Di penghujung tahun 2021 ini, akhirnya Marvel mulai melakukan promosi tayangannya yang akan dirilis pada tahun depan. Menjadi salah satu film Marvel yang paling diantisipasi pada tahu 2022 mendatang, Doctor Strange in the Multiverse of MadnessĀ akan kembali memperlihatkan masalah Multiverse yang akan dihadapi oleh Doctor Strange, setelah sebelumnya merasakan terlebih dahulu di Spider-Man: No Way Home. Namun, kali ini tampaknya masalah Multiverse jauh lebih “gila” dari sebelumnya.

Dalam teaser trailer Multiverse of Madness yang baru saja dirilis oleh Marvel, banyak sekali karakter mengejutkan yang akan hadir di filmnya, seperti Karl Mordo, Christine Palmer, Gargantos, dan Evil Strange. Namun, di antara para karakter tersebut, ada satu karakter rahasia yang tidak kalah menariknya. Jika kalian pause teaser-nya pada menit 1:35, ada satu minotaur yang sebenarnya cukup erat dengan Doctor Strange di Marvel Comics. Siapakah minotaur tersebut? Tanpa banyak basa-basi, mari kita bahas, Geeks.

Sahabat Doctor Strange yang Tragis

Doctor Strange sebenarnya tidak terlalu pandai bergaul dengan karakter Marvel lain, karena dia adalah tipe orang yang sangat berhati-hati. Hal tersebut cukup masuk akal, mengingat dia adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan Bumi dari segala ancaman, termasuk musuh dalam selimut. Namun, bukan berarti dia tidak mempunyai teman. Di Marvel Comics, selain Avengers, Strange juga mempunyai banyak murid dan kolega di Strange Academy, begitu juga sahabat yang tersebar di Multiverse, salah satunya adalah alien minotaur bernama Rintrah.

Minotaur di teaser Multiverse of Madness mempunyai ciri-ciri fisik yang sama seperti Rintrah di Marvel Comics. Rintrah sendiri adalah alien cerdas dari planet Multiverse yang disebut R’Vaal, dia mempunyai penampilan fisik seperti minotaur di mitologi Yunani. Pertama kali diceritakan di komik Doctor Strange Vol. 2 #80 karya Peter Gillis dan Chris Warner yang dirilis pada tahun 1986, Rintrah direkrut sebagai murid oleh penyihir Multiverse bernama Enitharmon the Weaver yang tertarik dengan potensi sihirnya.

Takdir itulah yang akhirnya mempertemukan Rintrah dengan Doctor Strange. Saat Cloak of Levitation milik Strange robek karena pertempuran, dia meminta tolong pada Enitharmon untuk memperbaikinya. Setelah selesai, Enitharmon menyuruh Rintrah mengantarkannya pada Doctor Strange yang berada di Bumi. Saat Rintrah sampai, dia melihat tubuh Strange yang terluka akibat pertempuran melawan iblis yang dikirim villain alien bernama Urthona. Untuk menyembuhkan lukanya, Strange keluar dari tubuhnya dan meminta izin pada Rintrah untuk masuk ke tubuhnya untuk mengalahkan Urthona, dan Rintrah setuju.

Strange mengetahui bahwa tubuh kuat Rintrah dan kemampuan dasar sihirnya, dapat menjadi katalis yang tepat untuk menghadapi Urthona, dan hal tersebut benar-benar terbukti, dan Urthona akhirnya berhasil dikalahkan di planetnya sendiri. Setelah Strange pulih dan kembali ke tubuhnya, sejak saat itu mereka berdua sering melakukan misi bersama. Sampai akhirnya Rintrah meminta Strange untuk mengangkatnya menjadi murid, dan mereka tinggal bersama di Bumi.

Sayangnya, kebersamaan mereka harus berakhir di komik Doctor Strange, Sorcerer Supreme #52 (1993). Saat bertarung melawan Tartessus, Rintrah terluka cukup fatal setelah dia mencoba menghancurkan artefak berbahaya. Kejadian tersebut membuat kekuatan hidupnya terkuras dengan cepat. Untuk menyelamatkannya, Strange menempatkannya di sebuah dimensi. Rintrah pun tidak bisa lepas dari dimensi tersebut selama belum ada obatnya. Dan tampaknya obatnya masih belum ditemukan sampai saat ini, karena sejak saat itu Rintrah tidak pernah diceritakan lagi di Marvel Comics.

Rintrah di Multiverse of Madness

Meskipun Rintrah muncul sekilas di teaser Multiverse of Madness, bukan berarti dia akan mempunyai peran kecil di filmnya. Jika Marvel Studios mengambil referensi kisah Rintrah dari Marvel Comics, Strange bisa saja diceritakan bertemu dengan Rintrah ketika Cloak of Levitation miliknya rusak atau hilang saat pertempuran awal di Mutiverse of Madness. Setelah mengetahui fakta tentang Enitharmon yang bisa memperbaiki Cloak of Levitation, kemungkinan Strange akan bertemu dengan Enitharmon dan menjelaskan situasi kekacauan Multiverse padanya.

Mungkin Enitharmon akan menyuruh muridnya, Rintrah untuk membantu Strange dalam pertempurannya, itulah mengapa di teasernya Rintrah telihat sedang bertempur dengan para penyihir yang kemungkinan anak buah Karl Mordo. Terlepas dari bagaimana cara Rintrah akan bertemu dengan Strange, mungkin pada akhirnya di ending film Rintrah akan meminta Strange mengangkatnya sebagai murid setelah melihat kehebatan Strange saat menghadapi masalah Multiverse.

Itulah pembahasan karakter Rintrah yang kemungkinan besar adalah minotaur di teaser Multiverse of Madness. Mengingat sejarahnya yang cukup dekat dengan Strange, cukup masuk akal jika Rintrah pada akhirnya muncul di MCU. Dan semoga saja nasibnya di MCU tidak setragis di Marvel Comics, agar dia bisa muncul kembali pada masa depan MCU. Jika tidak ada halangan, kita akan bisa menyaksikan aksi Rintrah di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, yang akan dirilis pada 6 Mei 2022.