Siapa yang tidak mengenal Captain America dari Marvel Universe? Semua penggemar setia Marvel pasti mengetahui bahwa Steve Rogers alias Captain America adalah superhero kuat yang menggunakan kekuatan super soldiernya untuk membasmi kejahatan dengan nilai-nilai kebebasan dan kemerdekaan. Dan di Multiverse Marvel, ada banyak inkarnasi Captain America yang sangat terkenal, lima di antaranya terbukti sangat kuat dan tidak bisa dianggap remeh, bahkan dalam beberapa kesempatan mereka diperlihatkan lebih hebat dari Steve Rogers sendiri. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks.

All-New Captain America

Sebagai Captain America ketiga, setelah Steve Rogers dan John Walker, Sam Wilson adalah Captain America yang awalnya sangat diremehkan. Memulai kariernya sebagai sidekick bernama Falcon, pada akhirnya Sam mendapatkan kepercayaan langsung dari Steve Rogers yang memberikan perisai vibranium ikoniknya kepada Sam. Sebagai All-New Captain America, Sam terus mengemban tanggung jawab besar tersebut sampai akhirnya dia terlihat berhasil memimpin sebuah tim yang beranggotakan Mighty Thor dan Spider-Man. Sejak saat itu, Sam mulai diakui sebagai salah satu Captain America terkuat.

Hydra Supreme

Salah satu inkarnasi Captain America paling kuat dan paling jahat adalah Steven Rogers alias Hydra Supreme dari semesta alternatif Earth-61311. Di kisah Secret Empire, Captain America diceritakan menjadi jahat setelah realitasnya diciptakan ulang oleh kekuatan Cosmic Cube, dia terlahir kembali sebagai salah satu pemimpin tertinggi dari Hydra, organisasi jahat yang sudah ada sejak era Perang Dunia II. Setelah mengungkap identitasnya, Hydra Supreme memimpin serangan untuk menguasai Bumi dan mengurung sebagian besar anggota X-Men, Inhumans, dan bahkan Avengers.

Soldier Supreme

Di gadang-gadang sebagai inkarnasi Captain America terkuat di Multiverse, Stephen Rogers adalah Captain America versi alam semesta Infinity Warps. Akibat jentikan jari Nebula yang menggunakan Infinity Gauntlet, semua makhluk hidup diceritakan bergabung satu sama lain, termasuk Steve Rogers dan Stephen Strange yang menjadi Stephen Rogers. Yang membuatnya Soldier Supreme sangat kuat adalah karena dia mempunyai dua kemampuan besar, yaitu sebagai super soldier yang ahli militer dan sorcerer supreme yang ahli sihir. Di mana kekuatan tersebut dia gunakan untuk mengalahkan musuh dari semua dimensi.

Captain Carter

Setelah muncul di serial animasi What If…? karena menggantikan Steve Rogers untuk mendapatkan serum super soldier Dr. Erskne, tampaknya popularitas Peggy Carter alias Captain Carter makin meningkat setiap harinya. Hal tersebut ditandai dengan Marvel yang akan merilis komik solonya pada tahun 2022 mendatang. Ada banyak faktor yang membuat Captain Carter sangat disukai, salah satunya adalah karena dia diperlihatkan jauh lebih kuat dari Steve Rogers sendiri. Kekuatan super soldiernya memungkinkan dia untuk membelah tank dan menghancurkan pesawat tempur yang sedang terbang dengan perisai vibraniumnya.

Major Victory

Meskipun berasal dari semesta yang sama seperti Captain America asli, tetapi Vance Astrovik alias Major Victory adalah inkarnasi Captain America yang berada jauh pada masa depan. Awalnya Major Victory adalah seorang astronaut abad ke-21 yang melakukan misi antariksa, tetapi dalam prosesnya dia justru tertidur selama 1000 tahun sampai pesawat ruang angkasanya terjatuh pada abad ke-30. Setelah menemukan perisai bekas Captain America, dengan kekuatan telekinesisnya Major Victory membuktikan kelayakannya saat membasmi kejahatan di galaksi bersama Guardians of the Galaxy.

Itulah 5 inkarnasi Captain America terkuat di Marvel Universe, yang bukan hanya kuat, tetapi juga sangat populer. Mesipun beberapa di antaranya berasal dari Multiverse, dan sebagian lagi memang berada di semesta utama, tetapi cukup jelas bahwa kelima karakter ini sangat layak untuk menjadi inkarnasi Captain America. Entah itu tujuannya baik ataupun jahat, kelima karakter ini membuktikan bahwa di mana pun dan kapan pun mereka berada, Captain America adalah salah satu kekuatan besar di Marvel Universe.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.