Tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa setelah seri Naruto tamat, Masashi Kishimoto melanjutkan ceritanya dengan sekuel. Di tahun 2017, sekuel Naruto resmi dirilis, dengan judul Boruto: Naruto Next Generations. Serinya menceritakan penerus Naruto dan Sasuke yang harus melawan ancaman yang lebih besar seperti Otsutsuki. Dengan musuh yang lebih kuat, para ninja harus memiliki kekuatan baru untuk mengimbangi musuh-musuhnya. Nah Geeks, di Boruto: Naruto Next Generations, ada beberapa kemampuan baru yang diperkenalkan. Apa saja? Simak di bawah ini Geeks!

Ninjutsu Ruang

Siapa yang tidak mengenal Sasuke? Mantan “musuh” Naruto ini masih hidup hingga sekarang. Hanya saja, karakternya mengalami perubahan drastis. Di Boruto: Naruto Next Generations, Sasuke sempat menjadi satu-satunya shinobi pemilik Rinnegan. Setelah menguasai Rinnegan, Sasuke mendapatkan akses ke kemampuan baru seperti kekuatan ninjutsu ruang dan waktu. Kemampuan tersebut pertama kali diperlihatkan di chapter 6. Saat menggunakan kemampuan tersebut, Sasuke dapat pergi ke berbagai dimensi dan berpindah tempat dalam hitungan detik. Kemampuan ini mirip seperti yang dimiliki Otsutsuki.

Daikokuten

Kemampuan berikutnya datang dari klan Otsutsuki, bernama Daikokuten. Daikokuten berasal dari mata kanan Otsutsuki dan menjadi kemampuan terkuat yang pernah ia tunjukkan. Daikokuten pertama kali digunakan mengalahkan Kashin Koji. Sederhananya, Daikokuten adalah dimensi lain yang Isshiki ciptakan. Dalam dimensi tersebut, waktu tidak berlaku. Selain itu, Isshiki juga mampu menyimpan berbagai benda dalam dimensi tersebut. Ketika Isshiki membutuhkan benda yang disimpan, benda tersebut dapat dipanggil ke dunia nyata.

Sukunahikona

Isshiki memang memiliki segudang kemampuan unik di Boruto: Naruto Next Generation. Selain Daikokuten, Isshiki juga memiliki kemampuan bernama Sukunahikona. Kemampuan ini berasal dari mata kanannya. Dengan Sukunahikona, Isshiki bisa memperkecil benda apapun secara instan. Bahkan Isshiki mampu mengubah tubuhnya ke ukuran sangat kecil. Berkat Sukunahikona, Isshiki berhasil selamat dari berbagai serangan mematikan. Sukunahikona juga sering digunakan mengecilkan benda, sebelum akhirnya benda tersebut dimasukkan ke dalam dimensi Daikokuten. Nah saking cepatnya kemampuan Sukunahikona, membuat Six Paths Sage Mode Naruto tidak dapat melacak kekuatan ini.

Mode Bayron

Mode Bayron adalah transformasi baru yang pernah dilakukan Naruto. Dengan Mode Baryon, Naruto menjadi sangat kuat setelah mendapatkan seluruh chakra Kurama. Tetapi, Naruto hanya bisa menggunakan mode Bayron dalam waktu singkat. Sayangnya setelah menggunakan kemampuan ini, Kurama harus tewas karena ia telah memberikan seluruh chakranya pada Naruto. Naruto sendiri awalnya tidak menyadari dampak sesungguhnya dari Mode Bayron. Setelah Kurama sekarat dan memberitahunya, Naruto baru mengetahui ada efek negatif ketika menggunakannya. Hebatnya ketika Naruto menggunakan Mode Bayron, ia berhasil membuat Isshiki hampir tewas.

Jougan

Jougan adalah Dojutsu terkenal dalam seri Boruto. Kekuatan sesungguhnya dari Jougan masih belum diketahui secara pasti. Namun, Jougan dapat melihat semuanya, seperti halnya Byakugan. Pengguna Jougan dapat mengetahui titik lemah dari targetnya, dan sepertinya memberikan peningkatan kekuatan kepada penggunanya. Jougan juga bisa merasakan energi jahat dan juga dapat merasakan saat portal dimensi dibuka. Namun hingga kini, Boruto masih belum menunjukkan kekuatan sepenuhnya dari Jougan. Tetapi mudah-mudahan saja kemampuan ini akan segera diungkap oleh Masashi Kishimoto.

Itu dia Geeks beberapa kemampuan baru yang diperkenalkan di seri Boruto: Naruto Next Generations. Tentunya kemampuan-kemampuan tersebut memberikan warna baru di semesta Naruto ini. Bukan tidak mungkin jika di masa depan, kita akan lebih banyak melihat kemampuan baru yang akan diperkenalkan. Kita tunggu aja ya Geeks apa yang coba Masashi Kishimoto hadirkan berikutnya.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.