Pedang Supreme Grade atau Saijo O Wazamono adalah pedang terkuat di One Piece. Pedang-pedang tersebut sangat langka dan sejauh ini, hanya dua pedang Supreme Grade yang sudah dikonfirmasi. Pertama adalah Yoru milik Dracule Mihawk, dan Murakumogiri milik Whitebeard. Diketahui bahwa total pedang Supreme Grade berjumlah 12. Karena sisaya masih belum terungkap, berikut adalah pedang-pedang kemungkinan merupakan Supreme Grade. Apa saja? Simak di bawah ini Geeks!

Pedang Roger

Karena tidak memiliki buah iblis, Roger harus mengandalkan kekuatan Haki. Tapi selain Haki, Roger juga mengandalkan senjatanya dalam bertarung. Yap, dalam setiap pertarungannya, Roger mengandalkan pedang. Pedangnya pun bukan sembarang pedang, karena terbukti mampu menahan serangan Murakumogiri Whitebeard, dalam sebuah pertarungan. Tidak banyak informai yang bisa digali tentang pedang Roger, termasuk tentang nama pedangnya. Tetapi karena mampu menahan Murakumogiri dan Enma milik Oden, maka bisa disimpulkan bahwa pedang Roger merupakan Supreme Grade.

Napoleon

Napoleon adalah pedang andalan Charlotte Linlin alias Big Mom. Pedang ini sangat unik dibanding pedang lainnya. Pasalnya, Napoleon bisa bicara dan hidup. Kekuatannya pun tidak main-main, karena pedang ini bisa membelah sebuah pulau dalam sekali serangan. Yang lebih mengerikan, Napoleon mampu menahan serangan Kanbo Kaido. Sama seperti pedang Roger, masih belum diketahui secara pasti apakah Napoleon termasuk Supreme Grade atau tidak. Tapi karena dimiliki oleh seorang Yonko, dan kekuatan dahsyat yang dihasilkan, rasanya sangat mungkin jika Napoleon termasuk Supreme Grade.

Gryphon

Gryphon adalah pedang milik Shanks si rambut merah. Sedari awal, Shanks sudah diperlihatkan menggunakan pedang ini. Dengan statusnya sebagai penguasa lautan alias Yonko, tidak aneh rasanya jika Gryphon adalah Supreme Grade. Kehebatan Gryphon pun sudah terbukti. Gryphon mampu menahan pedang Yoru milik Mihawk. Bahkan terhitung sudah beberapa kali Shanks melawan Mihawk, yang berarti Yoru dan Gryphon sudah sering beradu untuk membuktikan yang terbaik. Gryphon juga terbukti berhasil menahanMungkin di masa depan, Shanks akan muncul kembali dan mengungkap lebih dalam tentang pedang Gryphon yang ikonik.

Pedang Gorosei

Gorosei adalah pemimpin Pemerintah Dunia, di bawah Im Sama. Salah satu Gorosei (yang namanya belum diketahui) memiliki pedang yang selalu dia bawa. Pedang tersebut selalu dia bersihkan agar terlihat mengkilap. Dari segi penampilan, pedang tersebut mirip dengan pedang Kitetsu. Ada tiga pedang Kitetsu yang diketahui, dan pedang kedua dan ketiga (Nidai dan Sandai) sudah pernah diperlihatkan. Sedangkan yang pertama (Shodai Kitetsu) masih menjadi misteri, dan Shodai Kitetsu konon adalah pedang Supreme Grade. Belum diketahui siapa yang menggunakan pedang Shodai Kitetsu, tapi ada kemungkinan pedang itulah yang dimiliki Gorosei.

Enma

Enma sudah dikonfirmasi sebagai salah satu pedang O Wazamono, satu level di bawah Saijo O Wazamono alias Supreme Grade. Meskipun Enma bukanlah Supreme Grade, bukan berarti levelnya tidak bisa naik. Menurut Tenguyama, sebuah pedang bisa berubah menjadi ‘hitam’ seiring perjalanan waktu. Selain itu, koneksi antara pedang dan penggunanya juga sangat dibutuhkan. Selain koneksi dengan penggunanya, pedang tersebut juga harus dikendalikan dengan Armament Haki yang sangat tinggi sehingga pedang tersebut bisa berubah menjadi hitam dan menjadi pedang terkuat. Tenguyama sendiri meyakini jika Zoro bisa mengubah pedang Enma menjadi Black Sword atau pedang hitam dan meningkatkan levelnya.

Itulah dia Geeks beberapa pedang yang dikemungkinan besar adalah Supreme Grade. Yang harus dicatat bahwa list diatas masih sebatas teori. Kemungkinan di masa depan, informasi tentang Supreme Grade alias Saijo O Wazamono akan semakin jelas, seiring berjalannya cerita One Piece. Kita tunggu aja ya Geeks, apa-apa saja yang segera terungkap nantinya.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.