The Batman adalah film yang sudah ditunggu sejak lama oleh penggemar setia DC dan bahkan oleh penggemar film aksi superhero secara keseluruhan. Direncanakan untuk rilis pada tahun 2021, film The Batman terpaksa dimundurkan ke tahun 2022 karena pandemi COVID-19 yang menyerang hampir semua industri perfilman. Dengan jadwal perilisan barunya ini, banyak penggemar yang makin tidak sabar ingin segera melihat petualangan Bruce Wayne alias Batman saat dirinya baru menjadi pembasmi kejahatan di Kota Gotham.

Terpisah dari DC Extended Universe, film The Batman digarap oleh Matt Reeves serta dibintangi oleh Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne alias Batman, Zoë Kravitz sebagai Selina Kyle alias Catwoman, Jeffrey Wright sebagai Komisaris James Gordon, Andy Serkis sebagai Alfred Pennyworth, bersama para villain yang diperankan oleh Paul Dano sebagai Edward Nashton alias Riddler, Colin Farrell sebagai Oswald Cobblepot alias Penguin, dan Turturro sebagai Carmine Falcone.

Mengingat pandemi COVID-19 yang belum berakhir dan masih banyak bioskop yang ditutup, banyak penggemar yang bertanya-tanya juga tentang kapan filmnya akan dirilis di saluran streaming HBO Max. Sementara film The Batman dijadwalkan untuk rilis di bioskop pada 4 Maret 2022, baru-baru ini, CEO WarnerMedia Jason Kilar mengonfirmasi bahwa filmnya mendapatkan giliran rilis di HBO Max pada 19 April 2022, 45 hari setelah filmnya dirilis di bioskop.

Selisih 45 hari tersebut tampaknya bukan hanya diterapkan oleh DC saja, tetapi juga hampir dilakukan oleh kebanyakan film yang juga mendapatkan giliran tayang di saluran streaming, salah satunya yang menerapkan selisih jadwal tersebut adalah Marvel. Hal tersebut berawal dari masalah yang terjadi pada film Black Widow beberapa waktu lalu. Penayangan serentak di bioskop dan saluran streaming memicu protes dari para pemeran film, termasuk Scarlet Johanssen yang mengatakan penayangan serentak tersebut membuat kasus pembajakan makin marak.

Dengan strategi perilisan ini, diharapkan mampu menekan kerugian yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Apalagi sekarang muncul berbagai varian COVID yang membuat berbagai pelaku perfilman dunia mulai mengkhawatirkan karya-karyanya. Semoga saja hal tersebut tidak akan terlalu berdampak pada film-film mendatang ya, Geeks. Khususnya untuk film The Batman, yang sudah sejak lama diantipasi oleh penggemar Indonesia.