Dimensi Grass Jelly

Satu lagi dimensi yang tidak berpenghuni, sama seperti Flowering Incense dan Actiniaria, yaitu dimensi Grass Jelly atau Cingcau dalam bahasa Indonesia. Mengapa disebut seperti itu, karena di dimensi ini banyak sekali kubus seperti cingcau yang mengambang dan berputar memperlihatkan masing-masing sisinya. Kubus-kubus tersebut berisi bola-bola cahaya yang memancarkan warna cerah. Dimensi Grass Jelly hanya bisa diakses melalui dimensi Astral, seperti yang Strange lakukan di film Doctor Strange. Di dimensi ini juga Strange pertama kali melihat dimensi Kegelapan, ketika salah satu kubus mendekat dan memperlihatkan gerbang yang menarik Strange ke dimensi Kegelapan.

Dimensi Kegelapan

Jika sebelumnya banyak dimensi yang tidak berpenghuni, dimensi Kegelapan mempunyai berbagai penghuni menakutkan yang dipimpin oleh entitas primordial bernama Dormammu. Dimensi Kegelapan atau Dark Dimension atau Purple Dimension adalah dimensi yang memungkinkan penyihir menarik energi kegelapan darinya, seperti yang dilakukan oleh Kaecilus di film Doctor Strange dan oleh supervillain Morgan le Fay di Marvel Comics.

Dimensi Kegelapan ini mempunyai nerakanya sendiri, sehingga bisa disimpulkan bahwa dimensi ini adalah salah satu realitas yang harus dihindari di Multiverse. Namun, berkat kecerdasannya dalam menggunakan Eye of Agamotto, Doctor Strange diceritakan berhasil membuat Dormammu bertekuk lutut setelah membuatnya terus kembali hidup walaupun Dormammu terus-menerus membunuhnya. Karena kesal, akhirnya Dormammu mengaku kalah pada Strange dan tidak jadi menguasai dunia nyata, padahal awalnya dia sangat ingin menguasainya.

Dimensi Mandelibus

Dari semua dimensi yang pernah dikunjungi Strange, dimensi Mandelibus adalah yang paling aneh dan menggelikan. Dimensi Manderibus diperlihatkan sebagai realitas paralel yang menyerupai terowongan tak berujung dan bercabang. Saat pertama kali mengunjungi dimensi ini di film solo pertamanya, Strange mengalami pengalaman yang menggelikan, wajahnya berubah menjadi batu, kemudian banyak tangan-tangan kecil yang merayap di tubuhnya, dan kemungkinan yang paling diingat oleh penggemar adalah ketika jari-jari Strange mengeluarkan tangan-tangan dan jari-jari kecil di ujungnya.

Dimensi Quantum 

Dimensi Quantum atau Quantum Realm pernah diakses juga oleh Doctor Strange. Selain Strange, beberapa karakter Marvel yang erat dengan dimensi Quantum adalah Ant-Man, Wasp, Hank Pym, dan istrinya Janet Van Dyne. Jika dimensi Cermin dianggap cukup dekat dengan dunia nyata, dimensi Quantum jauh lebih dekat lagi, karena pada dasarnya dimensi ini ada disekitar kita dengan bentuk yang sangat-sangat kecil. Sejauh ini yang terungkap di MCU ada dua cara untuk mengakses dimensi Quantum, yang pertama dengan Pym Particle ciptaan Hank Pym, dan yang kedua dengan Sling Ring seperti yang dimiliki oleh Doctor Strange.

Dimensi ini juga sangat dekat dengan timeline, karena seperti yang digambarkan di Avengers: Endgame, dimensi Quantum mempunyai bentuk seperti lorong-lorong waktu yang memungkinkan siapa pun yang bisa mengaksesnya bisa melakukan perjalanan waktu. Kemungkinan di film Avengers: Infinity Wars (2018), Strange mengakses dimensi ini untuk mengetahui cara mengalahkan Thanos saat berada di Planet Titan bersama Iron Man, Spider-Man dan para Guardians of the Galaxy.

Itulah 8 dimensi yang sejauh ini diperlihatkan bisa diakses oleh Doctor Strange. Meskipun dari kedepalan dimensi ini hanya ada beberapa saja yang diceritakan berhasil dikuasai oleh Doctor Strange, seperti dimensi Cermin, Quantum, Astral, dan Mandelibus, tetapi tidak menutup kemungkinan Strange juga bisa menguasai yang lainnya. Hal tersebut berdasarkan kebiasaan Strange yang pernah mengirim beberapa musuhnya ke dimensi alternatif, mungkin salah satunya ada dari kedelapan dimensi ini.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.