Setelah menyelesaikan penayangan serial Hawkeye beberapa hari lalu, Marvel masih mempunyai deretan serial yang akan tayang di saluran streaming Disney+ dalam beberapa tahun ke depan, salah satunya yang sangat diantisipasi karena membuat menasaran adalah serial solo Maya Lopez yang berjudul Echo. Serial yang akan menjadi bagian dari Fase 4 MCU ini masih minim sekali informasi, tetapi setelah ending Hawkeye kemarin, ada beberapa tanda-tanda yang kemungkinan akan digunakan sebagai plot dasar serial Echo.

Di ending Hawkeye, setelah Clint Barton dan Kate Bishop berhasil mengalahkan Kingpin dan Tracksuit Mafia-nya, Echo diperlihatkan bertemu dengan Kingpin yang terluka akibat pertarungan melawan Kate. Pada titik tersebut Echo sudah mengetahui bahwa yang telah menyuruh Ronin untuk membunuh ayahnya adalah Kingpin sendiri. Oleh karena itu Maya langsung menodongkan pistol ke kepala Kinpin, dan saat kamera menjauh terdengar suara tembakan yang membuat penggemar bertanya-tanya apakah Kingpin benar-benar mati.

Banyak yang percaya bahwa Kingpin terlalu kuat untuk mati begitu saja, karena di Marvel Comics, kisah Kingpin jauh lebih berbahaya dari sekadar menjadi mafia yang mengacaukan malam Natal di Kota New York. Atas dasar ini, kemungkinan besar Kingpin akan kembali di serial Echo mendatang. Dan bukan hanya itu, perannya nanti bisa mengarah juga pada kemunculan superhero paling berani di Marvel Universe. Siapakah dia, dan bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Mari kita bahas, Geeks.

Kingpin Bukan Satu-Satunya Karakter Baru di MCU

Aktor pemeran Wilson Fisk alias Kingpin, yaitu Vincent D’Onofrio, muncul pertama kali di serial Netflix Daredevil yang tayang sebanyak tiga season pada tahun 2015-2018. Banyak penggemar yang menganggap serial Daredevil adalah serial Marvel non-Disney+ terbaik sampai saat ini. Oleh karena itu banyak pihak yang mendorong agar para pemeran sekaligus karakternya “diadopsi” oleh Marvel Studios sebagai bagian dari Marvel Cinematic Universe. Di mana hal tersebut benar-benar diwujudkan.

Selain Kingpin dari D’Onofrio, ada satu karakter serial Daredevil lagi yang muncul secara mengejutkan di MCU, yaitu Matt Murdock alias Daredevil sendiri yang diperankan oleh Charlie Cox. Dia baru saja muncul di film Spider-Man: No Way Home untuk membantu Peter Parker (Tom Holland) lepas dari masalah hukum yang menjeratnya, setelah sebelumnya dituduh membunuh Mysterio. Kehadirannya di MCU mengundang banyak pertanyaan, salah satunya yang paling nyaring adalah pertanyaan penggemar terkait kapan kemunculan Daredevil selanjutnya?

Meskipun plot serial Echo masih dirahasiakan, tetapi serialnya adalah saat yang tepat bagi Daredevil untuk unjuk gigi, memperlihatkan betapa kuatnya karakter Marvel yang digadang-gadang paling berani ini. Namun, bagaimana dia bisa muncul dan mengapa harus muncul di serial Echo, mari kita bahas jauh lebih dalam lagi di bawah ini, Geeks.

Sejarah Echo bersama Daredevil dan Kingpin

Mungkin apa yang terjadi antara Maya dan Kingpin di ending Hawkeye adalah modal plot utama serial Echo yang berhasil disamarkan dengan cerdas oleh Marvel Studios. Di Marvel Comics sendiri, ada halaman komik yang mirip seperti adegan ending tersebut, ketika Maya menodongkan pistol pada Kingpin, setelah mengetahui ayahnya mati karena dibunuh oleh suruhan Kingpin. Tentunya semua kejadian tersebut adalah akhir dari rangkaian kejadian yang terjadi dikomiknya.

