Film horor memang selalu menjadi primadona dalam dunia film. Walau sepanjang film penonton akan ditakut-takuti, tetapi ternyata penonton menyukainya karena dianggap memacu adrenalin. Film horor juga dianggap menghilangkan rasa bosan, dengan jalan cerita dan ending yang sulit diprediksi. Nah selain film, genre horor juga sering ditemui di media lain, seperti game dan komik. Untuk komik, kepopuleran komik horor baru dimulai tahun 40an. Di tahun tersebut, ada salah satu publisher yang gencar merilis komik horor, yaitu EC Comics.

Tidak mau kalah, beberapa tahun kemudian, Marvel Comics pun mencoba memasukin genre horor ke beberapa komik mereka. Hal tersebut terbukti sukses, dan hingga sekarang mereka masih memasukan elemen horor ke beberapa komiknya. Melihat kesuksesan besar Marvel Comics dalam membuat cerita horor, rasanya Marvel Studios bisa menirukannya dengan mengadaptasi beberapa cerita horor dari Marvel Comics ke layar lebar. Nah berikut adalah beberapa cerita horor yang bisa diadaptasi di MCU.

Venom: The Hunger

Dirilis pada tahun 1996, Venom: The Hunger adalah sebuah miniseri yang terdiri dari empat edisi yang digarap oleh Len Kaminski, Ted Halsted, Scott Koblish, Tom Smith dan Ken Lopez. Dalam komik ini, kita diperlihatkan saat Venom membunuh orang-orang dengan cara memakannya hidup-hidup. Kengerian itulah yang tidak diceritakan dalam dua film Venom yang dirilis. Dalam komik itu juga, Venom tidak dapat menahan dirinya dan mulai memakan otak manusia. Seri komik ini memang menceritakan sisi tergelap Venom, di mana Eddie Brock harus berjuang agar Venom tidak mendominasi pikiran dan prilakunya. Karena Venom sudah bergabung ke MCU, Marvel Studios bisa saja mengadaptasi cerita Venom: The Hunger, dan membuat Venom benar-benar jahat seutuhnya.

Marvel Zombies

Marvel menghadirkan cerita horor mengerikan di tahun 2006 lewat komik Marvel Zombies, hasil kreasi Robert Kirkman dan Sean Phillips. Karena seri pertama sukses, Marvel Comics pun membuat beberapa sekuelnya. Marvel Zombies menceritakan sebuah wabah mengerikan yang mengubah pahlawan super menjadi zombie. Mereka yang terkena dampak akan memakan apapun, termasuk manusia. Nah ketika Bumi sudah benar-benar hancur dan manusia hampir punah, para zombie bahkan mengekspansi alam semesta, hingga akhirnya membunuh Galactus. Di tahun 2020 lalu, Marvel Zombies juga sempat mendapatkan versi reboot loh Geeks.

Spirit of Vengeance

Di tahun 2017, Marvel merilis komik Spirits of Vengeance garapan Victor Gischler dan David Baldeon. Spirits of Vengeance memperlihatkan Marvel Universe yang berubah menjadi horor. Menurut Gischler, komik Spirits of Vengeance dimaksudkan sebagai komik horor, tetapi tidak segelap buku Marvel lainnya ketika komiknya di buat. Dalam komik ini, Ghost Rider (versi Johnny Blaze), Blade, Hellstrom, dan Satana saling bersatu untuk menghadapi ancaman. Walau menurut Gischler ceritanya tidak terlalu mengerikan, tetapi komik ini cukup membuat bulu kuduk merinding.

X-Men: Brood -Earthfall

X-Men memang memiliki banyak kisah di Marvel Universe. Tetapi dari sekian banyak kisahnya, yang paling mencolok adalah X-Men: Brood -Earthfall. Dalam komik ini, X-Men harus berhadapan dengan Brood, sebuah ras parasite perusak. Diceritakan bahwa Brood datang ke bumi untuk pertama kalinya dan mulai merasuki manusia dan mutan, mengendalikan pikiran mereka, dan akhirnya memaksa X-Men untuk berperang melawan orang-orang tidak bersalah yang dirasuki pikirannya oleh Brood. Karena Brood sangat cerdas, maka sangat sulit untuk mengalahkan mereka. Nah karena X-Men akan diperkenalkan di MCU, sepertinya cerita ini akan cocok diadaptasi.

Absolute Carnage

Absolute Carnage menceritakan Spider-Man yang menghadapi ketakutan terbesarnya saat melawan Carnage. Spider-Man juga harus menghadapi villain lainnya, yang menjalin aliansi dengan Carnage. Komik ini menawarkan nuansa horor yang kental, walau musuh yang dihadapi Spider-Man adalah Carnage. Komiknya juga menawarkan cerita yang sangat gelap. Bahkan ada beberapa karakter penting yang mati. Apa yang membuat komik ini bisa disebut sebagai komik horor adalah karena sosok villainnya yaitu Carnage, seorang pembunuh berantai yang lebih menakutkan dibanding villain lainnya.

Itulah dia Geeks beberapa cerita horor yang bisa diadaptasi di MCU. Jika cerita-cerita tersebut benar-benar diadaptasi, tentu MCU akan terasa lebih berbeda, dan memberikan warna baru di dalamnya. Kita tunggu aja ya Geeks, perkembangan MCU dalam beberapa tahun mendatang.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.