Dirilis pada tahun 2019 lalu, Alita: Battle Angel merupakan film live action bergenre cyberpunk dan aksi yang diadaptasi dari manga populer berjudul Battle Angel Alita karya Yukito Kishiro pada tahun 90-an. Pada saat itu, film yang diproduseri oleh James Cameron dan disutradarai oleh Robert Rodriguez ini cukup sukses di bioskop dengan menghasilkan pendapatan sekitar 5,8 triliun rupiah, dan beberapa pujian dari kritikus terkait penampilan Rosa Salazar sebagai Alita, adegan aksi, dan efek visual filmnya.

Film Alita: Battle Angel bercerita tentang cyborg bernama Alita yang terbangun dalam tubuh baru tanpa ingatan masa lalu, sehingga dia berusaha untuk mengungkap siapa jati dirinya dan seperti apa takdir yang menantinya pada masa depan. Di akhir petualanganya terungkap bahwa Alita sebenarnya adalah cyborg perang yang ditakdirkan untuk menghancurkan Zalem, kota surga yang mengambang di langit Kota Iron tempat Alita pertama kali ditemukan dalam keadaan lupa ingatan.

Baru-baru ini, saat mempromosikan serial The Book of Boba Fett kepada THR, sutradara Robert Rodriguez mengatakan bahwa dia masih tertarik untuk menggarap film sekuel Alita: Battle Angel dan rencananya dia akan mulai mengembangkannya setelah serial The Book of Boba Fett. “Jim [James Cameron] dan saya baru saja  membicarakannya, dan kami masih sangat tertarik. Saya mengatakan kepadanya, biarkan saya menyajikan Boba Fett terlebih dahulu, baru setelah itu mari kita cari kembangkan bersama.” kata Rodriguez.

Saat ini Rodriguez sendiri memang tercatat sebagai salah satu sutradara The Book of Boba Fett yang dijadwalkan tayang pada 29 Desember 2021. Selain itu dia juga terkenal dalam beberapa karya menarik lainnya, termasuk waralaba Spy Kids (2001-2003), film Sin City (2005), dan Machete Kills (2013). Sedangakan James Cameron juga adalah seorang sutradara veteran yang cukup aktif menggarap karya-karya sci-fi menarik, termasuk The Terminator (1984), Aliens (1986), dan Avatar (2009).

Dengan kabar baik tentang sekuel Alita: Battle Angel ini, tampaknya penggemar akan kembali senang, setelah sebelumnya sempat bertanya-tanya tentang kelanjutan kisah Alita. Mengingat waralaba Alita telah diambil alih oleh Disney dari 20th Century Fox, serta James Cameron sempat mengatakan bahwa dia tertarik untuk membuat tayangan serial, ada kemungkinan sekuelnya akan dibuat dalam bentuk serial yang akan tayang di saluran streaming Disney+. Di mana hal tersebut bisa saja membuat sekuel Alita: Battle Angel jauh lebih kompleks dan seru.