Menjadi penutup akhir tahun 2021 dengan kisah yang cukup menarik, The Silent Sea adalah serial Korea Selatan yang baru saja tayang di saluran streaming Netflix. Serial berjumlah 8 episode ini digarap oleh Choi Hang-yong, serta dibintangi oleh Gong Yoo sebagai Kapten Han Yoon-jae, Bae Doona sebagai Dr. Song Ji-an, Kim Sun-young sebagai Dr. Hong Ga-Young, dan Kim Si-A sebagai kloning Luna 073. Serialnya bercerita tentang sekelompok astronaut yang pergi ke Bulan untuk sebuah misi penting sekaligus misterius.

Misi yang harus dilakukan di Bulan oleh Kapten Han dan kru astronaut ini adalah pergi ke Stasiun Balhae untuk mengambil sampel air bulan yang disebut Lunar Water, yang digadang-gadang akan menjadi kunci untuk menyelamatkan Bumi dan seluruh manusia dari kekeringan. Namun dalam prosesnya, misi tersebut menelan banyak korban dari kru Kapten Han. Di ending The Silent Sea, Kapten Han juga terlihat melakukan pengorbanan heroik untuk menyelamatkan krunya yang tersisa. Apakah Kapten Han benar-benar tewas setelah kejadian tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

Aksi Heroik Kapten Han

Setelah ditemukan dan diteliti oleh Dr. Song Won-kyung, Lunar Water dianggap sebagai satu-satunya kunci yang bisa menyelamatkan umat manusia di Bumi. Mirisnya, molekul Lunar Water sendiri sangat berbeda dengan air asli di Bumi, di dalamnya terdapat semacam virus misterius yang akan membuat manusia tewas kelebihan air setelah terpapar Lunar Water. Kejadian berdarah di Stasiun Balhae yang terjadi lima tahun lalu adalah salah satu bukti mengapa semua ilmuwan dan astronout di Stasiun Balhae tewas.

Seiring berjalannya serial The Silent Sea, Kapten Han bersama kru lainnya menyadari bahwa Lunar Water bukan satu-satunya kunci, karena ada sosok kloning bernama Luna 073 yang membuktikan bahwa manusia bisa selamat meskipun mengonsumsi Lunar Water. Luna sendiri adalah kloning Dr. Won-Kyung yang dimodifikasi dengan DNA ikan, sehingga dia bisa bernafas di air dan di Bulan menggunakan insang di pipinya. Setelah mengetahui fakta mengejutkan tersebut, Kapten Han bersama Dr. Song (adik Dr. Won) mengubah misinya menjadi mengambil sampel Lunar Water sekaligus menyelamatkan Luna.

Di ending episode 8, setelah berkonfrontasi dengan Kapten Ryoo Tae-seok yang berkhianat, kru Kapten Han hanya tinggal tersisa dirinya, Dr. Song, Dr. Hong, ditambah dengan Luna. Saat sampai ke ruangan terakhir untuk keluar dari Stasiun Balhae yang dibanjiri Lunar Water, Kapten Han melihat pesan error pada sensor pintu ruangan tempat dia dan krunya bersembunyi. Saat yang lain sudah masuk ke dalam ruangan, Kapten Han menyadari bahwa dia harus mengunci pintunya dari luar ruangan secara manual.

Kapten Han diam-diam tetap tinggal di luar untuk mengunci pintu dan memulai depressurisasi airlock. Dr. Song yang mengetahuinya segera mencari Kapten Han, tetapi tampaknya Kapten Han sudah siap untuk berkorban agar Dr. Song, Dr. Hong, dan Luna selamat. Dilepas dengan kesedihan, Lunar Water kemudian memenuhi ruangan Kapten Han dan membuatnya menghilang. Pada titik itu sebenarnya sudah bisa disimpulkan bahwa dia sudah tewas, mengingat Lunar Water sangat berbahaya ketika menyentuh manusia.

Namun, di detik-detik terakhir penyelamatan, saat Dr. Song dan yang lain keluar dari Stasiun Balhae, Kapten Han terlihat sudah tergeletak di luar setelah terpental keluar karena Lunar Water. Dengan tubuh yang lemah, Kapten Han melihat Luna yang mendekat padanya dan mencoba untuk mengembalikan lencananya di mana putri Han menempelkan sebuah stiker. Sayangnya, Kapten Han meninggal sambil meneteskan air mata, sebelum dia sempat menerima lencana tersebutnya. Kejadian tersebut seakan ingin menegaskan bahwa Kapten Han benar-benar tewas di Bulan.

Buah Pengorbanan Kapten Han

Sebelum Kapten Han berangkat untuk melakukan misi ke Bulan, yang ternyata adalah misi bunuh diri, dia berjanji kepada putrinya bahwa dia akan kembali ke Bumi. Meskipun pada akhirnya dia tidak dapat melakukannya, pengorbanan heroiknya mungkin telah memastikan bahwa putrinya dan seluruh umat manusia akan memiliki harapan hidup yang lebih baik dengan sampel Lunar Water dan Luna 073. Setelah Dr. Song, Dr. Hong, dan Luna melepas kematian Kapten Han, mereka akhirnya dijemput oleh pesawat ruang angkasa Space and Aeronautics Administration (SSA) yang akan membawa mereka pulang ke Bumi.

Ketua SAA Kim Jae-sun, dan beberapa orang di SAA, percaya bahwa Luna dan Lunar Water bukan hanya milik Korea Selatan atau orang-orang tertentu, melainkan milik seluruh umat manusia. Untuk itu kemungkinan besar mereka akan memastikan hal tersebut benar-benar terwujud, demi menghargai pengorbanan Kapten Han dan semua korban yang meninggal di Stasiun Balhae. Artinya, pengorbanan yang dilakukan oleh Kapten Han secara tidak langsung menyelamatkan semua umat manusia, bukan hanya anaknya saja, atau pun Dr. Song, Dr. Hong, dan Luna.

Itulah pembahasan tentang pengorbanan heroik Kapten Han di Bulan dan hasil dari pengorbanan yang dia lakukan. Meskipun Dr. Song dan Dr. Hong sangat bersedih melihat Kapten Han tewas, mereka harus tetap melanjutkan misi berikutnya, di mana mereka harus memastikan Luna dan Lunar Water tidak dimanfaatkan oleh orang-orang jahat agar semua pengorbanan di Bulan tidak sia-sia. Pada akhirnya ketika penelitian dilanjutkan dan manusia bisa menemukan cara untuk menggunakan Lunar Water dengan baik, Bumi akan kembali dipenuhi oleh air yang dapat bermanfaat untuk kehidupan umat Manusia.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.