Beberapa waktu yang lalu, film Spider-Man: No Way Home telah menjadi hadiah yang indah bagi para penggemar di penghujung tahun 2021, khususnya karena filmnya menghadirkan banyak karakter ikonik dari waralaba Spider-Man sebelumnya, yaitu trilogi Spider-Man (2002-2007) dan The Amazing Spider-Man (2012-2014). Bersama Sony Pictures, Marvel telah berhasil membawa kembali villain lama seperti Green Goblin, Doctor Octopus, Sandman, Lizard, dan Electro, serta dua Spider-Man dari Tobey Maguire dan Andrew Garfield.

Sukses memecahkan banyak rekor, termasuk menjadi film paling sukses pada tahun 2021, salah satu faktor utama keberhasilan Spider-Man: No Way Home adalah karena filmnya telah berhasil mengangkat tema Multiverse MCU dengan cukup baik. Pertama kali disinggung di serial Loki, Multiverse digadang-gadang akan menjadi tema utama Marvel Cinematic Universe yang akan sering dibahas di berbagai tayangan Marvel kedepannya. Dan baru-baru ini, terungkap bahwa awalnya film Spider-Man No Way Home tidak dimaksudkan untuk mengangkat tema Multiverse seperti yang bisa kita lihat di filmnya.

Dalam sesi wawancaranya dengan Variety, penulis Spider-Man: No Way Home Chris McKenna mengungkapkan bahwa awalnya Multiverse hanya akan disinggung di adegan credit scene, tetapi pada akhirnya mereka malah menggunakannya untuk keseluruhan cerita. “Kami [awalnya] telah mengerjakan beberapa ide cerita yang berbeda, yang bukan [multiverse],” ungkap McKenna. “Awalnya hanya akan menyinggung sesuatu seperti itu [multiverse] di akhir. Tetapi kami berpikir, mengapa hanya menyinggung multiverse [di akhir film], ketika kita bisa melakukannya untuk keseluruhan film?”

Sebelumnya aktor Tom Holland juga sempat mengungkapkan bahwa film ketiga Spider-Man awalnya akan menghadirkan Kraven the Hunter sebagai villain. “Jauh sebelum seperti sekarang ini, awalnya akan ada Kraven di film ketiga [Spider-Man],” kata Holland pada Collider. “Jon [Watts] memberi tahu saya tentang film Kraven tersebut, yang sebenarnya sangat keren. Saya tidak ingin membicarakannya, berjaga-jaga jika film tersebut nantinya akan benar-benar dibuat.”

Setelah ending film Spider-Man: Far From Home (2019) menceritakan identitas Spider-Man yang terungkap pada dunia, pada saat itu banyak juga penggemar yang berspekulasi bahwa villain berikutnya adalah Kraven the Hunter, yang dikomiknya diceritakan memburu Spider-Man. Namun, sepertinya arah filmnya berubah menjadi Multiverse setelah segala sesuatunya bisa untuk dilakukan, termasuk menghadirkan banyak karakter dari waralaba Spider-Man sebelumnya, dan jadilah film Spider-Man: No Way Home seperti sekarang ini.