Doctor Strange in the Multiverse Madness adalah tayangan yang akan menjadi film pertama Marvel Cinematic Universe pada tahun 2022 mendatang. Setelah sebelumnya ditayangkan di credit scene Spider-Man: No Way Home, akhirnya Marvel merilis teaser resmi Multiverse of Madness yang mengungkap kehadiran banyak karakter menarik, dari kembalinya Karl Mordo, Christine Palmer, Scarlet Witch, kemudian ada juga rumor minotaur Rintrah, sampai kehadiran Evil Strange yang mengerikan.

Namun, di balik itu semua, ada satu misteri di teasernya yang mengindikasikan keterlibatan X-Men dan Fantastic Four di film Multiverse of Madness. Pada intro logo Marvel di teasernya ternyata dicampur dengan intro lama film-film X-Men dan Fantastic Four yang digarap oleh 20th Century Studios. Banyak penggemar yang percaya bahwa hal tersebut lebih dari sekadar memasukan easter egg di logo Marvel. Apa arti logo lama X-Men dan Fantastic Four ini? Mari kita berteori, Geeks.

Sudah Berada “di Tangan” Marvel Studios

Pada tahun 2019 lalu, Disney mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi 20th Century Fox dan langsung mengubah namanya menjadi 20th Century Studios. 20th Century sendiri sudah bertahun-tahun memegang hak atas karakter Marvel yang terkait dengan X-Men dan Fantastic Four. Dimulai dengan waralaba X-Men yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2000, banyak sekali film sekuel, prekuel, dan spin-off yang dirilis oleh 20th Century, sampai akhirnya The New Mutants (2020) menutup waralaba X-Men yang telah berjalan selama 20 tahun.

Sedangkan waralaba Fantastic Four pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 melalui film The Fantastic Four yang cukup berhasil. Kemudian waralabanya menelurkan sebuah sekuel yang berjudul Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer (2007). Sayangnya, film kedua tersebut membuat harapan penggemar hancur karena plot cerita yang dianggap berantakan. Pada tahun 2015, 20th Century kembali merilis sebuah reboot berjudul Fant4stic yang justru malah dianggap oleh penggemar sebagai film Marvel terburuk sepanjang sejarah.

Setelah hak atas X-Men dan Fantastic Four berada di tangan Disney, tentu saja sekarang menjadi tugas Marvel Studios untuk mengembangkan versi mereka sendiri dengan memasukannya ke MCU, sesuai dengan harapan banyak penggemar. Dan beberapa waktu lalu, Marvel mengumumkan bahwa mereka akan menggarap film Deadpool 3 bersama Ryan Reynold yang akan kembali memerankan sang Merc With a Mouth. Kemudian sutradara Spider-Man: No Way Home, Jon Watts, sudah ditunjuk juga oleh Marvel untuk menggarap film pertama Fantastic Four sebagai bagian dari Fase 4 MCU.

Banyak Cameo di Doctor Strange 2

Terlepas dari berbagai proyek X-Men dan Fantastic Four yang sedang dikerjakan oleh Marvel Studios, belum ada yang tahu kapan mereka akan muncul di MCU. Dan tampaknya tema Multiverse di film Doctor Strange 2 membuka jalan untuk itu. Beberapa hari lalu, The Hollywood Reporter melaporkan bahwa film Doctor Strange in the Multiverse of Madness telah melakukan syuting ulang untuk beberapa adegan yang akan menghadirkan lebih banyak cameo dari yang semula direncanakan.

Meskipun sampai saat ini karakter dan cameo yang dimaksud masih belum terungkap, The Hollywood Reporter menambahkan bahwa film Doctor Strange in the Multiverse of Madness akan menghadirkan Multiverse MCU yang jauh lebih “menyenangkan” dari Spider-Man: No Way Home, yang telah sukses menghadirkan berbagai karakter Multiverse yang menarik dari waralaba Spider-Man terdahulu. Artinya, bukan tidak mungkin film Multiverse of Madness akan menghadirkan berbagai karakter dari “waralaba terdahulu” juga.

