero, dia adalah Vigilante. Di trailer Peacemaker, Vigilante terlihat sering bekerja sama dengan Peacemaker untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Siapa sebenarnya Vigilante? Mari kita kenali karakternya, Geeks.

Origins Vigilante

Di DC Comics sendiri, ada banyak karakter yang menggunakan nama Vigilante, tetapi jika dilihat dari kostum dan gayanya, Vigilante yang akan muncul di serial Peacemaker nanti adalah versi Adrian Chase. Diciptakan oleh Marv Wolfman dan George Pérez, Adrian Chase alias Vigilante pertama kali melakukan debutnya di komik New Teen Titans #23 yang dirilis pada tahun 1982. Sosoknya digambarkan sebagai seorang superhero yang menumpas kejahatan dengan caranya sendiri, sama seperti Batman.

Awalnya Adrian Chase adalah seorang manusia biasa yang sangat menjunjung tinggi keadilan, oleh karena itu dia memutuskan untuk menjadi seorang pengacara, yang sesekali membantu Teen Titans menyelesaikan masalah hukum. Sejak saat itu kariernya terbilang cukup cemerlang, berkat pengalamannya, Adrian ditunjuk menjadi seorang hakim di pengadilan Kota New York, memutuskan bersalah atau tidaknya seorang penjahat. Hidupnya kemudian mulai berubah setelah sekelompok mafia Scarapelli membunuh istri dan anak-anaknya.

Dengan dendam di hatinya, Adrian memutuskan untuk menjadi Vigilante yang akan menghukum para penjahat dengan tangannya sendiri. Awalnya Vigilante hadir sebagai sosok yang berpegang teguh pada moral superhero, di mana dia akan mengalahkan penjahat dan tidak akan membunuhnya. Namun, seiring berjalannya waktu, karena mentalnya yang tidak siap untuk menjadi superhero, Vigilante mulai bertanya-tanya apakah yang dilakukannya benar-benar demi keadilan atau tidak.

Dengan mental yang tidak stabil dan beberapa kejadian tragis di sekitarnya, Vigilante berubah menjadi sosok yang brutal. Para penjahat di Kota New York mulai merasakan betapa mengerikannya Vigilante setelah mengetahui bahwa dia tidak akan ragu untuk membunuh musuh-musuhnya. Vigilante mulai sadar, bahwa keadilan sebenarnya yang selama ini dia junjung tinggi seharusnya dilakukan dengan caranya sekarang, yaitu hukuman mati bagi para penjahat. Meskipun brutal, Vigilante menjadi contoh bagi para superhero di sekitarnya dalam menyelesaikan suatu ancaman yang sangat sulit.

Kemampuan Vigilante yang Mematikan

Pada dasarnya Vigilante adalah manusia biasa yang tidak mempunyai kemampuan super sama sekali, dan dia juga tidak mempunyai kekayaan super seperti Batman atau Green Arrow. Kemampuannya sebagai Vigilante murni dia dapatkan sendiri dari program latihan amatir yang dibimbing oleh beberapa arwah penuh dendam, setidaknya itu yang dia percaya. Setelah memulai aksinya sebagai Vigilante, dia menggunakan semua kemampuannya untuk mengalahkan penjahat, termasuk keahliannya menggunakan senjata api, khususnya sniper.

Selain ahli menggunakan senjata api, Vigilante juga termasuk karakter DC yang terkenal hebat dalam pertarungan tangan kosong. Kemampuan tersebut dia dapatkan dari beberapa seni bela diri Asia yang dipelajarinya sendiri. Berkat pelatihannya yang keras, tubuh Vigilante menjadi sangat kuat, sehingga dia kebal terhadap beberapa rasa sakit. Dan dalam beberapa kesempatan Vigilante juga terlihat mengembangkan kemampuan regenerasi yang membuat luka-lukanya sembuh lebih cepat, setidaknya lebih cepat dari manusia normal.

Vigilante di Serial Peacemaker

Selain kostumnya, belum jelas apakah Vigilante akan mempunyai latar belakang yang sama seperti di komiknya atau tidak. Kiprahnya bersama Peacemaker juga baru akan diceritakan di serialnya nanti, karena di DC Comics Vigilante dan Peacemaker belum pernah saling berhadapan satu sama lain. Namun, jika latar belakang komiknya diadaptasi juga di serial Peacemaker, Vigilante akan menjadi sosok yang sangat cocok dengan Peacemaker.

Mengingat dia juga mempunyai masalah mental yang kurang lebih sama dengan Peacemaker. Sementara Peacemaker percaya bahwa jiwa semua orang yang dia bunuh terjebak di helm silvernya, Vigilante percaya bahwa dia dibimbing oleh para arwah pendendam untuk menegakkan keadilan. Di trailernya, Vigilante juga terlihat mempunyai kemampuan bertarung dan menggunakan senjata seperti yang diceritakan di komiknya.

Itulah pembahasan mengenai karakter Vigilante yang nanti akan beraksi dengan Peacemaker di serialnya. Dengan penampilannya yang sama-sama nyentrik, sepertinya akan menarik melihat Vigilante dan Peacemaker bertarung bersama-sama, menumbuhkan rasa persahabatan sekaligus persaingan yang dikemas dengan komedi. Jangan lewatkan aksi Vigilante di serial Peacemaker yang dijadwalkan akan merilis tiga episode perdananya di saluran streaming HBO GO pada 13 Januari 2022.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.