Kemunculan sosok God dalam cerita One-Punch Man sepertinya berhasil merubah peta kekuatan dalam ceritanya. Sosoknya masih sangat misterius. Apakah God adalah sosok yang ada di balik semua kekuatan para karakter? Apakah dia yang memberikan semua kekuatan? Apakah dia juga yang membuat semua situasi seperti sekarang? Semuanya masih menjadi misteri sampai ONE dan Yusuke Murata menjawab semua itu.

Pada chapter 153 kemarin, para fans dikejutkan oleh kemunculan sosok God dalam bentuk fisik. Dalam chapternya, God diperlihatkan mengambil kekuatan dari Homeless Emperor juga nyawanya. Homeless Emperor sendiri tidak menyangka jika God akan muncul dan melakukan hal tersebut kepadanya. Sampai kemudian nyawanya benar-benar menghilang dengan tubuhnya yang melepuh.

Pertanyaan yang muncul dari Zombie Man di akhir chapternya juga cukup menarik. Dia bertanya apakah sosok God merupakan dalang di balik semuanya, sosok kuat yang membuat semua hal terjadi. Dan jika melihat apa yang terjadi pada Homeless Emperor dan apa yang menjadi kemampuannya, bukan tidak mungkin memang jika ada peran God dalam semua hal yang terjadi dalam cerita One-Punch Man.

Advertisements

Dalam artikel sebelumnya sempat dibahas bahwa sosok God kemungkinan dibangkitkan oleh seseorang, yang untuk saat ini kita masih belum tahu siapa. Hal tersebut berdasarkan apa yang dihadirkan pada chapter 115 versi terbaru (gambaran ulang Murata) di mana terdapat mural yang memperlihatkan sosok God, dan juga ada tulisan yang menyebutkan bahwa sosok God akan terlahir kembali ke dunia setelah ada pengorbanan.

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa God mungkin bertanggung jawab atas semua kekuatan para karakter. Artinya God juga mungkin bertanggung jawab atas kekuatan Saitama, meskipun ada kemungkinan juga bahwa Saitama mendapatkan kekuatannya bukan dari God. Dalam artikel sebelumnya pun sempat dibahas bahwa Saitama mungkin mendapatkan kekuatannya setelah dia menghancurkan pembatas (limiter) dalam dirinya.

Saitama Bukan Lagi Yang Terkuat

Dengan asumsi bahwa Saitama tidak mendapatkan kekuatan dari God, apakah dengan kemunculan God artinya Saitama tidak lagi yang terkuat? Bisa jadi. Selama ini, Saitama diperlihatkan menjadi sosok yang paling hebat di dunia. Tidak ada satu pun orang atau monster yang mampu menandingi kekuatan Saitama – kecuali Blast yang masih belum diketahui kekuatannya.

Kita juga tidak tahu sampai mana batas kemampuan dari Saitama, dan apakah Saitama sendiri memiliki batas dalam hal kekuatannya. Lalu, bagaimana dengan God? God memang baru ditampilkan sedikit dan belum banyak yang kita ketahui. Tetapi, dari apa yang diperlihatkan dalam chapter 153 kemarin, rasanya kita sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa memang sosok God adalah sosok yang kuat.

Dengan God mampu memberikan kekuatan kepada Homeless Emperor, mampu mencabut nyawanya, dan bahkan masyarakat zaman dahulu memujanya, artinya God bukanlah sosok sembarangan. Dia bukanlah manusia biasa seperti halnya Saitama. Sesuai namanya, dia adalah perwujudan dari tuhan yang dipuja oleh manusia – meskipun kita masih perlu konfirmasi lebih lanjut mengenai hal ini.

Advertisements

Pada intinya, dengan kemunculan God yang sudah memperlihatkan bagaimana kemampuannya, bisa dipastikan bahwa hal ini membuat peta kekuatan dalam seri One-Punch Man bergeser. Kini, sosok terkuat di serinya bukan lagi Saitama, melainkan sosok God. Hal ini wajar mengingat God adalah tuhan, sedangkan Saitama adalah manusia biasa yang berhasil melepas batasan dalam dirinya.

Menarik tentunya untuk melihat apa yang akan terjadi jika kemudian Saitama dan God saling bertarung. Apakah Saitama akan kehilangan kekuatannya karena God akan menyerap kekuatan tersebut? Bisa jadi. Meskipun God tidak memberikan kekuatan kepada Saitama, namun God bisa saja mencabut atau menyerap kekuatan tersebut dari Saitama. Dan bahkan dia juga bisa saja mencabut nyawanya seperti yang dilakukan terhadap Homeless Emperor. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter selanjutnya ya Geeks!

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/