Setelah menyelesaikan Infinity Saga pada tahun 2019 lalu, Marvel Studios mulai mengembangkan Saga berikutnya dengan Fase 4 MCU yang dipenuhi berbagai karakter menarik, baik yang sudah diperkenalkan seperti Captain America baru dan Shang-Chi, maupun yang akan segera hadir seperti Deadpool, Ironheart, dan masih banyak lagi. Meskipun Marvel belum mengungkapkan tim super berikutnya, yang akan mengisi kekosongan Avengers, mereka telah memperlihatkan tanda-tandanya. Apa saja tim super yang berpotensi muncul pada masa depan MCU? Simak di bawah ini, Geeks.

Thunderbolt

Tim super pertama yang santer dibicarakan oleh penggemar adalah Thunderbolt. Sebagai tim super yang status afiliasinya masih belum jelas, Thunderbolt sendiri adalah tim supervillain yang pertama kali dibentuk di Marvel Comics untuk menipu masyarakat saat Avengers asli menghilang. Tanda-tanda kemunculan tim super ini muncul pertama kali di serial The Falcon and the Winter Soldier, saat Valentina Allegra de Fontaine alias Val merekrut U.S Agent. Sisa anggota lainnya yang berpotensi adalah Baron Zemo, Yelena Belova, General Ross, Ghost, Taskmaster, Abomination, Deadpool, dan masih banyak lagi.

Young Avenger

Dari banyaknya superhero baru yang diperkenalkan di Fase 4 MCU, superhero muda sepertinya menempati urutan terbanyak untuk saat ini. Itulah mengapa banyak penggemar yang berspekulasi bahwa diam-diam Marvel sedang mempersiapkan Young Avenger, tim superhero muda Marvel. Sejauh ini, sudah banyak superhero muda yang telah diperkenalkan Marvel, termasuk Kid Loki, Casie Lang, Billy & Tommy Maximoff, Eli Bradley, dan yang terbaru Kate Bishop. Kedepannya masih ada Ms. Marvel, Ironheart, America Chaves, dan masih banyak lagi yang tersebar pada masa depan MCU.

lluminati

Doctor Strange seperti akan menjadi salah satu karakter penting di Fase 4 MCU yang akan lebih banyak memperkenalkan Multiverse. Di film sekuelnya yang akan datang, yaitu Doctor Strange in the Multiverse of Madness, banyak sekali rumor yang menyebutkan bahwa tim super-genius Illuminati akan muncul. Di Marvel Comics sendiri, Illuminati adalah tim super yang berisi superhero paling genius di semesta, seperti Doctor Strange, Namor, Black Bolt, dan Iron Man, serta tidak ketinggalan juga Mister Fantastic dan Professor X yang santer dibicarakan akan menjadi cameo penting di Multiverse of Madness.

Midnight Son

Doctor Strange adalah salah satu superhero yang mempunyai tugas untuk melindungi MCU dari berbagai ancaman dari universe lain, termasuk dimensi gaib. Di Marvel Comics, Doctor Strange pernah diceritakan membentuk tim super yang khusus menangani ancaman gaib Marvel, yaitu Midnight Son. Menariknya, ada banyak karakter yang berpotensi untuk menjadi bagian dari Midnight Son ini. Selain Doctor Strange sebagai pendirinya, superhero lainnya adalah Moon Knight, Blade, dan Werewolf by Night yang akan hadir dengan tayangan solonya sendiri. Beberapa karakter lainnya yang berpotensi muncul di MCU adalah Ghost Rider, Morbius, dan para superhero yang sangat erat dengan “dunia gaib”.

New Avenger

Tentunya dari semua tim super yang paling ditunggu penggemar, New Avenger adalah yang paling diantisipasi kehadirannya pada masa depan MCU. Sejauh ini beberapa karakter MCU yang berpotensi menjadi anggota New Avenger adalah anggota Avenger asli seperti Thor, Doctor Hulk, dan Hawkeye. Tambahan anggota lainnya yang kemungkinakan besar bergabung dengan New Avenger adalah Sam Wilson alias Captain America baru, Scarlet Witch, Doctor Strange, Captain Marvel, bersama superhero baru di Fase 4 MCU seperti Shang-Chi, Mighty Thor, Black Knight, Sersi, dan masih banyak lagi.

Itulah 5 tim super Marvel yang paling berpotensi dan juga diantisipasi kehadirannya dalam bentuk live action di Marvel Cinematic Universe. Hampir semua tim super ini sudah memperlihatkan tanda-tandanya di Fase 4 MCU. Walaupun tidak dikonfirmasi secara resmi oleh Marvel Studios, tetapi para penggemar cukup yakin setidaknya dengan kehadiran satu atau dua dari kelima tim super ini. Bagaimana menurut kalian, Geeks, tim super mana yang mempunyai “tanda-tanda” paling jelas di MCU? Semoga saja semuanya ya, agar MCU jauh lebih meriah dari sebelumnya.