Setiap tahun, hampir semua developer berlomba-lomba membuat game dengan durasi permainan yang panjang. Selain dengan memasukkan cerita yang kompleks, biasanya developer juga memasukkan berbagai side mission atau side quest, untuk menambah durasinya. Developer juga bisa mengusung konsep open world, di mana biasanya pemain bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mengeksplorasi dunia yang luas, tanpa harus menyelesaikan misi utamanya.

Terkadang, game dengan durasi panjang berakhir dengan kesuksesan. Contohnya adalah beberapa seri Far Cry, Grand Theft Auto, Assassin’s Creed, dan Watch Dogs. Namun ada juga game yang dianggap gagal, seperti Anthem dan Ghost Recon Breakpoint. Game-game yang dianggap gagal tersebut memang memiliki durasi panjang, namun karena minim fitur dan hal menarik, gamenya menjadi repetitif sehingga orang-orang malas menyelesaikan dan meninggalkannya.

Berbanding terbalik dengan Anthem dan Ghost Recon Breakpoint yang mulai ditinggalkan, Resident Evil Village justru menjadi game yang paling banyak diselesaikan pemain (hingga tamat), di tahun 2021 ini. Hal tersebut diungkap oleh HowLongtoBeat, sebuah situs yang mengambil data setiap game untuk melihat game apa saja yang dimainkan hingga selesai, dan game mana saja yang tidak diselesaikan, alias tidak ditamatkan.

Nah menurut HowLongtoBeat, Resident Evil Village menjadi game yang paling banyak ditamati. Sementara di tempat kedua terdapat game Metroid Dread dan Ratchet dan Clank: Rift Apart. HowLongtoBeat juga memberikan nama-nama game yang ternyata tidak ditamatkan oleh para pemainnya. Di daftar pertama ada Twelve Minutes, dan disusul game lainnya seperti Loop Hero dan The Ascent.

Untuk Resident Evil Village, game tersebut memang memiliki cerita yang menarik, sehingga wajar gamenya ditamati pemain yang membelinya. Resident Evil Village merupakan game linear, sehingga untuk mengetahui cerita akhirnya, maka kalian benar-benar harus menyelesaikan mode single playernya. Dan lagi, Resident Evil Village juga berhasil masuk dalam nominasi game award tahun 2021, sehingga banyak orang yang penasaran dengan cerita yang dihadirkan. Walau cukup sukses, tetapi Resident Evil Village gagal menyandang gelar game terbaik di tahun 2021 ini.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.