Monkey D. Luffy merupakan protagonis utama dalam seri One Piece karya Eiichiro Oda. Luffy selalu diperlihatkan memiliki cita-cita untuk menjadi seorang bajak laut, dan pergi ke pulau terakhir untuk menemukan One Piece. Namun, untuk bisa mewujudkan mimpinya tersebut Luffy harus menghadapi berbagai rintangan. Seperti melawan bajak laut lain, angkatan laut, bahkan Yonko.

Beruntung, Luffy memiliki kekuatan yang tangguh serta kemampuan buah iblis Gomu Gomu, di mana berkat buah iblis tersebut Luffy bisa memiliki badan dan anggota tubuh yang lentur seperti karet. Tetapi, akan lebih baik tentunya jika kru Topi Jerami lainnya juga memiliki kekuatan buah iblis. Sejauh ini, baru Nico Robin, Chopper, Brook, dan Luffy yang memiliki kekuatan buah iblis.

Berkaitan dengan hal tersebut, ada sebuah hal menarik yang muncul di kolom SBS Volume 98 kemarin. Di kolom tersebut seorang fan bertanya mengenai buah iblis apa yang dirasa pantas menurut Oda Sensei untuk dikonsumsi oleh Zoro, Nami, Usopp, Sanji, dan Franky.

Oda Sensei kemudian menjawab bahwa pertanyaan tersebut menarik dan kemudian menegaskan jawabannya. Menurut Oda, Roronoa Zoro cocok untuk mengonsumsi buah iblis Uo Uo no Mi, Model: Seiryu. Di sisi lain, Nami dirasa cocok untuk mengonsumsi Goro Goro no Mi. Usopp sendiri dirasa cocok untuk mengonsumsi Poke Poke no Mi, sedangkan Sanji mengonsumsi Sui Sui no Mi.

Terakhir adalah Franky yang dirasa cocok untuk mengonsumsi Buki Buki no Mi. Yang menarik dari jawaban Oda tersebut adalah buah yang dirasa cocok untuk Zoro, yaitu Uo Uo no Mi, Model: Seiryu. Pemilik buah iblis tersebut saat ini tidak lain adalah Kaido. Hal inilah yang membuat fans banyak berspekulasi dan berteori tentang banyak hal dari Zoro dan buah iblis.

Goro Goro no Mi juga dirasa memang cocok dimiliki oleh Nami. Hal ini dikarenakan Nami memang memiliki kemampuan untuk mengendalikan cuaca, dan petir merupakan salah satu senjata utama yang dia andalkan. Contoh nyatanya adalah teknik Thunder Lance Tempo, yang berhasil membuat Kalifa takluk dan juga membuat Ulti tidak sadarkan diri.

Sedangkan Poke Poke no Mi cocok bagi Usopp, mengingat dia adalah sosok kreatif yang sering menciptakan sesuatu. Dengan adanya buah iblis ini, Usopp bisa lebih banyak menaruh atau menyimpan benda-benda yang digunakan dalam pertempuran. Dan ini tentunya bisa membantu Usopp atau pun kru lainnya

Di sisi lain, mungkin keputusan dari Oda Sensei untuk tidak memberikan semua kru Topi Jerami kemampuan buah iblis adalah sebuah keputusan yang tepat. Karena, dengan begitu kita akan melihat berbagai kemampuan asli dari masing-masing karakternya, dan hal tersebut sudah terbukti.

Kita bisa melihat bagaimana Sanji dan Zoro bertarung secara epik, meskipun mereka tidak memiliki buah iblis. Contohnya adalah ketika Zoro menghadapi King saat ini. Tanpa kemampuan buah iblis pun Zoro diperlihatkan sudah sangat luar biasa, di mana dia sanggup bertahan dalam pertarungannya. Kemudian pertarungan antara Sanji dan Queen.

Tanpa perlu menggunakan buah iblis sekali pun, Sanji mampu menahan serangan dahsyat Queen. Bahkan, saat ini, situasinya mulai berbalik di mana Sanji yang mampu untuk menaklukan Queen meskipun dia menggunakan semua teknologi dari Germa 66. Terlepas dari hal tersebut, memang akan menarik untuk melihat bagaimana jika seluruh kru Topi Jerami memiliki kekuatan buah iblis. Mereka tentunya akan menjadi kelompok bajak laut yang tidak terkalahkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.