Saat ini DC mempunyai beberapa proyek yang rencananya akan dirilis dalam beberapa tahun ke depan, termasuk salah satunya adalah animasi Justice League Dark yang tengah dikembangkan oleh J.J. Abram. Namun, jauh sebelum Abram turun tangan, beberapa tahun lalu sutradara Guillermo Del Toro juga pernah berencana menggarap film tentang tim super DC yang khusus menangani ancaman gaib tersebut.

Justice League Dark pertama kali muncul di DC Comics saat era baru New 52 dirilis pada tahun 2011 silam. Beranggotakan para superhero spesialis dunia gaib, seperti Madame Xanadu, John Constantine, Zatanna, Swamp Thing, Etrigan the Demon, dan masih banyak lagi, Justice League Dark adalah tim populer kedua setelah Justice League utama. Pada tahun 2012, Guillermo Del Toro yang tertarik dengan konsep Justice League Dark kemudian menjadi salah satu sutradara yang dimaksudkan untuk menjadi pioner di semesta sinematik yang disebut Dark Universe, sebelum akhirnya proyek tersebut dibatalkan.

Setelah sekian tahun berlalu, baru-baru ini dalam sesi wawancara Del Toro dengan Josh Horowitz dalam acara Happy Sad Confused Podcast, dia mengungkapkan rencananya terkait film Justice League Dark yang dibatalkan tersebut. Del Toro mengatakan bahwa dia sangat menyukai komiknya dan sudah merencanakan bahwa tim super gaibnya akan terdiri dari Zatanna, Deadman, Swamp Thing, Kloarian the Witch Boy, John Constantine, dan Etrigan yang sangat ingin dia wujudkan dalam layar lebar.

“Saya mengadaptasi sedikit pembukaan dengan Constantine karya Alan Moore. Dan saya juga memasukan dinamika [hubungan ] antara Abby Arcane dan Swamp Thing, memperlihatkan momen-momen ketika Deadman masuk ke dalam tubuh, bagaimana dia akan mengalami kesadaran dari makhluk yang dirasukinya,” ungkap Del Toro. “Dan salah satu favorit saya adalah Etrigan the Demon. Saya suka karakter itu. Kemudian Zatanna bagi saya adalah karakter yang sangat kuat dan menarik. Mencoba menggabungkannya juga dengan Klarion the Witch Boy. Sejak dahulu saya adalah seorang DC Fanboy.”

Sejak kepergian Del Toro, saat ini proyek Justice League Dark masih dikembangkan oleh WB. bersama J.J. Abrams dan studio Bad Robot-nya sebagai bagian dari proyek film dan serial yang akan tayang di HBO Max. Sedangkan Del Toro sendiri baru saja merilis film thriller-nya yang berjudul Nightmare Alley. Dan saat ini, dia juga sedang sibuk menggarap proyek film Pinocchio yang dipastikan akan tayang di Netflix. Baik karya J.J. Abrams maupun Gullermo Del Toro, tentu saja keduanya sangat layak untuk dinantikan.