Beberapa waktu yang lalu, film Spider-Man: No Way Home telah menjadi hadiah yang indah bagi para penggemar di penghujung tahun 2021, khususnya karena filmnya menghadirkan banyak karakter ikonik dari waralaba Spider-Man sebelumnya, yaitu trilogi Spider-Man (2002-2007) dan The Amazing Spider-Man (2012-2014). Bersama Sony Pictures, Marvel telah berhasil membawa kembali villain lama seperti Green Goblin, Doctor Octopus, Sandman, Lizard, dan Electro, serta dua Spider-Man dari Tobey Maguire dan Andrew Garfield.

Sukses memecahkan banyak rekor, termasuk menjadi film paling sukses pada tahun 2021, salah satu faktor utama keberhasilan Spider-Man: No Way Home adalah karena filmnya telah berhasil mengangkat tema Multiverse MCU dengan cukup baik. Pertama kali disinggung di serial Loki, Multiverse digadang-gadang akan menjadi tema utama Marvel Cinematic Universe yang akan sering dibahas di berbagai tayangan Marvel kedepannya. Dan baru-baru ini, terungkap bahwa awalnya film Spider-Man No Way Home tidak dimaksudkan untuk mengangkat tema Multiverse seperti yang bisa kita lihat di filmnya.

Dalam sesi wawancaranya dengan Variety, penulis Spider-Man: No Way Home Chris McKenna mengungkapkan bahwa awalnya Multiverse hanya akan disinggung di adegan credit scene, tetapi pada akhirnya mereka malah menggunakannya untuk keseluruhan cerita. “Kami [awalnya] telah mengerjakan beberapa ide cerita yang berbeda, yang bukan [multiverse],” ungkap McKenna. “Awalnya hanya akan menyinggung sesuatu seperti itu [multiverse] di akhir. Tetapi kami berpikir, mengapa hanya menyinggung multiverse [di akhir film], ketika kita bisa melakukannya untuk keseluruhan film?”

Sebelumnya aktor Tom Holland juga sempat mengungkapkan bahwa film ketiga Spider-Man awalnya akan menghadirkan Kraven the Hunter sebagai villain. “Jauh sebelum seperti sekarang ini, awalnya akan ada Kraven di film ketiga [Spider-Man],” kata Holland pada Collider. “Jon [Watts] memberi tahu saya tentang film Kraven tersebut, yang sebenarnya sangat keren. Saya tidak ingin membicarakannya, berjaga-jaga jika film tersebut nantinya akan benar-benar dibuat.”

Setelah ending film Spider-Man: Far From Home (2019) menceritakan identitas Spider-Man yang terungkap pada dunia, pada saat itu banyak juga penggemar yang berspekulasi bahwa villain berikutnya adalah Kraven the Hunter, yang dikomiknya diceritakan memburu Spider-Man. Namun, sepertinya arah filmnya berubah menjadi Multiverse setelah segala sesuatunya bisa untuk dilakukan, termasuk menghadirkan banyak karakter dari waralaba Spider-Man sebelumnya, dan jadilah film Spider-Man: No Way Home seperti sekarang ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.