Boba Fett adalah salah satu karakter populer di semesta Star Wars yang akhir-akhir ini mulai kembali ramai dibicarakan, karena sebentar lagi dia akan hadir dengan serial solonya sendiri yang berjudul The Book of Boba Fett. Dia adalah seorang prajurit Mandalorian dan pemburu hadiah dari Clan Fett yang karirnya membentang selama beberapa dekade, dari mulai runtuhnya Galactic Republic, sampai akhir kekuasaan Galactic Empire. Dengan armor Mandalorian, persenjataan mematikan, dan karakternya yang pendiam, Boba Fett dikenal sebagai salah satu pemburu hadiah yang paling ditakuti di galaksi.

Selain namanya terkenal, Boba Fett juga dapat dengan mudah dikenali dari armor ikoniknya yang berwarna hijau. Armor mandalorian yang dia gunakan merupakan hasil modifikasinya sendiri, yang disesuaikan untuk kebutuhannya dalam memburu hadiah. Walaupun armornya terkesan tidak pernah berubah, pada kenyataannya armor Boba Fett berubah-ubah seiring waktu. Dari sejak dia pertama kali muncul, sampai nanti muncul di serial solonya sendiri, berikut berbagai perubahan armor Boba Fett!

Prototype Boba Fett (1978)

Sebelum melakukan debutnya di film Star Wars: The Empire Strikes Back yang dirilis pada tahun 1980, desain Boba Fett pertama kali dirancang oleh Ralph McQuarrie dan Joe Johnson pada tahun 1977. Dimaksudkan sebagai seorang pemburu hadiah, ide awal Boba Fett mengedepankan desainnya yang mengintimidasi sekaligus keren. Setahun kemudian, pada tahun 1978, desain tersebut diwujudkan seperti armor prototype Boba Fett berwarna putih ini. Armor ini pertama kali dikenakan oleh Duwayne Dunham saat screening test Boba Fett. Warna putihnya membuat Boba Fett tampak seperti salah satu stormtrooper spesial.

The Empire Strikes Back (1980)

Mungkin karena warna awalnya terlalu mirip seperti stormtrooper, warna armor Boba Fett diubah saat pertama kali muncul di layar lebar. Di The Empire Strikes Back, armor yang sebelumnya berwarna putih diberi warna hijau pada plat beskar di dada dan helmnya. Aksen merah dan kuning digunakan untuk memberi kesan yang lebih menarik. Jubahnya juga diganti dengan jubah berwarna krem dengan aksen oranye. Sedangkan bagian dalam bajunya dominan berwarna abu-abu. Di filmnya sendiri, armor ini dikenakan oleh aktor Jeremy Bulloch dan John Morton. Setelah diperlihatkan berhasil menangkap Han Solo, penggemar langsung jatuh cinta pada karakter dan desain Boba Fett ini.

Return of the Jedi (1983) & A New Hope (1997)

Setelah sukses dengan kemunculan pertamanya, Boba Fett kembali beraksi di film Star Wars: Return of the Jedi yang dirilis pada tahun 1983. Di film ini Boba Fett dianggap mati setelah Han Solo berhasil mengalahkannya dengan membuatnya masuk ke dalam mulut monster raksasa Sarlacc. Terlihat beberapa perubahan minor dari armor Boba Fett di Return of the Jedi. Armornya ini terlihat yang lebih usang dari sebelumnya, tetapi bagian lengannya diganti dengan armor berwarna merah yang membuat bagian tersebut lebih menonjol. Jubahnya juga menjadi lebih panjang dengan warna berwarna gelap.

Pada tahun 1997, Boba Fett kembali muncul di film prekuel berjudul Star Wars: A New Hope. Walaupun penampilannya cukup singkat, alih-alih mengenakan armor pertamanya, ternyata Boba Fett mengenakan armor yang sama seperti di Return of the Jedi. Di film prekuel ini, Boba Fett diperankan oleh Mark Austin yang pada saat itu berhasil membuat para penggemar bernostalgia dengan karakter favoritnya.

The Mandalorian (2020) & The Book of Boba Fett (2021)

Kemunculan kembali Boba Fett di serial The Mandalorian berhasil mengejutkan sekaligus membahagiakan para penggemar setia Star Wars. Di serial The Mandalorian, awalnya armor Boba Fett dikenakan oleh Cobb Vanth alias The Marshal. Namun, armor ini diminta oleh Mando dari Cobb Vanth setelah dia berhasil mengalahkan cacing besar yang menjadi ancama kota kecil tempat Marshal berada. Kemudian di episode “The Tragedy”, Boba Fett yang asli ternyata masih hidup dan meminta armor tersebut kepada Mando.

Armor barunya ini tampak sangat berbeda dari sebelumnya, pakaian di dalamnya diganti dengan warna hitam penuh yang juga menyembul di bagian lehernya. Bagian armor bahu yang sebelumnya dipasang di luar pakaiannya, sekarang di taruh setengahnya di bagian dalam. Banyak penggemar yang sangat terpikat dengan tampilan baru Boba Fett ini. Menariknya armor ini juga yang nanti akan dia pakai di serial solo The Book of Boba Fett mendatang.

Itulah perubahan armor Boba Fett dari tahun-ketahun, dari mulai masih bentuk protoype yang mirip stormtrooper, sampai armor dengan pakaian hitam yang membuatnya lebih sangar sebagai pemeran utama di The Book of Boba Fett nanti. Dengan armor yang terbuat dari logam beskar dan jetpack yang bisa membawanya terbang ini, tampaknya Boba Fett sangat siap untuk beraksi di serial solonya nanti, yang dijadwalkan rilis di saluran streaming Disney+ pada 29 Desember 2021. Dari berbagai armor Boba Fett ini, mana favorit kalian, Geeks?

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.