Kejutan besar terjadi di chapter terbaru seri manga Boruto: Naruto Next Generation. Naruto yang seharusnya menjadi penyelemat dan menyelamatkan Kawaki serta Boruto, justru diselamatkan oleh Kawaki yang mendapatkan “peningkatan kekuatan” setelah segel Karmanya kembali. Hal ini tentunya memunculkan berbagai pertanyaan apakah artinya Isshiki Otsutsuki kembali hidup? Apakah Isshiki yang mengambil alih tubuh Kawaki?

Chapter 65 dibuka dengan momen di mana Boruto masih kesakitan pada bagian tubuhnya. Tidak diketahui apa yang membuat Boruto mengerang kesakitan, tetapi banyak yang menduga bahwa hal itu efek dari pil Amado yang dia minum. Dalam momen tersebut, Boruto kemudian bertemu dengan Momoshiki. Momen ini sama dengan momen saat Momoshiki hendak menanamkan segel Karmanya ke tubuh Boruto.

Setelah sempat berbincang dengan Boruto, Momoshiki pun kemudian mengambil alih tubuh Boruto dan menggantikannya untuk bertarung menghadapi Code. Dan seperti yang bisa diduga, kemampuan Momoshiki jauh berada di atas Code, yang mana hal ini membuat Code kewalahan dengan teknik Rasengannya yang dahsyat. Di sisi lain, Kawaki sendiri merasa khawatir dengan sosok Boruto.

Kawaki berusaha untuk membuat Boruto sadar dengan menyerangnya, tetapi Momoshiki terlalu kuat bagi Kawaki. Situasi pun semakin pelik dengan kemunculan Naruto dan Shikamaru. Eida sendiri sudah memperingatkan Code untuk kabur, tetapi Code sepertinya masih mau bertarung atau setidaknya sampai Kawaki mau ikut bersamanya. Sayangnya, masalah datang lagi ketika Naruto harus berhadapan dengan beberapa situasi sekaligus..

Shikamaru berada di bawah ancaman Code. Sedangkan Boruto kehilangan kesadarannya, dan Momoshiki terus menyerang Kawaki yang berusaha menyadarkan Boruto. Melihat situasi ini, Momoshiki pun melakukan hal tidak terduga. Dia justru berbalik mendukung Code dengan berusaha menghabisi nyawa Naruto. Momoshiki pun kemudian menggunakan teknik Rasengan untuk menghabisi Naruto.

Tetapi, kejutan pun muncul. Ketika semua menduga Naruto sudah tewas akibat serangan Rasengan Borushiki, mereka semua dikejutkan dengan Rasengan tersebut seolah-olah terserap oleh sesuatu. Dan ternyata Kawaki yang sudah menyerap Rasengan tersebut dengan menggunakan segel Karma miliknya. Hal ini pun membuat Borushiki dan Code tidak percaya dengan apa yang terjadi.

Semua Ide Amado?

Apa yang terjadi kepada Kawaki pastinya memunculkan banyak sekali pertanyaan di benak Geeks semua. Namun, dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, bisa dipastikan bahwa kemunculan lagi segel Karma di tubuh Kawaki tidak ada kaitannya dengan Isshiki Otsutsuki. Kemunculan segel Karma di tubuh Kawaki ini berkaitan dengan rencana Amado sebelumnya untuk membuat Karma sebagai senjata.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Ini juga yang menjadi pertanyaan besarnya saat ini. Seperti yang dihadirkan dalam ceritanya, pasca kepulangan Kawaki dari pertarungan melawan Isshiki, Amado sempat diperlihatkan menawarkan Kawaki untuk mengaktifkan kembali Karma dalam dirinya. Menurut Amado, Karma yang sudah tertanam di tubuh seseorang masih akan tetap ada meskipun Otsutsukinya sudah tewas.

Tetapi, pada saat itu, Kawaki menolak mentah-mentah tawaran Amado. Dia tidak ingin dirinya sama seperti sosok Isshiki. Namun, sepertinya pemikiran Kawaki tersebut sudah berubah setelah apa yang diperlihatkan di chapter 65 ini. Seperti yang disebutkan oleh Amado dalam narasinya, segel Karma yang muncul dan digunakan oleh Kawaki kali ini benar-benar membuktikan ucapan Amado di mana Karma dirubah 100% menjadi senjata.

Ada kemungkinan, setelah menyadari bahwa dirinya tidak bisa berbuat banyak untuk membantu Boruto dan melindungi Konoha serta Naruto tanpa kekuatan Karma, Kawaki kembali berdiskusi dengan Amado terkait mengaktifkan kembali segel Karmanya. Kawaki mungkin akhirnya setuju untuk merubah segel Karma dalam dirinya menjadi sebuah senjata.

Bahkan, bukan hanya mengaktifkan kembali segel Karma dalam dirinya. Amado juga mungkin adalah sosok yang sudah memberi tahu Kawaki bagaimana caranya untuk bisa menghilangkan chakra identitasnya, sehingga dia bisa terbebas dari pengawasan ninja sensor dan kemudian pergi dari Konoha untuk bertemu dengan Code. Jadi, sebenarnya bukan Kawaki yang menemukan cara tersebut.

Satu hal lainnya, ada kemungkinan juga bahwa Amado yang ada di balik semua rencana besar Kawaki untuk menyerahkan diri kepada Code. Mungkin, Amado meminta Kawaki untuk menyerah kepada Code setelah segel Karmanya kembali aktif. Tetapi, tujuannya adalah sebagai taktik untuk menghancurkan Code. Maksudnya, Kawaki berpura-pura lemah dan menyerah demi Code membawanya ke markas persembunyiannya, dan disanalah Kawaki kemudian menyerang dan menghabisi Code.

Inilah mungkin alasan mengapa Amado khawatir terhadap Kawaki, saat Sai mengatakan pada Amado bahwa kemungkinan Kawaki bertarung menghadapi Code bersama Boruto. Amado tidak ingin Kawaki menggunakan kemampuan tersebut sampai waktunya tiba. Apakah artinya Amado berada di pihak Konoha? Atau Amado memiliki agendanya sendiri? Mudah-mudahan saja semuanya bisa terjawab dalam waktu dekat ya Geeks!