Semenjak pertama kali diperkenalkan dalam cerita di seri One-Punch Man, Garou langsung menjadi salah satu karakter favorit dari para fans. Bahkan, banyak fans beranggapan bahwa Garou adalah salah satu villain terbaik di serinya. Meskipun Garou adalah sosok villain, dia sebenarnya memiliki alasan yang masuk akal mengapa kemudian dia berada di pihak mereka.

Dalam cerita masa lalunya diperlihatkan bagaimana Garou kecil justru merasa iba dan empati kepada para villain, yang sering kali diperlihatkan harus berhadapan dengan beberapa pahlawan sekaligus. Sayangnya, hal itu membuat Garou kemudian dirundung oleh teman-teman sebayanya. Seiring berjalannya waktu, kebencian Garou terhadap para pahlawan terus meningkat.

Sudah banyak pahlawan dari mulai kelas C sampai kelas S yang berhasil Garou kalahkan. Bukan hanya itu, dalam arc yang berjalan saat ini kita melihat bagaimana Garou terus mengalami peningatan kekuatan. Seperti kita lihat sebelumnya, dia berhasil mengalahkan Blackluster dengan mudah. Kemudian mengalahkan Bang dan Bomb – yang merupakan gurunya – juga dengan mudah.

Terakhir, kita melihat bagaimana dia menghancurkan Ugly Fuhrer dan juga menghancurkan Platinum Sperm dengan sangat mudah. Dengan kekuatan yang luar biasa tersebut, muncul sebuah pertanyaan. Apakah Garou akan menjadi sangat kuat dan kemudian dia akan berubah menjadi ancaman level dewa?

Sampai sejauh ini, Boros dianggap sebagai sosok villain terkuat di seri One-Punch Man. Tetapi, dengan apa yang diperlihatkan dalam chapter sebelumnya bagaimana evolusi kekuatan Garou yang sangat luar biasa, memunculkan sebuah potensi di mana dia akan mampu berubah menjadi sosok villain yang jauh lebih kuat dari Boros – bahkan mungkin menjadi villain terkuat di serinya.

Jika memang demikian, artinya ONE dan Yusuke Murata harus menghadirkan sejumlah chapter yang memperlihatkan peningkatkan kekuatan Garou agar semuanya lebih meyakinkan. Sebenarnya, bagaimana Garou berubah menjadi ancaman level dewa pernah juga dihadirkan dalam versi web comicnya.

Seperti yang terjadi saat ini, Garou terus mengalami perkembangan dan peningkatan kekuatan. Terus menerus sampai kemudian Garou berada di level ancaman dewa. Bahkan, Tatsumaki pun diperlihatkan tidak mampu menghadapi Garou level dewa. Hal ini pun yang kemudian membuat Garou kembali harus berurusan dengan Saitama.

Tetapi, seperti yang bisa diduga, kemampuan Saitama tetap jauh berada di atas level Garou meskipun dia sudah menjadi ancaman level dewa. Saitama berhasil mengalahkannya. Dan bukan hanya itu, dia juga akhirnya menyadari kesalahannya. Hal ini pun sepertinya diyakini oleh para fans One-Punch Man versi manga, di mana Garou akan sanggup bertahan sampai kemudian dia cukup kuat untuk menjadi villain dengan ancaman level dewa.

Jika hal ini terjadi, sebagian besar dari pahlawan kelas S akan berusaha mengevakuasi orang-orang dan memastikan mereka tidak berada di radius yang berbahaya dari pertarungan antara Saitama dan Garou. Salah satu hal yang membuat Garou berpotensi menjadi ancaman level dewa sekaligus menjadi petarung terbaik adalah bagaimana dia mampu beradaptasi dengan cepat, terutama saat bertarung.

Kemampuan observasi yang dia miliki dan kemampuan untuk mengimplementasikan gaya bertarung orang lain dengan hanya memperhatikan atau melihatnya, menunjukan seberapa besar upaya yang harus dia lakukan untuk kemudian menjadi villain paling kuat di sepanjang serinya. Dengan Garou yang sudah membangkitkan kekuatannya dan menjadi Awakened Garou, hanya tinggal masalah waktu bagi Garou untuk bisa mencapai ancaman level dewa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.