Menjadi film paling diantisipasi pada tahun 2022, Doctor Strange in the Multiverse of Madness akan bercerita tentang petualangan Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) di Multiverse yang masih sangat misterius. Setelah diungkap di serial Loki dan disinggung di film Spider-Man: No Way Home, sepertinya masalah multiverse di Multiverse of Madness makin tidak terkendali. Karena hal tersebut, Strange bahkan harus meminta bantuan pada Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) untuk mengatasinya.

Setelah sebelumnya menjadi bagian dari credit scene No Way Home, Marvel baru saja merilis teaser Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang mengungkap banyak hal mengejutkan, salah satunya adalah kehadiran Evil Strange yang mengerikan. Menariknya, Evil Strange bukan satu-satunya varian Doctor Strange yang diharapkan muncul di filmnya, karena beberapa waktu lalu action figure Marvel Legend merilis edisi Multiverse of Madness yang memperlihatkan sosok Defender Strange. Sekarang pertanyaanya, mengapa ada banyak varian Strange? Mari kita bahas dahulu para varian Strange tersebut, Geeks.

Evil Strange, Ancaman Terbesar di Multiverse

Banyak yang percaya bahwa Evil Strange di Multiverse of Madness adalah Strange Supreme yang pertama kali diceritakan di serial animasi What If…? beberapa waktu lalu. Sama seperti Doctor Strange di semesta utama, Strange Supreme adalah Dr. Stephen Vincent Strange M.D., Ph.D dari semesta alternatif yang menjadi penyihir Mystic Art sekaligus Sorcerer Supreme. Perbedaan kisahnya terletak pada kekasihnya, yaitu Christine Palmer. Di universe Strange Supreme, Christine meninggal karena kecelakaan mobil yang disetir oleh Strange. Mirisnya, Strange merasa kematiannya disebabkan oleh dirinya.

Dari titik ketika dia menjadi Sorcerer Supreme yang mengendalikan Eye of Agamotto, Strange menggunakan Time Stone di dalamnya untuk mengulang kejadian saat kecelakaan tersebut. Namun, berapa kali pun dia mencoba untuk menyelamatkan kekasihnya, Christine tetap tidak bisa lolos dari kematian. Sampai akhirnya Strange memutuskan untuk kembali ke masa lalu yang sangat jauh untuk menemukan Perpustakaan Cagliostro yang hilang. Di antar oleh O’Bengh yang memanggilnya Penyihir Armani (merek jas yang digunakan Strange), Strange sampai di Cagliostro.

Di perpustakaan sihir tersebut, Strange mengurung dirinya sendiri dan mulai memanggil banyak iblis dan menyerap semua kekuatannya, menjadikan tubuhnya sebagai wadah dari ribuan iblis yang mempunyai kekuatan sihir dahsyat, sejak saat itu dia menjadi Strange Supreme yang konon kemampuanya melebihi Sorcerer Supreme mana pun. Saat mencoba kembali untuk menghidupkan Christine untuk yang terakhir kalinya, universenya mulai runtuh dan Christine tetap mati. Dengan kekuatannya, Strange Supreme hanya mampu menahan keruntuhan universe sampai mengecil dan hanya menampung dirinya sendiri.

Pada saat itu Strange adalah orang pertama yang merasakan kehadiran Uatu the Watcher, meminta bantuannya tetapi tidak diacuhkan. Namun, ketika Infinity Ultron mulai mengetahui Multiverse dan mulai menghancurkan universe satu-persatu, Uatu tidak ada pilihan lain selain meminta Strange Supreme untuk mengalahkannya bersama tim Guardians of the Multiverse, yang berisi Star-Lord T’Challa, Captain Carter, dan masih banyak lagi. Misi mereka pun berhasil dan semua dikembalika ke universenya masing-masing, begitu juga Strange Supreme yang kembali ke pocket dimension-nya.