Terakhir kali rumor terkait Multiverse of Madness yang santer dibicarakan adalah kehadiran karakter lama X-Men yang akan bertarung dengan Wanda Maximoff alias Scarlet Witch, seperti yang pertama kali disampaikan oleh DanielRPK melalui Twitternya dan banyak juga yang percaya bahwa karakter tersebut adalah Professor X. Kemudian tidak lama setelah itu, akun Twitter MyTimeToShineHello juga menyebutkan bahwa pemimpin Fantastic Four, yaitu Mister Fantastic akan hadir juga di Multiverse of Madness. Kedua akun Twitter tersebut memang cukup sering memberikan bocoran terkait proyek-proyek Marvel.

Apakah kedua rumor tersebut bisa dipercaya? Semuanya kembali pada kita masing-masing. Namun, jika benar Professor X dan Mister Fantastic akan muncul di Multiverse of Madness, yang bisa menghubungkan keduanya dengan karakter Doctor Strange adalah tim super Illuminati. Rumor terbaru setelah teaser Multiverse of Madness dirilis bahkan menyebutkan bahwa karakter Christine Palmer yang terlihat di menit 1:23 adalah variannya yang merupakan anggota Illuminati, terlihat dari kostum superheronya. Sekarang pertanyaannya, apa sebenarnya Illuminati ini?

Illuminati Bisa Menjadi Penghubung

Illuminati adalah tim super Marvel yang pertama kali dibentuk pada tahun 2005 setelah Perang Kree/Skrull di komik New Avengers #7 karya Brian Michael Bendis dan Steve McNiven. Illuminati sendiri didirikan oleh Iron Man yang percaya bahwa jika para superhero paling cerdas berkumpul, mereka dapat menggunakan pengetahuannya untuk mencegah perang di muka Bumi dan bahkan di alam semesta. Selain Iron Man, Illuminati terdiri dari para superhero cerdas lainnya, termasuk Mister Fantastic, Namor, Black Bolt, Doctor Strange, dan Professor Xavier.

Dengan kecerdasan dan kekuatan yang mereka miliki, Illuminati berhasil mencegah berbagai potensi ancaman terhadap Bumi. Dari mulai Civil War Superhero, sampai penyerangan Marvel Boy dan Kekaisaran Skrull, semuanya berhasil mereka antisipasi. Ketika mereka khawatir pada Bruce Banner alias Hulk yang sering mengamuk, Illuminati merancang jebakan untuk mengirimnya ke luar angkasa dengan sebuah roket, di mana hal tersebut mengarah pada kisah World War Hulk (2007) yang menyebabkan Hulk kembali ke Bumi untuk menghancurkan Illuminati.

Mengingat kejadian Multiverse di Doctor Strange 2 bisa saja mengancam hampir semua universe, mungkin tim super Illuminati dari universe alternatif berusaha untuk membantu Doctor Strange untuk menyelesaikannya, dan Mister Fantastic bersama Professor X adalah utusan yang dipercaya untuk itu. Kehadiran mereka berdua di film Multiverse of Madness ini menjadi pengenalan awal yang seakan-akan mutan X-Men dan Fantastic Four sudah ada sejak lama di MCU.

Terlepas siapa pun pemerannya nanti, mungkin setelah kejadian di Multiverse of Madness semesta mereka akan bergabung karena suatu kejadian, menyebabkan X-Men dan Fantastic Four masuk ke MCU dan melanjutkan kisahnya masing-masing dengan berbagai proyek Marvel yang akan datang. Atau bisa saja mereka diceritakan kembali ke universenya masing-masing, dan membiarkan kedepannya MCU berfokus pada Multiverse dengan berbagai universe yang merupakan satu kesatuan, universe utama seperti yang kita tahu sekarang, dan yang kedua adalah universe Illuminati.

Apapun metodenya, yang jelas kehadiran mereka akan menjawab semua pertanyaan penggemar terkait bagaimana X-Men dan Fantastic Four masuk ke MCU, padahal sebelumnya tidak pernah diceritakan. Perlu di catat juga artikel ini bersifat teori, jadi apapun kebenarannya nanti, teori kita kali ini hanya untuk membuat antisipasi filmnya menjadi makin seru. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Kita buktikan saja nanti saat film Doctor Strange in the Multiverse of Madness dirilis pada 6 Mei 2022.