Setelah 5 minggu penayangannya, akhirnya serial Hawkeye berakhir dengan kemenangan Clint Barton dan Kate Bishop atas Kingpin dan Trakcsuit Mafia-nya. Dan selama itu juga, penggemar bertanya-tanya arti dari jam tangan Rolex yang menjadi salah satu pemicu pertemuan dan konflik di antara mereka. Di serial yang tayang saluran streaming Disney+ tersebut, diceritakan bahwa jam tangan tersebut ditemukan di reruntuhan markas Avengers yang diserang oleh Thanos di Avengers: Endgame (2019), sebelum akhirnya dilelang secara diam-diam di Kota New York bersama kostum Ronin.

Sebelum jam tangan Rolex tersebut sempat terjual, acara pelelangan yang disaksikan juga oleh Kate Bishop diserang oleh Tracksuit Mafia yang diperintahkan untuk mencuri jam tangan misterius tersebut. Clint yang mengetahui kejadian tersebut, mengatakan pada Kate bahwa jam tangan tersebut adalah milik seseorang yang pernah bekerja dengannya dan sekarang telah pensiun. Oleh karena itu dia sangat khawatir jika Tracksuit mengetahui siapa pemilik sebenarnya, orang tersebut akan dalam bahaya. Namun, siapa sebenarnya yang dimaksud oleh Clint? Mari kita bahas lebih dalam di sini Geeks.

Milik Superhero Wanita di Marvel Comics

Sebenarnya sebelum diungkap di final episode Hawkeye, Clint sudah mengisyaratkan pemiliknya di episode 4 ketika dia menelepon istrinya, Laura Barton. Dalam percakapan telepon tersebut, saat Clint membicarakan soal jam tangan rolex yang dicuri oleh Trakcsuit Mafia, Laura langsung berbicara menggunakan bahasa Jerman pada Clint tentang masalah tersebut. Meskipun pada saat itu pemilik dari jam tangan tersebut mengerucut pada Linda, tetapi masih banyak misteri yang belum terungkap tentang apa arti sebenarnya dari jam tangan tersebut bagi Linda, apakah ada rahasia penting di dalamnya?

Dan akhirnya final episode Hawkeye mengonfirmasi bahwa Linda benar-benar pemilik jam tangan tersebut. Saat Clint pulang ke rumahnya bersama Kate dan Lucky the Pizza Dog, dia memberikan jam tangannya pada Linda yang sebenarnya sama seperti jam tangan Rolex pada umumnya. Namun, ketika jam tangan tersebut dibalik, terlihat lambang burung dan angka “19” yang sangat familier, mengonfirmasi bahwa Linda adalah Agent 19 dari SHIELD yang dikomiknya dikenal sebagai Mockingbird yang merupakan kekasih Clint alias Hawkeye dan agen rahasia SHIELD yang pernah bekerja dengan Avengers.

Pertama kali diceritakan di komik Marvel Team-Up #95 yang dirilis pada tahun 1980, identitas Agent 19 alias Mockingbird sebenarnya dipegang oleh Dr. Barbara Morse yang sering dipanggil Bobbi. Mockingbird bersama Hawkeye diceritakan mendirikan West Coast Avengers, tim superhero kedua yang berbasis di California, Amerika Serikat. Sepanjang kariernya di Marvel Comics, Mockingbird dikenal sebagai superhero wanita, mata-mata, pilot, ahli seni bela diri, dan bahkan ilmuwan. Sayangnya, dia diceritakan mati oleh Mephisto saat mencoba melindungi suaminya di komik Avengers: West Coast #100 (1993).

Tidak aneh jika pada akhirnya identitas Mockingbird di MCU dipegang oleh Linda Barton, mengingat Marvel Studios sering mengambil materi dari Marvel Comic hanya sebagai referensi untuk kisahnya sendiri. Yang jelas, melalui serial Hawkeye dan jam tangan rolex, Linda Barton dikonfirmasi sebagai Mockingbird MCU sekaligus istri sah Clint yang sudah mempunyai tiga anak. Hal tersebut menjelaskan mengapa anak-anaknya selama ini aman-aman saja ketika Clint bertugas bersama Avengers, karena Linda adalah superhero wanita bernama Mockingbird.

Masa Depan Mockingbird di MCU

Ending serial Hawkeye sendiri hanya mengungkap sampai identitas Linda sebagai Mockingbird, belum diketahui bagaimana nasib superhero wanita ini di MCU kedepannya. Cukup aman untuk mengatakan bahwa Linda sudah pensiun sebagai Mockingbird, seperti yang dikatakan oleh Clint di serialnya. Namun, bukan berarti Mockingbird tidak akan melakukan adegan aksi pada masa depan MCU. Karena jika mengacu pada serial Agent of SHIELD (2013-2020), ada karakter bernama Bobbi Morse yang menggunakan identitas Mockingbird, dan bisa saja dia muncul pada masa depan MCU.

Meskipun banyak penggemar yang menganggap serial Agent of SHIELD bukan bagian dari MCU, tetapi Marvel Studios sendiri belum mengonfirmasi atau menyangkal serial tersebut. Jadi, jika suatu saat nanti serialnya dikonfirmasi sebagai canon MCU, sama seperti serial Netflix Daredevil, bukan tidak mungkin kisah Mockingbird di MCU diceritakan bahwa Linda mewariskan identitasnya pada Bobbi Morse. Di mana mungkin sebagian besar penggemar akan menyambut ide baik tersebut.

Itulah pembahasan jam tangan rolex di serial Hawkeye yang akhirnya mengungkap superhero wanita Mockingbird sebagai bagian dari MCU. Terlepas dari akan seperti apa nasib Mockingbird di MCU, setidaknya pengungkapan ini membuat penggemar akhirnya merasa tenang, karena selama ini istri Clint alias Hawkeye yang dikenal sebagai Linda Barton adalah Mockingbird, sama seperti di Marvel Comics.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.