Big Mom dan Kaido adalah dua Yonko di One Piece. Dulunya, mereka adalah anggota bajak laut Rocks. Namun setelah insiden God Valley, Big Mom dan Kaido memilih berpisah dan membuat tim bajak lautnya masing-masing. Mereka sebenarnya sangat kuat, terbukti dengan peran mereka di Wano, Kaido dan Big Mom menjadi villain utamanya. Namun di chapter terbaru kemarin, Big Mom berhasil dikalahkan lebih dulu, sementara Kaido masih akan bertarung melawan Luffy.

Walaupun Big Mom lebih dulu kalah dibanding Kaido, tetapi bukan berarti Kaido lebih kuat darinya. Ada beberapa bukti yang mengungkap bahwa Big Mom lebih kuat dari Kaido. Apa saja? Simak di bawah ini Geeks!

Tidak Pernah Kalah

Big Mom memiliki reputasi yang jauh lebih baik ketimbang Kaido. Ia dikenal tidak pernah kalah dalam sebuah pertarungan (sebelum kekalahannya di Wano). Big Mom selalu menjadi ancaman serius bagi musuhnya. Sementara Kaido, meski mendapatkan gelar “makhluk terkuat di dunia”, tetapi Kaido sudah sering kalah. Terhitung Kaido pernah dikalahkan sebanyak 7 kali, meskipun masih belum diketahui siapa yang pernah mengalahkannya. Kaido mungkin kuat, tetapi rekam jejaknya tidak sebaik Big Mom.

Big Mom Pernah Kalahkan Kaido

Seperti yang disebutkan tadi, Kaido pernah kalah sebanyak 7 kali. Salah satu karakter yang kabarnya pernah mengalahkan Kaido adalah Big Mom. Sebelum Big Mom dan Kaido membentuk aliansi di Wano, mereka pernah saling bertarung, tetapi pertarungan tersebut sepertinya dimenangkan Big Mom. Oleh sebab itulah Kaido memiliki hutang budi pada Big Mom, setelah Big Mom memberikannya buah iblis. Big Mom terbukti sangat kuat, apalagi dengan buah iblisnya, Soru Soru no Mi. Buah iblis tersebut mampu mengambil jiwa seseorang, termasuk Kaido. Jika orang lain tidak bisa melukai tubuh Kaido, nah Big Mom yang bisa secara langsung membunuh Kaido tanpa harus melukainya.

Memiliki Banyak Intel

Big Mom memiliki banyak anak buah. Bahkan jumlah anak buahnya yang terbanyak diantara bajak laut lain. Dengan banyaknya anak buah, Big Mom mendapatkan keuntungan lebih. Ia dapat mengumpulkan banyak informasi dari mereka. Oleh sebab itu, Big Mom tahu segala informasi di dunia. Misalnya, Big Mom mengetahui saat Topi Jerami berlatih selama timeskip. Selain itu, Big Mom juga tahu bagaimana cara memasuki Wano. Kru Kaido sendiri bahkan mengakui bahwa Big Mom memiliki banyak intel yang membuatnya tahu berbagai informasi.

Memiliki Kru Loyal

Untuk menjadi bajak laut hebat, seorang bajak laut membutuhkan kru yang loyal. Big Mom sendiri memang memiliki kru yang loyal, dan jumlahnya banyak. Nah untuk menghindari pengkhianatan yang terjadi antar kru, Big Mom menggunakan “jasa” anak-anak kandungnya untuk dijadikan kru bajak lautnya. Anak-anaknya sendiri terdiri dari 46 putra dan 39 putri. Meskipun Big Mom memerintah anak buahnya dengan teror dan rasa takut, tetapi krunya sangat setia pada Big Mom. Berbeda dengan kru Kaido yang dipenuhi oleh para pemberontak yang sewaktu-waktu dapat berkhianat.

Banyak Kepribadian

Big Mom adalah salah satu karakter yang dibuat dengan sangat menarik di One Piece karena ia memiliki banyak kepribadian. Big Mom memiliki beberapa kepribadian, dari mulai kepribadian anak-anak, hingga kepribadian dari sosok yang lapar akan kekuasaan. Hal itu membuat karakter Big Mom sangat menarik, karena tidak ada yang bisa memprediksi apa yang ia lakukan. Kepribadiannya pun sering berubah-ubah dari seorang anak-anak yang lugu, hingga menjadi seseorang yang ingin memiliki kekuasaan. Mungkin akan ada kepribadian lainnya yang akan diceritakan di One Piece.

Itulah beberapa hal yang membuat Big Mom terlihat jauh lebih kuat dari Kaido, bukan dari faktor kekuatannya saja, tetapi faktor-faktor penunjangnya untuk menjadi bajak laut hebat. Kalau Geeks, apakah kalian setuju bahwa Big Mom lebih kuat dari Kaido?

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.