Doctor Strange in the Multiverse of Madness merupakan sekuel Doctor Strange (2016) yang akan mengawali rangkaian film Marvel Cinematic Universe pada tahun 2022 mendatang. Film yang disutradarai oleh Sam Raimi ini, ditulis oleh Jade Bartlett dan Michael Waldron, serta dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai Doctor Strange, Elizabeth Olsen sebagai Scarlet Witch, Benedict Wong sebagai Wong, Rachel McAdams, Chiwetel Ejiofor sebagai Karl Mordo, dan Xochitl Gomez sebagai America Chavez.

Sebagai film MCU ke-28, Doctor Strange in the Multiverse of Madness digadang-gadang akan menjadi titik temu masalah multiverse yang terjadi pada awal Fase 4 MCU, termasuk yang baru-baru ini terjadi di film Spider-Man: No Way Home. Karena multiverse yang makin “menggila”, kabarnya hal tersebut akan menyebabkan beberapa karakter menarik muncul di Multiverse of Madness, salah satunya adalah Strange Supreme yang kabarnya disinggung di No Way Home. Seakan dua variant Doctor Strange masih kurang, baru-baru ini, terungkap bahwa akan ada variant ketiga Doctor Strange di filmnya nanti.

Variant ketiga Doctor Strange ini terungkap melalui sebuah action figure Marvel Legends yang rilis secara eksklusif di Target. Action figure variant ketiga Strange ini diberi nama “Defender Strange” dan merupakan bagian dari gelombang baru Marvel Legends edisi Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Selain Marvel Legends, Funko juga mempunyai versi Defender Strange untuk edisi Doctor Strange in the Multiverse of Madness mendatang.

Berbeda dengan Strange Supreme yang sudah diperkenalkan di serial animasi What If…?, sejauh ini Defender Strange masih misterius. Belum diketahui juga apa maksud dari kata “Defender” sebelum nama Strange. Jika merujuk pada Marvel Comics, Defenders adalah sebutan untuk sebuah tim super Marvel yang dikhususkan untuk menangani masalah ekstra dimensional atau multi-dimensi. Menariknya, sejak Defenders pertama kali diceritakan pada tahun 1971, salah satu anggotanya yang paling terkenal adalah Doctor Strange.

Jika benar variant ketiga Strange ini akan muncul di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness dan ada hubungannya dengan tim super Defenders, ada kemungkinan filmnya akan jauh lebih besar dan lebih berpengaruh pada MCU dari yang kita bayangkan sebelumnya. Masih perlu dilihat, plot seperti apa yang sebenarnya di tawarkan film kedua Doctor Strange ini. Jika tidak ada halangan, film Doctor Strange in the Multiverse of Madness akan dirilis di bioskop pada 6 Mei 2022.