The Book of Boba Fett adalah serial terbaru Disney+ yang berfokus pada seorang bounty hunter favorit penggemar dari waralaba Star Wars, yaitu Boba Fett. Sebelum muncul di serial solonya ini, Boba muncul secara mengejutkan di serial The Mandalorian Season 2, mengonfirmasi bahwa dia kembali hidup dengan cara yang misterius. Sebagai spin-off Star Wars, di serialnya ini Boba (Temuera Morrison) ditemani oleh Fennec Shand (Ming-Na Wen) yang akan membantunya untuk mengklaim kepemimpinan atas underworld di Tatooine.

Serial The Book of Boba Fett episode pertama yang baru saja tayang beberapa waktu lalu, memperlihatkan bagaimana Boba Fett masih hidup, setelah sebelumnya di film Return of the Jedi, Han Solo menembak jetpack-nya dan membuat Boba terjatuh ke dalam mulut monster sarlacc. Dalam keadaan yang lemah, Boba kemudian dibawa sebagai tahanan oleh Tusken Raider yang secara tidak langsung menyelamatkannya. Banyak penggemar yang bertanya-tanya mengapa Tusken Raider yang terkenal “tidak ramah” melakukan hal tersebut? Berikut penjelasan mengapa Tusker Raider menyelamatkan Boba Fett.

Siapa Tusken Raider?

Semesta Star Wars dipenuhi dengan berbagai planet yang di dalamnya terdapat banyak makhluk hidup yang unik sekaligus misterius. Dan salah satu planet yang paling misterius di antara semuanya adalah Tatooine. Tusken Raider atau Sand People adalah salah satu suku yang hidup di planet tandus Tatooine. Pertama kali diceritakan di film A New Hope, Tusken Raider adalah suku misterius yang digambarkan sebagai musuh yang brutal dan tidak ramah terhadap orang luar.

Di filmnya, Tusken Raiders diceritakan hampir membunuh protagonis utama Star Wars, yaitu Luke Skywalker, sebelum akhirnya Luke diselamatkan oleh Obi-Wan Kenobi. Di kisah Star Wars lain, Tusken Raider pernah diceritakan menculik Shmi Skywalker dan menyiksanya sampai mati. Terakhir kali sebelum muncul di serial The Book of Boba Fett, Tuskern Raider kembali muncul di serial The Mandalorian Season 2, di mana Din Djarin bekerja sama dengan suku Tusken Raider untuk mengalahkan Krayt Dragon, membuktikan bahwa suku padang pasir Tatooine ini tidak sepenuhnya brutal.

Menjadikan Boba Fett Sebagai Budak

Saat berhasil mengalahkan sarlacc dari dalam perutnya, Boba Fett keluar dari dalam pasir keadaan lemah karena kehabisan tenaga. Pada malam harinya, datang kelompok Jawa yang langsung mengambil armor dan semua peralatan Boba, meninggalkannya dalam keadaan hanya menggunakan pakaian dalam. Tidak lama setelah itu, Tusken Raider datang menhampiri Boba yang masih dalam keadaan pingsan dan tanpa identitas. Alih-alih meninggalkannya untuk mati, Tusker Raider memilih membawa Boba kembali ke desa mereka sebagai tahanan.

Di desa Tusken Raider, Boba bersama tahanan lain yang merupakan seorang Rodian diperintahkan untuk mencari labu Hubba. Pada titik ini kita mulai mengetahui bagaimana Tusken Raider bertahan hidup di padang pasir tandus Tatooine, yaitu dengan meminum air dari labu Hubba. Alasan mengapa Tusken Raider menyelamatkan Boba mungkin karena mereka merasa dia bisa disuruh untuk mencari lebih banyak labu Hubba. Bagi Tusken Raider, meskipun Boba terlihat lemah, dia masih bisa tetap berguna untuk sekadar menggali pasir dan membawakan mereka lebih sumber air tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, bisa disimpulkan bahwa alasan sederhana mengapa Tusken Raider seperti menyelamatkan Boba adalah karena demi kepentingan mereka sendiri. Mengingat Tatooine adalah planet yang sangat “keras” untuk ditinggali, cukup masuk akal jika Tusken Raider membawa semua orang “lemah” yang mereka temui di padang pasir Tatooine untuk dijadikan budak, yang secara khusus akan diperintahkan untuk mencari Hubba dan memenuhi kebutuhan air suku padang pasir tersebut.

Masa Depan Tusken Raider di The Book of Boba Fett

Dalam kasus Boba, pada akhirnya dia lebih dipercaya oleh Tusken Raider setelah berhasil mengalahkan monster berkaki enam dan menyelamatkan salah satu anggota suku Tusken Raider. Meskipun Boba berhasil selamat dari mulut sarlacc, yang konon mencerna mangsanya selama seribu tahun, dia tidak akan bisa hidup di padang pasir Tatooine jika Tusken Raider tidak membawanya. Dengan sejarahnya bersama Tusken Raider, jika mereka kembali di episode-episode The Book of Boba Fett mendatang, bukan tidak mungkin Tusken Raider akan menjadi sekutu berharga bagi petualangan Boba Fett berikutnya.

Itulah penjelasan mengapa Tusken Raider membawa Boba Fett dan seakan menyelamatkan hidupnya. Meskipun kisah flashback bagaimana Boba kembali hidup berakhir di episode 1, masih ada beberapa titik pada masa depan yang memungkinkan Tusken Raider untuk kembali di serialnya, mengingat tujuan utama Boba untuk menjadi pemimpin baru underworld masih akan terjadi di sekitar Planet Tatooine tempat Tusken Raider berada. Kita lihat saja nanti ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.