Film ketiga Spider-Man yaitu Spider-Man: No Way Home akhirnya resmi dirilis setelah sekian lama dinantikan oleh para fans. Masih disutradarai oleh Jon Watts dan dibintangi oleh Tom Holland, film ini berkisah tentang sosok Peter Parker dan apa yang terjadi setelah identitas rahasianya sebagai Spider-Man terbongkar. Hidup Peter benar-benar harus menderita akibat hal tersebut.

Seperti yang diperlihatkan dalam filmnya, setelah video dari Mysterio menyebar ke seluruh penjuru New York, sosok Peter Parker langsung menjadi sorotan banyak orang. Mereka terkejut bahwa di balik sosok Spider-Man ternyata hanyalah seorang anak remaja SMA. Bahkan, kehidupan pribadinya pun mulai terganggu karena semua orang penasaran dengan sosok Peter Parker.

Namun, selain bagaimana cerita tentang perjuangan Peter untuk menghadapi berbagai tekanan tersebut, ada juga elemen menarik lainnya yang muncul dalam cerita. Seperti yang diperlihatkan dalam filmnya, akibat ulah Peter akhirnya mantra yang dibuat oleh Strange menjadi berantakan. Akhirnya, berbagai karakter yang mengenal dengan sosok Peter Parker pun muncul di jagat sinematik MCU.

Contohnya adalah kemunculan Electro, Doc Ock, Lizard, Green Goblin, dan Sandman. Tetapi, bukan hanya itu saja. Kita juga melihat dua versi lainnya dari Peter Parker, yaitu versi Tobey Maguire dan Andrew Garfield. Kemunculan mereka terjadi setelah Ned tidak sengaja membuka portal yang pada awalnya bertujuan untuk mencari sosok Peter Parker.

Namun, yang justru muncul adalah dua Peter Parker dari universe lainnya. Akhirnya keduanya pun ikut bertarung dan membantu Peter Parker versi MCU untuk mengalahkan para villain yang ada di jagat Marvel ini. Kemunculan dua versi Spider-Man ini memanglah menarik, tetapi mungkin Marvel Studios juga sebenarnya sedang memberikan petunjuk tentang kemunculan Spider-Man lainnya – atau lebih tepatnya Spider-Girl.

Dalam adegan ketika Peter Parker, Ned, dan MJ hendak pergi ke sekolah, kita disuguhkan sebuah laporan berita dari seorang reporter bernama Betty Brant. Betty mengabarkan tentang kemunculan Peter dan yang lain di sekolahnya dan juga tentang identitasnya sebagai Spider-Man. Namun, sebenarnya Betty bukanlah sosok karakter biasa.

Bagaimana Betty Brant Jadi Spider-Girl?

Dalam salah satu cerita komik What If…? #7, diceritakan bahwa Betty Brant merupakan salah satu karyawan di Daily Bugle tempat Peter Parker bekerja. Dan suatu hari, Betty ikut bersama J. Jonah Jameson untuk meliput sebuah demonstrasi tentang radiasi yang diselenggarakan oleh rekan dari Jameson. Kebetulan, saat itu, Betty berada di tempat yang sama dengan Peter Parker, yang sedang bersama teman sekelasnya.

Dalam demonstrasi tersebut subyeknya adalah laba-laba. Namun, laba-laba tersebut kemudian kabur dan mendarat di tangan Bettu Brant. Dia pun terkena gigitan laba-laba yang teradiasi tersebut. Betty pun kemudian berubah menjadi sosok Spider-Girl, dan menjadi seorang pahlawan super di kota New York layaknya Spider-Man yang kita kenal selama ini.

Namun, meskipun dalam realita alternatif ini justru Betty Brant yang memiliki kekuatan super laba-laba, Peter Parker merupakan sahabat dari Betty. Bahkan, Betty dan Peter Parker bekerja sama untuk membuat kostum bagi Betty dan bahkan membuat web-shooter miliknya untuk digunakan dalam menumpas berbagai kejahatan di kota New York.

Seberapa Kuat Betty Brant Sebagai Spider-Girl?

Setelah Betty terkena gigitan laba-laba radioaktif, dia pun kemudian mendapatkan kekuatan laba-laba dan juga kekuatan super lainnya yang digunakan untuk melawan kriminal dan kejahatan lainnya. Berbagai kemampuan tersebut adalah kekuatan super, di mana Betty mampu menghancurkan apa pun dengan mudah. Contohnya adalah dia bisa menghancurkan robot atau mengangkat sampai maksimal 10 ton.

Kemudian, Betty juga memiliki kekuatan fisiologis laba-laba seperti mampu bergerak dengan cepat dan memiliki kelincahan yang luar biasa. Fakta menariknya adalah kemampuan Betty dalam hal kelincahan bahkan melebihi sosok Peter Parker. Betty juga memiliki kemampuan Spider-Sense dan kemampuan memanjat dinding, seperti para Spider-Army lainnya.

Sayangnya, seperti halnya Spider-Man versi MCU, sosok Betty Brant tidak bisa mengeluarkan jaring laba-laba dari lengannya. Dia harus menggunakan web-shooters untuk bisa menembakan jaring laba-laba. Meskipun begitu, hal ini tidak menjadikannya sebagai sebuah kelemahan. Betty tetaplah sosok Spider-Girl yang kuat yang siap menghadapi kejahatan.

Betty Brant di MCU

Dengan konsep multiverse yang sudah diperkenalkan dalam ceritanya, serta berbagai petunjuk yang juga sudah dihadirkan, bukan tidak mungkin memang jika kemudian pada masa yang akan datang MCU akan memperlihatkan Spider-Army lainnya. Atau mungkin kita akan melihat bagaimana transformasi Betty Brant dari karakter biasa menjadi Spider-Girl.

Lagipula, sempat juga ada petunjuk lainnya di mana Max Dillon menyinggung tentang Spider-Man berkulit hitam – yang tidak lain adalah Miles Morales atau bahkan Hobart Brown yang merupakan sosok di balik nama Spider-Punk. Memang, masih belum diketahui apa rencana Sony dan Marvel selanjutnya terhadap seri Spider-Man, meskipun ada kabar jika mereka akan memperpanjang kontrak kerja samanya.

Jika memang demikian, maka artinya bukan tidak mungkin jika pada masa yang akan datang kita akan melihat berbagai variasi Spider-Man yang berbeda, bukan hanya versi Peter Parker yang berbeda. Dan salah satu versi dari Spider-Man tersebut adalah Spider-Girl yang merupakan Betty Brant.

Kemunculan sosok Betty Brant sebelumnya dalam film Homecoming, mungkin belum memberikan petunjuk apa pun mengenai kemungkinan kemunculan Spider-Girl. Tetapi, dengan kehadiran dari Peter Parker versi Andrew Garfield dan Tobey Maguire, membuat peluang untuk menghadirkan Spider-Girl mulai muncul. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.