Serial Hawkeye baru saja menyelesaikan penayangan episode terakhirnya dengan cukup baik. Tayang di saluran streaming Disney+, cerita Hawkeye sendiri berfokus pada salah satu pendiri Avengers, Clint Barton (Jeremy Renner), bersama calon penerusnya yang bernama Kate Bishop (Hailee Steinfeld). Dalam petualangannya kali ini, mereka harus berhadapan dengan sekelompok mafia brutal yang terkenal dengan pakaian tracksuit mereka, yaitu Tracksuit Mafia.

Seiring berjalannya serial Hawkeye, terungkap bahwa Tracksuit mempunyai mempunyai beberapa orang kuat di belakangnya, seperti Maya Lopez, Kazi, dan sang genius kriminal Kingpin di atas semuanya. Di ending Hawkeye, akhirnya semua karakter menemui akhir perjalanan mereka dalam konflik malam Natal yang seru dan menegangkan. Clint akhirnya diperlihatkan berdamai dengan Yelena setelah pertarungan yang mengharukan, kemudian Kazi dan Maya terpaksa harus bertarung karena pada akhirnya jalan yang mereka pilih berbeda, dan terakhir Kate bertarung habis-habisan untuk mengalahkan Kingpin.

Pada saat polisi datang ke tempat kejadian untuk menangkap ibu Kate, Eleanor Bishop, dan juga Kingpin, ternyata Kingpin sudah menghilang, padahal sebelumnya dia terkena ledakan panah milik Kate. Menjelang credit Hawkeye, Kingpin yang terluka bertemu dengan Maya yang menodong kepalanya dengan pistol, karena sekarang dia sudah tahu bahwa yang telah menyuruh Ronin untuk membunuh ayahnya adalah Kingpin. Saat kamera menjauh, terdengar suara tembakan yang tampaknya mengakhiri hidup Kingpin. Namun, apakah dia benar-benar mati? Bagaimana nasibnya pada masa depan MCU? Mari kita bahas, Geeks.

Kingpin Terlalu “Kuat” untuk Mati

Meskipun tubuhnya gempal dan tampak seperti manusia biasa, ternyata Kingpin jauh lebih kuat dari yang dibayangkan sebelumnya. Di serial Hawkeye, pertama kali Kingpin unjuk kekuatan adalah ketika dia membuka pintu mobil sampai terlempar, kemudian dia juga terlihat tidak mati meskipun di panah tepat di dada dan ditabrak mobil. Saat terkena ledakan panah Kate juga dia masih mampu melarikan diri dari tempat kejadian.

Jadi apakah tembakan pistol akan membunuhnya? Jawabannya mungkin saja “iya”, tetapi jika begitu, hal tersebut akan sangat menyia-nyiakan karakter Kingpin di MCU, sehingga dia akan lebih baik tetap hidup dan menjadi ancaman besar pada masa depan MCU. Kingpin mempunyai sejarah yang sangat panjang di Marvel Comics, dia adalah penguasa dunia bawah Kota New York yang mempunyai banyak relasi kuat di pemerintahan dan dunia kriminal.

Ancaman yang dia bawa terbukti sering membuat kewalahan banyak superhero Marvel, termasuk Daredevil, Spider-Man, dan bahkan Avengers. Jadi membuat dia mati hanya dalam satu serial saja sangat menyia-nyiakan sang Genius Kriminal ini. Di Marvel Comics sendiri, ada adegan yang mirip seperti di ending Hawkeye ketika Maya menodongkan pistol ke kepala Kingpin.

Di komik Daredevil Vol. 2 #15 (2001), diceritakan bahwa ayah Maya Lopez bekerja pada Kingpin. Karena sebuah kejadian, Kingpin menyuruh seseorang untuk membunuh ayah Maya, sama seperti di serialnya. Mengetahui Maya yang mempunyai kemampuan refleks fotografi, Kingpin kemudian mengadopsinya dan memfitnah Daredevil sebagai pembunuh ayahnya. Saat dewasa, Maya kemudian bertarung melawan Daredevil untuk membalaskan dendamnya, syukurnya sebelum Daredevil kalah, dia berhasil meyakinkan bahwa Kingpin telah memfitnahnya dan dia adalah pembunuh ayah Maya yang sebenarnya.

Mengetahui fakta mengejutkan tersebut, Maya kemudian mencari ayah angkatnya dan menembaknya tepat di kepala. Namun, bukannya mati, Kingpin ternyata masih hidup dan hanya mengalami kebutaan sementara. Sejak saat itu Maya pun menjalani kehidupannya, terlepas dari Kingpin untuk selamanya. Setelah kejadian tersebut, Kingpin tumbuh makin kuat dari sebelumnya, menjadi wali kota dan menandatangi pelarangan superhero di Kota New York. Dan di komik Devil’s Reign, saat ini Kingpin bahkan sedang mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat. Jadi, cukup jelas bahwa Kingpin terlalu kuat untuk mati.

Masa Depan Kingpin di MCU

Dengan sejarahnya yang panjang di komik, dan nama besarnya sebagai villain, kemungkinan besar Kingpin akan kembali pada masa depan MCU. Ada beberapa tayangan yang memungkinkannya untuk kembali hadir pada masa depan MCU. Yang pertama adalah serial Echo, di mana Maya akan berperan sebagai protagonis, sehingga sangat mungkin jika Kingpin kembali dan menuntut balas pada Maya atau hanya sekadar mencoba merangkulnya kembali karena dia sangat menyayangi Maya.

Yang kedua adalah serial atau film Daredevil pada masa yang akan datang. Kingpin di MCU sendiri diperankan oleh aktor Vincent D’Onofrio yang sebelumnya menjadi Kingpin di serial Netflix Daredevil (2015-2018). Dan aktor Charlie Cox juga dipastikan akan kembali ke MCU sebagai Matt Murdock alias Daredevil. Jadi, pertarungan ulang mereka di MCU sudah tidak terelakan lagi, selama Marvel Studios berniat menggarap serial atau film solo untuk karakter Daredevil.

Dan yang ketiga, Kingpin bisa muncul di trilogi Spider-Man selanjutnya. Eksekutif Sony Pictures Amy Pascal dan Presiden Marvel Studios Kevin Feige, baru-baru ini sempat mengatakan bahwa film Spider-Man: No Way Home yang saat ini sedang tayang bukan lah kisah terakhir Spider-Man MCU, mereka berjanji akan mengembangkan trilogi selanjutnya untuk Spider-Man yang diperankan oleh Tom Holland. Dan Kingpin adalah salah satu villain yang bisa menjadi ancaman di petualangan Spider-Man sebelumnya, sama seperti di Marvel Comics.

Itulah pembahasan nasib masa depan Kingpin di MCU dan bagaimana dia bisa selamat dari tembakan Maya di ending Hawkeye. Jika, Kingpin benar-benar masih hidup, di mana hal tersebut sangat diharapkan oleh penggemar juga, sepertinya akan menarik melihatnya menjadi salah satu ancaman besar pada masa depan MCU. Bagaimana menurut kalian, Geeks?