Sejak beberapa tahun ke belakang, saluran streaming raksasa Netflix telah memperlihatkan minatnya pada tayangan anime dengan menayangkan ulang beberapa anime menarik di saluran streamingnya. Tidak berhenti sampai di situ saja, Netflix juga mulai mengembangkan tayangan yang diadaptasi dari anime populer, mengingat banyaknya penggemar anime di seluruh dunia. Untuk saat ini saja ada 6 judul live action anime yang tengah mereka garap dan tentunya sangat diantisipasi oleh para penggemar. Apa saja tayangan live action tersebut? Simak di bawah ini, Geeks.

Alice in Borderland Season 2 (2022)

Alice in Borderland adalah serial thriller fiksi ilmiah yang diadaptasi dari manga berjudul sama karya Haro Aso. Pertama kali tayang pada tahun 2020 lalu, serialnya disutradarai oleh Shinsuke Sato, serta dibintangi oleh Kento Yamazaki sebagai Ryōhei Arisu dan Tao Tsuchiya sebagai Yuzuha Usagi. Plot utama serialnya menceritakan sekelompok orang yang terperangkap di Kota Tokyo misterius, di mana mereka dipaksa untuk bersaing dalam permainan berbahaya, jenis dan kesulitannya sendiri ditentukan oleh kartu remi.

Berkat kesuksesan serialnya, pada bulan November lalu dalam acara virtual Japan Festival, Netflix telah mengungkapkan bahwa mereka sedang menggarap Alice in Borderland Season 2, dengan showrunner dan aktor yang sama seperti season sebelumnya. Serial Alice in Borderland Season 2 diharapkan tayang pada tahun 2022 mendatang.

Yu Yu Hakusho (2023)

Pertama kali diumumkan pada tahun 2020 lalu, serial live action YuYu Hakusho akan mengadaptasi manga dan anime populer yang diciptakan oleh mangaka Yoshihiro Togashi pada tahun 90-an. Serialnya bercerita tentang seorang pemuda bernama Yusuke yang tewas karena menyelamatkan seorang anak kecil, agar bisa hidup kembali, dia harus melalui serangkaian tes akhirat dengan kemampuan barunya yang memungkinkan Yusuke bisa menembakan energi dari jari telunjuknya. Serial ini akan diproduseri oleh Kazutaka Sakamoto dan diproduksi oleh Akira Morii bersama studio produksi Robot Communications. YuYu Hakusho dijadwalkan tayang pada bulan Desember 2023.

One Piece (TBA)

Serial live action One Piece akan mengadaptasi kisah petualang Monkey D. Luffy bersama kru Bajak Laut Topi Jerami yang diciptakan oleh Eiichiro Oda, yang juga terlibat dalam serialnya sebagai eksekutif produser. Netflix mengonfirmasi bahwa serial One Piece akan mempunyai 10 episode dengan episode pertamanya yang berjudul “Romance Dawn”. Sutradara Marc Jobst dipastikan akan menggarap serialnya bersama showrunner Steven Maeda dan penulis Matt Owens

Meskipun plot live action One Piece ini masih belum terungkap, tetapi beberapa aktor sudah dipastikan akan terlibat sebagai pemeran utamanya, seperti Iñaki Godoy sebagai Monkey D. Luffy, Mackenyu sebagai Roronoa Zoro, Emily Rudd sebagai Nami, Jacob Romero Gibson sebagai Usopp, dan Taz Skylar sebagai Sanji. Sedangkan untuk tanggal perilisannya kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya.

Gundam (TBA)

Dalam acara Anime Expo 2018, Legendary Pictures dan Sunrise pertama kali mengumumkan bahwa mereka akan berkolaborasi dalam memproduksi film live action Gundam. Naskah filmnya akan ditulis oleh Brian K. Vaughan (Y: The Last Man) yang juga bertindak sebagai produser eksekutif bersama Naohiroshi Ogata dari studio Sunrise, serta Mary Parent dan Cale Boyter dari Legendary Pictures. Sedangkan untuk kursi sutradara akan diisi oleh Jordan Vogt-Roberts (Kong: Skull Island). Dari gambar pertama yang dirilis oleh Netflix beberapa waktu lalu, terlihat Gundam RX-78-2 yang berdiri dengan gagah sambil dikelilingi kobaran api. Sampai saat ini tanggal rilisnya masih belum diumumkan.

Sword Art Online (TBA)

Proyek live action Sword Art Online ini pertama kali diumumkan pada tahun 2016 silam dengan Skydance Television yang dipastikan akan memproduksi serialnya. Sama seperti animenya, serial live action SAO akan berfokus pada Kazuto “Kirito” Kirigaya dan Asuna Yuuki yang terlibat dalam permainan virtual reality MMORPG. Naskahnya akan ditulis oleh Laeta Kalogridis yang juga bertindak sebagai produser eksekutif bersama CEO Skydance David Ellison, Dana Goldberg, dan Marcy Ross. Melihat potensi dari serialnya, pada Februari 2018, Netflix membeli hak atas penayangan serial live action Sword Art Online yang sampai saat ini tanggal perilisannya masih dirahasiakan.

Death Note 2 (TBA)

Film live action Death Note versi Amerika ini pertama kali tayang di Netflix pada tahun 2017, diadaptasi dari manga populer karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Namun, pada saat itu film yang disutradarai oleh Adam Wingard ini mendapatkan banyak kritik negatif karena dianggap tidak menghormati materi aslinya terkait karakter alur ceritanya. Seakan belum menyerah dengan waralabanya, beberapa waktu lalu Netflix mengumumkan bahwa mereka akan mengembangkan sekuelnya dengan Greg Russo (Mortal Kombat 2021) sebagai penulis naskahnya. Untuk tanggal perilisan Death Note 2 masih belum terungkap.

Itulah 6 tayangan live action anime yang saat ini sedang digarap oleh saluran streaming Netflix. Terlepas dari beberapa adaptasi yang kurang berhasil baru-baru ini, seperti live action Cowboy Bebop, tampaknya Netflix cukup yakin dengan keenam adaptasi barunya ini. Masih perlu dilihat apakah Netflix akan belajar dari kesalahan terdahulunya dan membuat keenam tayangan lebih baik. Kita lihat saja perkembangannya nanti ya, Geeks.