Hawkeye adalah serial Marvel Cinematic Universe yang saat ini sudah memasuki minggu keempat penyangannya di serial streaming Disney+. Meskipun hype-nya tidak sebesar serial Loki yang membahas time travel dan Multiverse MCU, tetapi serial Hawkeye mempunyai “rasa unik” yang sangat sayang untuk dilewatkan. Apalagi serial ini menjadi serial pertama MCU yang berfokus pada salah satu pendiri Avengers, yaitu Clint Barton alias Hawkeye (Jeremy Renner), bersama calon penerusnya yang bernama Kate Bishop (Hailee Steinfeld).

Bukan hanya ceritanya saja yang seru, serial Hawkeye juga menghadirkan banyak karakter Marvel yang sangat menarik, termasuk Maya Lopez alias Echo (Alaqua Cox), Jack Duquesne alias Swordman (Tony Dalton), Wilson Fisk alias Kingpin (Vincent D’Onofrio), dan Yelena Belova alias Black Widow (Florence Pugh). Sementara kehadiran Maya dan Kingpin berhubungan dengan masa lalu Clint ketika dirinya menjadi Ronin, Yelena justru hadir untuk membunuh Clint sekaligus melampiaskan dendamnya karena menganggap Clint telah membiarkan Natasha Romanoff tewas di Planet Vormir.

Menariknya, di sela-sela perburuannya, Yelena sempat mengunjungi apartemen Kate dan berbicara santai sekaligus menegangkan dengannya. Dalam pembicaraan tersebut, Yelena sempat menyinggung beberapa lokasi yang ingin dia kunjungi, seperti gedung Empire State, Rockefeller Center, dan Patung Liberty, di mana ketiga lokasi tersebut sangat erat hubungannya dengan Spider-Man, bahkan dengan film Spider-Man: No Way Home. Mengapa bisa seperti itu? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

Empire State dan Rockefeller, Landmark Favorit Spider-Man

Dalam serial Hawkeye Episode 5, Kate diceritakan kembali ke apartemennya yang sempat terbakar saat diserang oleh Tracksuit Mafia. Namun, saat masuk ke dalam kamar apartemennya, Kate merasa ada bahaya yang mengincarknya. Tidak lama setelah itu terungkap bahwa Yelena sudah lebih dahulu masuk ke apartemen Kate. Dia kemudian mengajak Kate untuk berbicara santai sambil memakan makaroni keju kemasan yang dimasak olehnya, tetapi di sisi lain obrolan tersebut terasa menegangkan karena Kate tahu bahwa Yelena adalah seorang wanita yang dilatih sebagai mesin pembunuh, Black Widow.

Ada Easter Egg Spider-Man di Series Hawkeye!, Greenscene

Dalam obrolannya, Yelena yang bermaksud menanyakan keberadaan Clint, mengungkapkan bahwa ini adalah kujungan pertamanya ke Kota New York. Selain membunuh Clint, Yelena juga mempunyai beberapa wish list yang ingin dia penuhi di Kota New York. Dia menyebutkan bahwa dirinya sangat ingin mengunjungi Empire State dan Rockefeller Center. Sekilas mungkin lokasi tersebut hanya landmark biasa di Kota New York, tetapi sebenarnya bagi penggemar Marvel lokasi tersebut sangat ikonik dan merupakan lokasi favorit Spider-Man di Marvel Universe.

Sejak melakukan debutnya pada tahun 60-an, Peter Parker alias Spider-Man adalah superhero yang memiliki kemampuan untuk berayun dari gedung ke gedung, hal tersebut membuatnya terbiasa dengan ketinggian, dan bahkan membuatnya sangat menyukai tempat tinggi. Empire State dan Rockefeller Center adalah dua gedung di Kota New York yang sering muncul dalam cerita Spider-Man, baik di komik, animasi, maupun di film live action. Dalam beberapa titik di Marvel Universe, dua lokasi ini menjadi tempat Spider-Man menghabiskan waktunya ketika sendiri.

Ada Easter Egg Spider-Man di Series Hawkeye!, Greenscene

Spider-Man (Andrew Garfield) dari waralaba The Amazing Spider-Man (2012-2014), menjadikan atap gedung Empire State sebagai lokasi favoritnya untuk lari dari kebisingan kota, biasanya dia memanfaatkan lokasi tersebut untuk merenungi tugasnya sebagai superhero atau sekadar untuk mencari inspirasi. Hal yang sama dilakukan juga oleh Spider-Man (Tobey Maguire) dari waralaba Spider-Man (2002-2007) yang menjadikan gedung Rockefeller Center sebagai lokasi favoritnya, dia juga sering membawa MJ-nya berkunjung ke lokasi tersebut.

Patung Liberty Baru di Marvel Cinematic Universe

Selain Empire State dan Rockefeller Center, Yelena juga menyebutkan bahwa dia sangat ingin mengunjungi patung Liberty di Kota New York. Dan baru-baru ini, patung Liberty mendapatkan perhatian khusus dari para penggemar Spider-Man. Di trailer kedua Spider-Man: No Way Home, terungkap bahwa patung Liberty akan menjadi salah satu lokasi pertarungan Spider-Man melawan Electro, Lizard, dan Sandman. Dalam cuplikan trailernya, terungkap bahwa saat ini di MCU patung Liberty tersebut sedang dibangun ulang dan dipasangi perisai Captain America raksasa yang menutupi obor api di tangan kanan patung Liberty.

Ada Easter Egg Spider-Man di Series Hawkeye!, Greenscene

Yelena menyebutkan bahwa alasan mengapa dia sangat ingin melihat patung Liberty, karena sekarang patung tersebut tampil “lebih baru dan lebih bagus” menurutnya. Hal tersebut secara tidak langsung mengindikasikan bahwa obrolan antara Yelena dan Kate terjadi sebelum pertarungan Spider-Man di No Way Home. Karena jika patung Liberty menjadi lokasi pertarungan Spider-Man melawan tiga supervillain sekaligus, artinya tempat tersebut seharusnya sudah hancur dan Yelena akan berpikir ulang untuk mengunjungi lokasi tersebut.

Itulah tiga referensi Spider-Man yang disinggung oleh Yelena di serial Hawkeye Episode 5. Meskipun tidak menyebutkan nama Spider-Man secara langsung, tetapi penggemar tahu bahwa ketiga lokasi tersebut tidak bisa dipisahkan dari Spider-Man. Dan jika Yelena sungguh-sungguh ingin mengunjungi ketiga tempat tersebut, mungkin dia juga mempunyai “nalar” superhero yang membuatnya sangat ingin pergi ke lokasi tersebut, atau sederhananya mungkin hanya sebagai turis. Bagaimana menurut kalian, Geeks?