Menyusul kesuksesan Squid Game dan Hellbound, The Silent Sea adalah serial Korea Selatan yang baru saja tayang di saluran streaming raksasa Netflix. Serial yang digarap oleh Choi Hang-yong ini dibintangi oleh aktor terkenal seperti Gong Yoo (Train to Busan, Squid Game) sebagai Han Yoon-jae, Bae Doona (Cloud Atlas, Sense8, Kingdom) sebagai Doctor Song Ji-an, dan Lee Joon (member boy band MBLAQ) sebagai Captain Ryoo Tae-seok.

Serial The Silent Sea baru dirilis di Netflix pada tanggal 24 Desember kemarin dengan total 8 episode. Premis utamanya bercerita tentang kejadian pada masa depan, di mana planet Bumi menderita kekurangan air dan makanan yang disebabkan oleh kekeringan massal. Untuk menyelesaikan hal tersebut Han Yun-Jae dipilih untuk sebuah tim, termasuk Song Ji-An (Bae Doo-Na), untuk mengambil sampel air dari stasiun penelitian lama milik Korea Selatan yang berada di Bulan, yaitu Balhae Station.

Namun, ketika tim memasuki stasiun tersebut, beberapa rahasia besar mulai terungkap, khususnya terkait peristiwa berdarah yang pernah terjadi di Balhae Station. Seperti apa peristiwa berdarah tersebut, mari kita bahas lebih dalam, Geeks.

Ditutupnya Stasiun Balhae

Selain Korea Selatan, sebenarnya karena kekeringan yang berkepanjangan, berbagai negara maju di Bumi juga mulai mencari sumber daya alternatif di ruang angkasa, khususnya di Bulan. Mereka percaya bahwa apa yang dikatakan oleh ilmuwan Galileo saat dirinya menemukan teleskop, tentang titik gelap Bulan yang mengandung banyak air, adalah satu-satunya harapan manusia untuk menyelesaikan masalah kekeringan di Bumi.

Dalam prosesnya berbagai negara tersebut bekerja sama untuk meneliti kemungkinan air di Bulan, dan bahkan mendirikan stasiun ruang angkasanya sendiri. Namun, ketika mereka gagal menemukan tanda-tanda air, kebanyakan dari mereka memulangkan semua ilmuwannya ke Bumi, kecuali Korea Selatan. Upaya terakhir Korea Selatan yang dipimpin oleh salah satu ilmuwan mereka, yaitu Song Wonkyung (saudari Song Ji-an), menemukan jejak air di Bulan yang dia sebut “Lunar Water”.

Sebagai satu-satunya negara yang menemukan Lunar Water, Direktur Choi dari Space and Aeronautics Administration (SAA) percaya bahwa air bulan akan memberi banyak “keuntungan”. Untuk itu mereka diam-diam mulai bereksperimen dengan air tersebut di stasiun penelitian yang mereka beri nama Balhae. Namun, seperti yang dijelaskan oleh Dr. Song, molekul Lunar Water berbeda dengan air bumi, di dalamnya mengandung semacam virus ruang angkasa yang misterius. Hal tersebut membuat Lunar Water sangat berbahaya jika menyentuh inang hidup seperti manusia.

Karena keserakahan, pada akhirnya terjadi sebuah kebocoran di Stasiun Balhae yang menyebabkan tragedi berdarah pada lima tahun lalu, di mana banyak ilmuwan yang tewas setelah terpapar Lunar Water. SAA kemudian memutuskan untuk menutup Balhae secara permanen. Mereka berbohong kepada dunia bahwa mereka terpaksa mengunci ilmuwan mereka karena kebocoran radiasi, karena pada dasarnya SAA tidak ingin rahasia Lunar Water mereka terungkap.