Defender Strange, Pelindung Terkuat di Multiverse

Berbeda dengan Strange Supreme, tidak ada informasi resmi yang menjelaskan secara spesifik siapa sebenarnya Defender Strange ini. Namun, di Marvel Comics ada sebuah tim super yang disebut Defender, dan menariknya, Doctor Strange adalah orang yang pertama kali mendirikannya. Diceritakan pertama kali pada tahun 1969 di komik Doctor Strange #183 karya Roy Thomas dan Ross Andru, Defender adalah tim super yang pertama kali dibentuk untuk menghadapi ancaman villain multi-dimensi yang bernama Undying Ones. Defender pertama hanya berangotakan Doctor Strange, Namor, dan Hulk.

Sejak saat itu tim Defender berganti-ganti anggota dan pemimpin, mereka lebih sering dibentuk ulang ketika berusaha untuk menghadapi ancaman mistik. Kemudian pada tahun 1993, setelah Defender diceritakan bubar, Doctor Strange kembali membentuk ulang tim super tersebut dengan nama Secret Defender di komik Doctor Strange, Sorcerer Supreme #50. Diceritakan bahwa Doctor Strange bergerak di balik layar untuk mengendalikan banyak tim Secret Defender untuk melakukan berbagai misi terpisah, beberapa anggotanya yang terkenal adalah War Machine, Wolverine, dan Ant Man.

Dengan sejarah Doctor Strange dan Defender di Marvel Comics tersebut, sementara ini bisa kita simpulkan bahwa Defender Strange adalah varian Strange yang mendirikan tim super Defender di semestanya sendiri. Merasakan ada masalah Multiverse yang sedang berlangsung di film Multiverse of Madness, Defender Strange merasa harus ambil andil dalam melindungi Multiverse.

Mengapa ada Banyak Doctor Strange?

Sementara Evil Strange sudah dikonfirmasi kehadirannya melalui teaser Multiverse of Madness, Marvel Studios masih bungkam terkait keterlibatan Defender Supreme. Namun, melihat pengalaman sebelumnya, tidak jarang apa yang dihadirkan di mainan MCU akan muncul juga di filmnya. Namun, terlepas dari berapa pun varian Strange yang hadir, hal tersebut memicu pertanyaan mengapa bisa ada banyak Doctor Strange dalam satu tempat dan waktu?

Yang jelas, mereka semua adalah varian, seperti yang diceritakan di serial Loki bahwa masing-masing universe mempunyai versi karakter dan kisahnya sendiri, di mana hal tersebut mempunyai kemungkinan yang sangat tidak terbatas. Dan jika melihat sejarah Strange Supreme dan Defender Strange, begitu juga dengan Doctor Strange di semesta utama, cukup masuk akan jika mereka menjadi sosok yang mengetahui Multiverse terlebih dahulu dari karakter lain di semestanya. Terlepas dari apa pun motifnya, mereka menyadari bahwa ada Strange lain di luar sana.

Dan kisah di Multiverse of Madness akhirnya memaksa mereka untuk bertemu. Saat Doctor Strange berusaha melindungi semestanya dari ancaman Multiverse, di sisi lain Strange Supreme mungkin ingin mencari universe lain di mana dia bisa hidup bahagia dengan Christine Palmer, sedangkan Defender Strange mempunyai motifnya sendiri yang masih misterius. Hal tersebut pada akhirnya membuat mereka bertiga bersinggungan, dan mungkin saling bertarung untuk mempertahankan motifnya masing-masing.

Itulah pembahasan mengapa ada banyak Doctor Strange di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Sepertinya akan menarik melihat ketiga Strange ini saling berhadapan. Kalian pilih Strange yang mana, Geeks? Meskipun kesaktian Strange Supreme sudah tidak diragukan lagi, Strange utama juga sudah mempunyai banyak sekali pengalaman, belum lagi Defender Strange yang mungkin juga sama hebatnya. Kita nantikan saja pertemuan mereka di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, yang dijadwalkan rilis pada 6 Mei 2022.