Salah satu teka-teki terbesar yang muncul di kalangan fans One Piece adalah apakah Luffy memang benar merupakan reinkarnasi dari sosok Joy Boy. Nama Joy Boy pertama kali muncul di arc pulau manusia ikan, di mana saat itu Nico Robin membaca sebuah Poneglyph yang ada di sana. Poneglyph tersebut berisi permintaan maaf dari seseorang bernama Joy Boy terhadap penduduk pulau manusia ikan.

Meskipun sampai sejauh ini kita masih belum mengetahui siapa sosok Joy Boy sebenarnya, dari mana asalnya, serta berbagai informasi lainnya, tetapi berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya sosok Joy Boy adalah sosok penting pada era abad yang hilang. Banyak juga asumsi yang menyebutkan bahwa Luffy adalah sosok Joy Boy yang baru yang selama ini dinantikan.

Pada chapter 972, Kozuki Oden mengatakan bahwa dia ingin membuka kembali perbatasan Wano yang sudah ratusan tahun tertutup. Oden ingin kembali membuka perbatasan Wano karena ingin membuka jalan bagi sosok yang sudah sejak 800 tahun lalu diramalkan akan muncul sebagai reinkarnasi atau penerus dari Joy Boy.

Para fans sendiri kemudian berasumsi bahwa sosok tersebut adalah Luffy. Tetapi, yang menarik adalah Luffy bukan satu-satunya karakter yang diasumsikan sebagai penerus Joy Boy. Kaido sendiri pun beranggapan bahwa dirinya adalah Joy Boy. Bahkan, di chapter 1036 kita melihat bagaimana King meyakini bahwa Kaido adalah sosok Joy Boy yang selama ini diramalkan.

Sampai kemudian Kaido mulai berubah pikiran, bahwa dia bukanlah sosok Joy Boy yang dimaksud. Sejak saat itu, Kaido pun sepertinya sudah menantikan kemunculan sosok Joy Boy di Wano. Kaido sendiri sempat menduga bahwa Luffy adalah sosok Joy Boy yang akan membawa perubahan besar pada dunia. Namun, pemikiran tersebut sempat berubah saat Kaido berhasil mengalahkannya.

Kaido mengatakan bahwa Luffy juga bukan sosok Joy Boy yang diramalkan, sebelum kemudian dia dilempar ke laut. Namun, sepertinya pemikiran Kaido bahwa Luffy bukanlah Joy Boy kembali berubah. Kaido sepertinya mulai meyakini bahwa Luffy adalah sosok Joy Boy yang dinantikan. Apa yang kemudian menjadi bukti dari hal tersebut?

Di akhir chapter 1036, kita melihat kembali pertarungan antara Kaido dan Luffy. Dalam momen tersebut kita melihat bagaimana keduanya sama-sama mengerahkan seluruh kemampuan mereka, sampai-sampai keduanya terlempar dari tempat mereka. Yang menarik adalah keduanya kemudian saling tertawa dan mengatakan bahwa pertarungan semakin seru dan menantang.

Terdapat perubahan ekspresi dari wajah dan mata Kaido. Mata Kaido nampak lebih bersinar dibandingkan sebelumnya. Dan bagaimana eksperesi yang dihadirkan Kaido saat tertawa tersebut membuat Kaido terlihat mirip dengan sosoknya saat masih muda, dalam momen kilas balik di chapter tersebut.

Terdapat sebuah teori yang menyebutkan bahwa apa yang terjadi pada momen tersebut bisa diartikan bahwa Kaido pada akhirnya bahagia, bahwa dia bisa bertarung melawan sosok yang diyakini adalah sosok reinkarnasi Joy Boy dan menyadari apa yang kurang dari dirinya. Artinya Kaido mulai mengakui (atau sudah mengakui) bahwa Luffy adalah Joy Boy yang diramalkan sejak ratusan tahun yang lalu.

Meskipun hal ini masih sekedar teori dan belum ada konfirmasi resminya, setidaknya ini bisa menjadi petunjuk lainnya terkait teka-teki siapa sosok reinkarnasi Joy Boy selanjutnya dan apakah memang Luffy adalah sosok Joy Boy tersebut. Kaido sendiri selalu berusaha untuk bisa tewas di tangan Joy Boy, dan melihat bagaimana Kaido tertawa dalam pertarungan melawan Luffy, Kaido mungkin akhirnya bisa tenang dan senang saat dia dikalahkan oleh Luffy seperti halnya Katakuri yang senang dikalahkan oleh Luffy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.