Doctor Strange adalah karakter Marvel yang digambarkan sebagai sosok yang menguasai berbagai ilmu sihir dan dimensi. Sebagai Sorcerer Supreme, dia memanfaatkan kecerdasannya untuk membagi waktunya sehingga dia bisa menguasai banyak ilmu sihir dalam waktu singkat. Selain itu, dia juga sering memanfaatkan waktunya untuk mempelajari dan beradaptasi dengan dimensi asing, yang mungkin hanya Strange satu-satunya manusia Bumi yang pernah mengunjunginya. Sejauh ini apa saja dimensi yang pernah dikunjungi Doctor Strange di MCU? Simak di bawah ini, Geeks.

Dimensi Actiniaria

Saat melakukan debut MCU-nya melalui film Doctor Strange pada tahun 2016, Stephen Strange yang memulai karier barunya sebagai penyihir Mystic Art, diperlihatkan berbagai dimensi alternatif oleh Ancient One, salah satunya yang dia kunjungi adalah dimesin Actiniaria. Sama seperti kebanyakan dimensi di MCU, Actiniaria adalah bagian dari Multiverse MCU. Dimensi Actiniaria sendiri adalah realitas yang berubah-ubah dengan sangat cepat, di dalamnya banyak benda seperti bola-bola seperti virus COVID-19 yang meledak-ledak seperti kembang api. Mungkin dimensi ini adalah dimensi virus yang bisa diakses oleh Sorcerer Supreme, termasuk Doctor Strange.

Dimensi Astral

Jika berbicara tetang Sorcerer Supreme, ada satu dimensi yang sering diperlihatkan pada orang awam, yaitu dimensi Astral. Dimensi ini pertama kali diperlihatkan di film Doctor Strange ketika Ancient One mengeluarkan arwah Strange dari tubuhnya. Dimensi Astral adalah realitas arwah yang memungkinkan Strange lepas dari jasadnya, dia bisa melakukan apa saja di dimensi Astral ini tanpa perlu takut kehabisan waktu, karena pada dasarnya dimensi Astral berjalan jauh lebih lambat dari kenyataan. Menurut budaya Wakanda, dimensi ini berada sangat dekat dengan kenyataan, di dimensi ini juga para jiwa-jiwa yang mati menetap.

T’Challa pernah mengunjungi dimensi Astral juga ketika dirinya diperlihatkan berkomunikasi dengan leluhurnya setelah meminum Heart-shaped Herb untuk menjadi Black Panther di film pertamanya. Karakter Marvel lain yang pernah mengunjungi dimensi Astral adalah Hulk saat dirinya meminjam Time Stone pada Ancient One di film Avengers: Endgame (2019), dan Scarlet Witch saat dirinya membaca buku sihir Darkhold di akhir serial WandaVision. Baru-baru ini, Strange juga menggunakan kemampuannya untuk mengirim Spider-Man ke dimensi Astral saat dia mencuri kotak Laachina Kadavus di trailer Spider-Man: No Way Home.

Dimensi Cermin

Jika dimensi Astral adalah realitas paralel yang dekat dengan kenyataan, dimensi Cermin justru lebih dekat lagi dengan kenyataan, karena dimensi ini bersebrangan dengan kenyataan di Bumi. Doctor Strange sangat menguasai dimensi Cermin ini, dia bahkan berani mengatakan bahwa di dimensi ini dia adalah penguasanya. Dimensi cermin dapat dengan mudah dikenali dari realitasnya yang seperti dunia cermin. Strange bisa membentuk dimensi ini sesuka hatinya, termasuk membengkokan, memadatkan, memunculan sesuatu yang dia mau, dan sebagainya, tanpa perlu takut akan berpengaruh pada dunia nyata.

Dimensi Flowering Incense

Sama seperti dimensi Actiniaria, dimensi Flowering Incense hanya bisa diakses oleh Strange melalui dimensi Astral. Di dimensi ini banyak sekali bentuk seperti bunga dupa yang bermekaran, terus-menerus menelan bentuknya sendiri dan mengeluarkannya lagi. Selain bunga, di sekeliling dimensi Flowering Incense terdapat asap dan debu seperti sisa-sisa pembakaran dupa. Jika melihat realitasnya yang seperti dupa. seperti yang digambarkan di film Doctor Strange, bisa dibayangkan betapa wanginya realitas alternatif yang satu ini.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2