Jika berbicara tentang karakter superhero paling heroik sekaligus populer, Captain America adalah salah satunya. Sebagian besar penggemar Marvel mengenal Captain America sebagai identitas superhero yang dipegang oleh Steve Rogers. Hal tersebut tidak aneh, mengingat Steve adalah orang terlama yang membawa nilai-nilai kebebasan, keadilan, dan kemerdekaan di Marvel Universe, serta telah menggunakan perisai vibranium Captain America sejak lama. Namun, selain Steve ternyata ada orang lain yang sudah dipersiapkan Marvel sebagai penerus Captain America, dia adalah Vance Astrovik alias Major Victory.

Vance sendiri adalah superhero yang pertama kali diperkenalkan oleh Marvel pada tahun 1975 melalui komik Giant-Size Defenders #5 karya Don Heck dan Gerry Conway. Pada kemunculan pertamanya, Vance diceritakan sebagai seorang astronout abad ke-21 yang melakukan misi antariksa ke luar galaksi Bima Sakti. Dalam prosesnya Vance dibuat mati suri untuk sementara waktu, tetapi kegagalan mesin pesawat ruang angkasa membuatnya tidak pernah bangun sampai akhirnya pesawat tersebut jatuh pada abad ke-30. Kejadian tersebut membuat Vance menjadi mutan dengan kekuatan telekinesis.

Pada masa depan, Vance kemudian mengambil identitas superhero sebagai Major Victory dan bergabung dengan Guardians of the Galaxy. Di komik Guardians of the Galaxy yang dirilis pada tahun 90-an, Vance diceritakan mengetahui sebuah legenda tentang artefak kuno yang mempunyai bentuk seperti piringan cakram warna-warni. Percaya bahwa artefak tersebut dapat membuatnya tidak terkalahkan, Vance kemudian meminta bantuan timnya untuk menemukan perisai tersebut. Dia mengetahui bahwa artefak yang dimaksud adalah perisai Captain America, pahlawan abad ke-21 yang membawa nilai-nilai kebebasan dan keadilan.

Setelah berhasil menemukan perisai tersebut, Vance harus berhadapan dengan supervillain kosmik bernama Interface di komik Guardians of the Galaxy #6 (1990). Barulah setelah berhasil mengalahkannya, Vance dianggap layak sebagai penerus warisan Captain America. Karena Captain America Steve Rogers adalah pahlawan pada zaman aslinya, Vance sangat mengetahui moral apa saja yang dijunjung tinggi oleh Captain America, sehingga dia mulai menerapkan nilai-nilai kebebasan, keadilan, dan kemerdekaan pada dirinya sendiri.

Selain itu, dari segi sejarahnya di Marvel Universe, Vance juga mempunyai kisah yang mirip seperti Steve Rogers. Jika Steve adalah orang yang terjebak pada masa depan setelah terbangun dari es, Vance adalah orang yang terjebak pada masa depan setelah melakukan misi antariksa. Karena keberadaannya yang jauh pada masa depan, bisa disimpulkan juga bahwa Vance adalah karakter Marvel terakhir yang memegang perisai Captain America dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral yang diperjuangkannya.