Setelah penantian yang cukup panjang, akhirnya penggemar di seluruh dunia bisa merayakan perilisan film Spider-Man: No Way HomeĀ di bioskop, menutup akhir tahun dengan film terbaru Marvel Cinematic Universe yang digadang-gadang menjadi akhir dari kisah Peter Parker alias Spider-Man pada masa SMA. Selain menjanjikan kisah yang penuh dengan kejutan, film ini juga menghadirkan banyak karakter dari waralaba Spider-Man sebelumnya yang dapat membuat para penggemar bernostalgia.

Film No Way Home dipastikan akan melibatkan para villain lama seperti Green Goblin, Doctor Octopus, dan Sandman dari waralaba Spider-Man Sam Raimi, bersama Lizard dan Electro dari waralaba The Amazing Spider-Man. Hal tersebut seakan mengindikasikan kerja sama antara Sony Pictures dan Marvel Studios yang makin harmonis. Sony sendiri adalah pemegang hak atas karakter Spider-Man yang “meminjamkannya” pada Marvel. Meskipun awalnya banyak yang mengira No Way Home adalah kolaborasi terakhir mereka, ternyata hal tersebut dibantah langsung oleh Sony dan Marvel.

Belum lama ini eksekutif Sony Amy Pascal mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk membuat trilogi selanjutnya untuk Spider-Man MCU, kemudian Presiden Marvel Studios Kevin Feige juga mengumumkan bahwa mereka sudah mulai mengembangkan film keempat Spider-Man. Seakan kabar tersebut masih belum cukup membahagiakan penggemar, baru-baru ini, Pascal kembali memberikan sedikit bocoran terkait masa depan Spider-Man di film keempatnya nanti.

Dalam sesi wawancaranya dengan The New York Times, Pascal mengatakan bahwa film Spider-Man 4 mendatang akan mencoba untuk melebihi No Way HomeĀ dari segi kualitas dan emosi yang disampaikan. “Dalam hal tontonan, kita harus bisa melampaui diri sendiri. Karena jika tidak, film akan makin lebih besar tanpa alasan, dan itu bukan hasil yang baik,” kata Pascal. “Kami ingin selalu mencoba untuk mengungguli diri kami sendiri dalam hal kualitas dan emosi.”

Amy Pascal juga menegaskan bahwa dia dan Kevin Feige sepakat bahwa sekuel Spider-Man selanjutnya akan tetap menekankan pada kehidupan remaja Peter Parker. Mengingat kisahnya di No Way Home sudah cukup besar, dengan melibatkan Multiverse dan banyak supervillain, kemungkinan film keempatnya nanti tidak akan seheboh film ketiganya tersebut. Namun, tetap menghadirkan kualitas dan emosi yang lebih dalam tentang petualangan baru Spider-Man yang lebih mandiri dari sebelumnya. Kita nantikan saja akan seperti apa petualangan Spider-Man selanjutnya ya, Geeks.