Luna 073 yang Misterius

Setelah tragedi berdarah tersebut berlalu begitu saja, SAA menyuruh penjelajah ruang angkasa untuk kembali ke Stasiun Balhae, mengambil sampel Lunar Water agar bisa diteliti lebih lanjut. Dr. Song percaya bahwa jika Lunar Water menyentuh manusia dan menjadikannya inang, maka organ dalam orang tersebut akan memproduksi banyak air, seolah membuat orang tersebut “tenggelam” dan langsung menyebabkan kematian. Sebelum tewas, orang yang ditempeli Lunar Water akan merasa seperti melihat bintang laut di sekitar mereka dan merasa tenggelam di laut, sebelum akhirnya mati.

Meskipun manusia normal akan langsung tewas jika terpapar Lunar Water, tetapi ada satu kloning manusia yang dimodifikasi secara genetik untuk mampu bisa beradaptasi dengan Lunar Water, bahkan sampai mendapatkan kemampuan super darinya. Sebelum kematiannya lima tahun lalu di Stasiun Balhae, Song Wonkyung mengirimi Dr. Song pesan terenkripsi yang menyuruhnya untuk menemukan kloning tersebut, karena dia adalah penemuan yang paling luar biasa dalam hidupnya, yaitu Luna 073.

Dan saat kru Kapten Han bersama Dr. Song mencoba mengambil sampel Lunar Water di Stasiun Balhae, mereka diserang oleh penyusup berbahaya. Pada satu titik di serialnya, Dr. Song mengetahui bahwa penyusup tersebut adalah Luna yang selama ini ingin disampaikan oleh saudarinya, Song Wonkyung. Pada akhirnya terungkap bahwa lima tahun yang lalu SAA sebenarnya melakukan eksperimen terlarang untuk membuat Lunar Water aman bagi manusia, yaitu dengan memaksa para ilmuwan Balhae untuk melakukan uji coba pada manusia.

Namun, karena Wonkyung tidak ingin menyakiti manusia yang tidak bersalah, dia kemudian bereksperimen pada kloning dirinya sendiri. Setelah menemui 72 kegagalan, akhirnya klon ke-73 yang digabungkan dengan DNA ikan terbukti mampu beradaptasi dengan Lunar Water. Berkat Lunar Water tersebut, Luna 073 mendapatkan kemampuan penyembuhan diri dan mampu bergerak dengan sangat cepat. Dr. Song yang sadar bahwa Luna 073 adalah kloning Wonkyung, dia kemudian ingin melindungi Luna dari SAA dan memutuskan untuk menyelamatkannya dengan segala cara.

Tenggelamnya Stasiun Balhae

Di The Silent Sea Episode 5, Luna 073 diceritakan menyerang seorang astronaut yang darahnya terkontaminasi Lunar Water. Darah manusia dan tanaman di Stasiun Balhae kemudian menyebabkan stasiun tersebut kembali banjir di unit penyimpanan rahasia. Captain Ryoo Tae-seok, yang bekerja untuk mafia sumber daya RX, pada akhirnya mengkhianati krunya sendiri dan mencuri sampel Lunar Water. Dia dengan sengaja menutup semua gerbang untuk menjebak Kapten Han dan anggota kru lainnya.

Dan ketika para astronaut tersebut mencoba melarikan diri melalui lubang ventilasi udara, Ryoo mengaktifkan sistem pemurnian udara. Ketika sistem stasiun Balhae mencoba membersihkan unit penyimpanan rahasia yang telah dibanjiri air, sistem tersebut justu membawa Lunar Water ke dalam lubang ventilasi. Saat Lunar Water keluar dari Stasiun Balhae, suhu rendah di permukaan Bulan membekukan air di lubang pembuangan. Hal tersebut seketika membuat semua Lunar Water di Stasiun Balhae tidak bisa keluar, membanjiri seluruh stasiun dalam waktu singkat.

Itulah peristiwa berdarah yang terjadi di Stasiun Balhae. Keserakahan SAA pada lima tahun lalu, telah membuat satu-satunya harapan manusia pada saat itu musnah setelah ekperimennya mulai tidak terkendali. Untungnya pesan rahasia Son Wonkyung pada Dr. Song mengungkap kembali harapan tersebut, walaupun harus melalui berbagai kenyataan pahit yang satu-persatu mulai terungkap dan membuat beberapa kru Kapten Han berjatuhan.