Batman adalah superhero DC yang terkenal sering mengekploitasi rasa takut dari musuhnya, sehingga tidak jarang para penjahat di Kota Gotham menganggapnya sebagai hantu atau monster yang menakutkan. Meskipun Batman terlihat seperti tidak mempunyai rasa takut, bahkan mungkin telah bersahabat dengan rasa takutnya sendiri, tetapi pada kenyataannya ada 5 villain yang berhasil membuat Batman mengingat kembali rasa takut itu seperti apa. Dalam beberapa kesempatan Batman sadar bahwa dia harus lebih siap ketika bertemu dengan para villain ini. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks.

Bane

Tentu saja Bane harus ada di daftar ini, mengingat sejarahnya yang selalu berhasil membuat sang Caped Crusader berada pada titik terendahnya. Pertemuan mereka pertama kali dikenal sebagai kejadian paling bersejarah bagi Batman, karena untuk pertama kalinya ada villain yang berhasil mematahkan punggung Batman dan meninggalkannya. Ditambah lagi, Bane pernah juga melakukan perbuatan mengerikan lainnnya dengan membunuh figur ayah Batman, yaitu Alfred. Akibat dari semua kengerian dan trauma yang ditinggalkannya, masuk akal jika Batman berharap tidak bertemu lagi dengan Bane.

Killer Croc

Killer Croc sebenarnya tidak telalu aktif seperti musuh-musuh Batman yang lainnya, tetapi dia sangat serius ketika ada orang yang masuk ke teritorialnya. Croc adalah “siluman buaya” yang tinggal di selokan Kota Gotham dan jarang sekali keluar jika dia tidak lapar. Bahayanya, Croc sangat senang memangsa manusia, sehingga Batman sering kali harus turun tangan. Namun, dalam beberapa kesempatan, saat Croc lebih sering berdiam diri di selokan, Batman lebih memilih untuk mendiamkannya, karena dia tahu resikonya terlalu besar jika bertarung di wilayahnya.

Professor Pyg

Mungkin Professor Pyg tidak semencolok Joker atau Riddler, tetapi rekam jejaknya selalu mempunyai kengerian tersendiri bagi Batman. Pyg digambarkan sebagai seorang pembunuh berantai yang sangat terobsesi dengan membedah manusia hidup-hidup. Karena dia tidak melakukannya untuk ajang popularitas, seperti kebanyakan penjahat di Kota Gotham, perbuatannya sangat jarang sekali terendus oleh Batman. Biasanya Batman baru mengetahui keberadaan Pyg setelah banyak korban yang berjatuhan. Di mana ketika Batman berhadapan dengannya, dia harus siap melihat tumpukan mayat.

Scarecrow

Dari semua musuh Batman, Scarecrow adalah villain yang benar-benar mengekploitasi rasa takut dari lawannya. Untuk melakukan hal tersebut, Scarecrow menggunakan semacam zat kimia yang bisa membuat ketakutan makin menguasai korbannya, tanpa terkecuali Batman. Tidak sedikit korban Scarecrow yang berakhir menjadi gila dan bahkan bunuh diri. Bagi Batman, ketakutan yang sering muncul ketika Scarecrow menyerangnya adalah segerombolan kelelawar atau trauma masa kecilnya. Untuk mengalahkannya, tidak jarang Batman harus terlebih dahulu mengalahkan rasa takutnya tersebut.

The Batman Who Laugh

Jika berbicara villain yang satu ini, tampaknya semua superhero akan merasa takut pada The Batman Who Laugh. Dia adalah salah satu villain yang pernah diceritakan berhasil mengalahkan Justice League. The Batman Who Laugh sendiri adalah villain dari Dark Multiverse yang merupakan versi jahat Bruce Wayne yang berubah menjadi gila setelah diracun oleh Joker yang berhasil dibunuhnya. Sejak saat itu dia menebar teror ke berbagai universe, salah satunya adalah universe di mana Batman meminta bantuan pada Joker untuk mengalahkannya bersama-sama, karena merasa tidak sanggup jika sendirian.

Dari kelima villain ini, mana yang membuat kalian takut juga, Geeks? Pengalaman Batman dalam membasmi kejahatan mungkin sudah tidak terhitung lag jumlahnya, tetapi jika berhadapan dengan 5 villain ini, Batman selalu mendapatkan pengalaman yang lebih mengerikan dari sebelumnya. Rasa takut yang dihadirkan oleh kelima villain ini berada di level yang berbeda, sehingga sering memaksa Batman yang tidak mempunyai rasa takut untuk kembali mengingat seperti apa rasa takut itu.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.