The Batman adalah salah satu film yang paling diantisipasi kehadirannya pada tahun 2022 mendatang. Disutradarai oleh Matt Reeves yang juga terlibat langsung dalam penulisan naskahnya bersama Peter Craig, film baru DC ini dibintangi oleh Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne alias Batman, Zoë Kravitz sebagai Selina Kyle alias Catwoman, Paul Dano sebagai Edward Nashton alias Riddler, Jeffrey Wright sebagai James Gordon, Andy Serkis sebagai Alfred Pennyworth, dan Colin Farrell sebagai Oswald Cobblepot alias Penguin.

Digadang-gadang akan menjadi film Batman yang paling mengerikan, The Batman sendiri dipastikan akan terpisah dari DC Extended Universe dan berlangsung di Earth-2. Dalam filmnya nanti, Bruce Wayne alias Batman yang baru dua tahun menjadi pelindung Kota Gotham akan menghadapi seorang penjahat misterius yang menyebut dirinya sebagai Riddler, kengerian yang dihadirkannya terlihat dari serangkaian pembunuhan yang dia lakukan untuk memancing Batman keluar dari persembunyiannya.

Banyak penggemar yang bertanya-tanya, mengapa film baru ini harus terpisah dari DC Extended Universe, sementara banyak proyek film DC lain masih menjadi bagian dari DCEU. Untuk menjawab hal tersebut, baru-baru ini, Matt Reeves dan produser Dylan Clark menjelaskan alasan di balik keputusan untuk membuat filmnya terpisah. Reeves berbicara pada majalah Empire bahwa jika filmnya terhubungan dengan DCEU, hal tersebut akan menghambat proses kreatifnya dalam menyalurkan gambaran Batman yang ada dalam pikirannya.

Senada dengan Reeves, Dylan Clark juga mengatakan bahwa Warner Bros. sangat setuju dengan ide yang dibawa oleh Reeves tersebut. “Warner Bros. memiliki multiverse di mana mereka mengeksplorasi berbagai cara untuk menggunakan karakter ikoniknya,” kata Clark pada Empire. “Kami tidak terlibat di dalamnya [DCEU]. Matt [Reeves] tertarik untuk mendorong karakter ini lebih jauh pada emosinya yang paling dalam dan mengguncangnya hingga ke intinya.”

Film The Batman bukan hanya menjanjikan kisah yang lebih dalam dan emosional saja, tetapi juga menghadirkan desain karakter yang sangat berbeda dari sebelumnya. Sebagai contoh, karakter Riddler di The Batman dihadirkan sebagai sosok mengerikan dengan topeng yang mengingatkan penggemar pada seorang pembunuh berantai Zodiac Killer, meninggalkan topi fedora ikoniknya yang berwarna hijau terang. Kita lihat saja nanti seberapa mengerikannya film The Batman, yang dijadwalkan rilis pada 4 Maret 2022.