Di komik Daredevil Vol. 2 (1998-2009), setelah Kingpin mengadopsi Maya sebagai anaknya, dia membiayai semua pendidikan Maya termasuk les tari dan seni bela diri. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya melatih kemampuan refleks fotografi Maya yang telah dimilikinya sejak kecil, dengan harapan setelah nanti Maya dewasa dia akan siap untuk mengalahkan musuh bebuyutan Kingpin, yaitu Daredevil. Dan benar saja, setelah Maya siap, Kingpin memfitnah Daredevil bahwa dia adalah orang yang telah membunuh ayahnya.

Maya yang dipenuhi dendam, kemudian mencari Daredevil untuk membunuhnya. Pertarungan mereka akhirnya benar-benar terjadi di komik Daredevil Vol. 2 #51 karya David Mack dan David Ross pada tahun 2001. Setelah pertarungan yang sengit, bahkan mungkin bisa dibilang Daredevil babak belur dihajar Maya yang mempunyai kemampuan refleks fotografi. Anehnya ketika luka Daredevil membentuk “tanda tanya”, Maya mulai tenang dan membaca gerak bibir Daredevil, mengingat Maya adalah seorang tuna rungu. Dan akhirnya dia tahu, bahwa Daredevil adalah Matt Murdock yang sangat dicintainya.

Daredevil menjelaskan bahwa ketika ayahnya mati, dia masih duduk di bangku sekolah dasar. Jadi, sangat tidak mungkin dia membunuh seorang pria dewasa yang pada saat itu adalah orang kepercayaan Kingpin. Maya yang terkejut dan mengetahui siapa pembunuh yang sebenarnya kemudian langsung mencari Kingpin dan menembak ayah angkatnya tersebut tepat di kepala, meninggalkannya dalam keadaan bersimbah darah. Namun, di akhir diperlihatkan bahwa Kingpin tidak mati, tembakan Maya hanya membuatnya mengalami kebutaan.

Masa Depan Daredevil di MCU

Adegan di komik Daredevil tersebut mengindikasikan bahwa Kingpin di serial Hawkeye juga tidak akan mati begitu saja. Karena adegan saat Maya menembakan pistolnya tidak diperlihatkan, mungkin saja kejadiannya sama seperti di Marvel Comics di mana Kingpin hanya mengalami kebutaan, atau Maya bahkan sama sekali tidak menembak Kingpin karena dia tidak tega pada ayah angkatnya tersebut. Dengan modal plot tersebut, Kingpin bisa kembali sebagai villain di serial Echo, sebagai sosok Ayah yang berusaha mencari Maya untuk membalas dendam atau sekadar mengajaknya kembali.

Seperti yang kita tahu, Kingpin adalah villain baru MCU yang terbukti sangat kuat. Bahkan setelah dadanya ditembak dengan panah, kemudian ditabrak mobil dan terpental sangat jauh, dan terkena ledakan panah bom yang meledak di tepat di bawah kakinya, dia masih saja bisa berjalan kabur dari polisi dan akhirnya bertemu dengan Maya. Jadi tampaknya Maya saja tidak akan mampu membendung kekuatan Kinpin di serial Echo nanti, oleh karena itu dia membutuhkan bantuan untuk mengalahkanya, dan Daredevil adalah orang yang tepat untuk itu.

Berbeda dengan di Marvel Comics, mungkin Maya baru akan bertemu dengan Matt Murdock alias Daredevil di serial solonya nanti, jatuh cinta padanya dan mungkin sempat saling bertarung juga. Namun, pada akhirnya Maya yang telah mengambil identitas Echo, akan terkejut setelah mengetahui Daredevil adalah Matt Murdock, sama seperti di Marvel Comics. Mereka berdua kemudian saling berbagi tujuan untuk mengalahkan Kingpin bersama-sama, mengingat Daredevil adalah musuh Kingpin yang selalu masuk dalam radarnya.

Walaupun Echo dan Daredevil sudah bekerja sama, masih belum bisa dipastikan apakah mereka berdua bisa mengalahkan Kingpin. Karena selain kuat, Kingpin juga mempunyai banyak anak buah dan relasi, baik di dunia bawah maupun di pemerintahan Kota New York. Itulah pembahasan mengapa Daredevil bisa hadir di serial Echo, dan bekerja sama dengan Echo untuk mengalahkan Kingpin. Sejauh ini Marvel belum mengumumkan kapan serial Echo dirilis, jadi kita nantikan saja ya, Geeks. Yang jelas jika benar-benar terjadi, pertarungan mereka bertiga kemungkinan besar akan sangat epik.  

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.