Marvel Universe adalah semesta yang sangat luas, belum lagi jika menghitung Multiverse yang ada di dalamnya. Dengan luasnya semesta Marvel tersebut, ada satu senjata yang namanya mungkin sudah terkenal sampai ke ujung Marvel Universe, yaitu Mjolnir. Sebagai senjata sakti Asgardian, Mjolnir sering diceritakan sebagai katalis yang menghubungkan sang Dewa Petir Thor dengan kekuatan dewa yang sangat dahsyat.

Namun, apa jadinya jika Mjolnir digunakan oleh orang lain? Bisa dibilang siapa pun yang “layak” akan bisa menggunakan Mjolnir, dan di Marvel Universe sendiri ada beberapa karakter yang terbukti layak dan sangat hebat ketika menggunakannya. Dan dari beberapa karakter Marvel tersebut, lima di antaranya terbukti menjadi pengguna paling kuat. Siapa saja mereka? Berikut 5 pengguna Mjolnir paling kuat di Marvel Universe!

Thor

Karakter pertama di daftar ini tidak lain adalah Son of Odin alias Thor sendiri. Sebagai pengguna asli Mjolnir, Thor telah membuktikan kehebatannya sejak pertama kali Mjolnir diperkenalkan pada tahun 1962 di Marvel Comics. Di tangan Thor, salah satu kehebatan Mjolnir dibuktikan ketika palu sihir ini digunakan untuk memanipulasi badai. Thor mampu menggunakannya untuk mengontrol elemen dasar badai, termasuk hujan, angin, dan petir. Walaupun pada dasarnya Thor sendiri sudah mampu memanipulasi badai, tetapi dengan Mjolnir kekuatannya jauh lebih mudah untuk dikeluarkan dan juga lebih dahsyat.

Captain America

Bisa dibilang salah satu faktor kelayakan seorang pengguna Mjolnir bisa dilihat dari nilai-nilai kepahlawanannya. Dan Steve Rogers alias Captain America adalah salah satu superhero yang paling menjunjung tinggi moral kepahlawanan. Sejak pertama kali diceritakan di Marvel Comics, Captain America adalah superhero yang mengedepankan nilai-nilai kebebasan, keadilan, dan kemerdekaan di Marvel Universe. Oleh karena itu, ketika Captain America mampu menggunakan Mjolnir, Thor mengakuinya sebagai sosok yang paling layak untuk menggunakan Mjonir, tentu saja setelah dirinya.

Puddlegulp

Tidak ada yang menyangka jika seekor katak bisa menggunakan Mjolnir yang terkenal mempunyai kekuatan dahsyat. Bukan hanya itu bahkan katak sakti yang bernama Puddlegulp ini menjadi salah satu pengguna Mjolnir paling kuat. Setelah Thor kembali ke Asgard, dia meninggalkan pecahan Mjolnir di Central Park, Amerika, secara tidak sengaja. Tidak lama setelah itu, Puddlegulp mengambilnya dan pecahan tersebut berubah menjadi Mjolnir mini yang kekuatannya sama dahsyatnya dengan yang asli. Sejak saat itu, katak super ini menggunakan Mjolnir untuk melindungi Kerajaan Hewan dari segala ancaman.

Beta Ray Bill

Salah satu pengguna Mjolnir yang terkenal selain Thor adalah Beta Ray Bill. Saat Beta pertama kali meggunakan Mjolnir, banyak penggemar yang terkesan dengan kelayakannya. Namun, pada akhirnya terungkap bahwa dia adalah saudara tiri Thor dari ibu yang berbeda. Dengan darah Odin yang mengalir padanya, awalnya Beta menggunakan kekuatan dan Mjolnir-nya untuk melindungi rakyatnya di Planet Korbin, tetapi setelah semestanya dihancurkan oleh Surtur, dia mulai berkeliling galaksi untuk menuntut balas. Sama seperti Thor, selain Mjolnir, Beta Ray Bill juga bisa menggunakan Stormbreaker.

Jane Foster

Ketika Thor kehilangan kelayakannya, dan tidak ada satu orang pun yang bisa menggunakan Mjolnir, Jane Foster yang merupakan seorang wanita Bumi biasa dan merupakan kekasih Thor, muncul dan mengangkat Mjolnir dengan gagah perkasa. Selain diakui langsung oleh penggemar sebagai pengguna Mjolnir paling hebat, Marvel juga memperlihatkan betapa hebatnya Jane ketika menggunakan Mjolnir untuk kebajikan. Bukan dari segi kekuatan saja, tetapi Jane juga membuktikan bahwa selama menggunakan Mjolnir, dia telah menginspirasi banyak superhero lain, termasuk Thor sendiri.

Itulah 5 pengguna Mjolnir paling kuat di Marvel Universe. Menariknya, beberapa di antaranya sudah unjuk kekuatan juga di Marvel Cinematic Universe, seperti Thor dan Captain America, membuktikan kelayakan mereka pada penggemar secara lebih luas. Sedangkan untuk Jane Foster, dia akan memperlihatkan kekuatannya dalam menggunakan Mjolnir di film Thor: Love and Thunder mendatang, yang dijadwalkan rilis di bioskop pada 8 Juli 2022. Kita nantikan saja aksinya ya, Geeks.