Sejak Marvel Cinematic Universe diciptakan oleh Marvel Studios pada tahun 2008, sudah ada banyak sekali karakter superhero di dalamnya, salah satunya yang paling populer adalah Spider-Man. Sampai saat ini Spider-Man telah muncul di enam film MCU, termasuk Captain America: Civil War (2016), Avengers: Infinity Wars (2018), Avengers: Endgame (2019), dan tiga film solonya sendiri, yaitu Spider-Man: Homecoming (2017), Spider-Man: Far From Home (2019), dan Spider-Man: No Way Home yang saat ini sedang tayang.

Berbeda dengan karakter lainnya di MCU, Spider-Man adalah salah satu bentuk kerja sama antara Sony Pictures dan Marvel Studios, mengingat hak atas karakter Spider-Man masih dipegang oleh Sony. Meskipun awalnya penggemar mengira bahwa Spider-Man: No Way Home adalah kerja sama terakhir antara Sony dan Marvel, tetapi belum lama ini Sony mengumumkan bahwa mereka masih mempunyai rencana trilogi Spider-Man berikutnya bersama Marvel, di mana hal tersebut disambut dengan gembira oleh para penggemar.

Walaupun film Spider-Man: No Way Home masih tayang di bioskop, baru-baru ini, Presiden Marvel Studios Kevin Feige memberikan kabar baik lainnya dengan mengonfirmasi bahwa saat ini mereka sedang mengembangkan film Spider-Man 4. “Amy [Pascal] dan saya, bersama Disney dan Sony sedang membicarakan ke mana arah cerita [Spider-Man] selanjutnya,” kata Feige pada New York Times. “Saya katakan langsung karena saya tidak ingin penggemar mengalami trauma perpisahan seperti apa yang terjadi setelah Far From Home. Dan itu tidak akan terjadi kali ini.”

Pada tahun 2019, setelah perilisan Spider-Man Far From Home, penggemar sempat bersedih setelah mendengar kabar bahwa Sony dan Marvel berhenti bekerja sama. Itu artinya kisah Spider-Man di MCU berhenti di film keduanya. Namun, tidak lama setelah itu Sony mengumumkan bahwa mereka memutuskan untuk kembali bekerja sama dengan Marvel, dan melanjutkan kisah Spider-Man dengan film Spider-Man: No Way Home. Dan seiring berjalannya waktu, tampaknya hubungan antara Sony dan Marvel makin harmonis.

Sejauh ini masih belum jelas akan seperti apa film Spider-Man 4 nanti, yang jelas karakter Peter Parker alias Spider-Man dipastikan akan kembali diperankan oleh Tom Holland. Sedangkan untuk kursi sutradara, kemungkinan akan diisi oleh orang lain, mengingat saat ini Jon Watts sedang sibuk mengembangkan film Fantastic Four. Untuk saat ini kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya tentang Spider-Man 4 ini ya, Geeks.