Avengers adalah tim superhero terbaik Bumi yang tidak jarang beranggotakan superhero dari luar angkasa juga. Dengan banyaknya anggota Avengers tersebut, tentu saja mereka memerlukan sebuah tempat strategis yang memungkinkan Avengers untuk berkumpul dengan aman, membicarakan banyak hal dari mulai sekadar makan malam bersama, sampai membicarakan strategi bertempur untuk mengantisipasi sekaligus menghadapi berbagai macam bahaya yang mengancam Bumi. Markas apa saja yang pernah menjadi tempat ternyaman bagi para Avengers? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks.

Avengers Mansion

Setelah Avengers dibentuk, Stark mengajak para superhero lain untuk mengadakan pertemuan pertama mereka di Stark Mansion. Mengetahui bahwa Avengers membutuhkan sebuah markas, dia kemudian mengubah Stark Mansion menjadi Avengers Mansion. Terletak di jantung Kota New York, Avengers Mansion adalah markas pertama para superhero terbaik Bumi. Selama bertahun-tahun markas pertama Avengers ini dibangun berkali-kali agar membuat para Avengers merasa nyaman di dalamnya. Menariknya, selain Avengers, Mansion ini pernah ditempati juga oleh New Avengers dan Young Avengers.

Avengers Tower

Salah satu markas yang paling terkenal dan paling lama ditempati oleh para superhero Bumi adalah Avengers Tower. Sama seperti Avengers Mansion, awalnya markas ini adalah Stark Tower yang dijadikan tempat berkumpul para superhero, tepatnya di lantai paling atas. Avengers Tower sempat dibangun beberapa kali agar para superhero lebih mudah untuk masuk ke dalamnya tanpa menggunakan lift, salah satunya dengan menambahkan landasan terbang untuk para superhero. Setelah kejadian Secret Invasion, Norman Osborn mengambil alih gedung ini dan menjadikannya markas untuk Dark Avengers.

Avengers Compound

Setelah sekian lama bermarkas di Kota New York, Avengers kemudian memindahkan pusat strateginya ke Los Angeles, tepatnya ketika Hawkeye mendirikan Avengernya sendiri yang disebut West Coast Avengers. Markas yang diberi nama Avengers Compound ini mampu menampung semua anggota Avengers dan para staf yang bekerja untuk mereka. Selain bangunan utama, di dalamnya terdapat banyak rubanah yang difungsikan sebagai hanggar dan laboratorium. Setelah West Coast Avengers dibubarkan, Avengers Compound dijadikan Avengers Academy untuk menampung sekaligus melatih para superhero muda.

Infinity Avengers Mansion

Saat Avengers Compound sudah tidak bisa menampung para superhero, baik superhero senior maupun superhero muda, Hank Pym kemudian mendirikan Infinite Avengers Mansion yang jauh lebih lebih canggih dari markas sebelumnya. Di dalamnya terdapat banyak sekali ruangan yang terhubung ke dimensi Quantum Realm. Hal tersebut memungkinkan markas ini untuk terhubung ke berbagai dimensi alternatif melalui portal yang tersebar di sudut-sudut ruangan. Sayangnya, markas multiverse bagi Avengers ini harus hancur saat kejadian Fear Itself di Marvel Comics.

Avengers Mountain

Mengingat jangkauan Avengers yang makin luas, bahkan sampai ke ruang angkasa, para Avengers membutuhkan markas yang benar-benar mampu memenuhi semua kebutuhan anggotanya. Avengers Mountain adalah markas terbaru Avengers yang bisa mememenuhi hal tersebut. Setelah memenangkan pertempuran melawan Dark Celestial, Celestial kemudian mengangkat jasad saudaranya, yaitu Progenitor, dari perut Bumi kutub utara sebagai hadiah bagi para Avengers. Sebagai ketua Avengers terbaru, Black Panther menggunakan sumber daya Wakanda untuk menjadikan Avengers Mountain sebagai tempat tercanggih di muka Bumi.

Itulah 5 markas Avengers yang mempunyai sejarah panjang bersama para superhero terbaik Bumi. Terlepas dari semua teknologi canggih dan banyak ruangan yang disediakan di dalamnya, faktor paling penting yang membuat kelima markas ini ditempati oleh para Avengers adalah karena kenyamanan. Selain untuk mengatur strategi sebelum bertempur, kelima markas ini juga difungsikan sebagai tempat istirahat yang memungkinkan para Avengers untuk berbagi kisah dan bahkan saling mengenal satu sama lain.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.