Dengan level kekuatan yang sangat tinggi, wajar jika Yonko menjadi karakter yang sulit  dikalahkan. Dengan kekuatan dahsyat tersebut, tidak semua orang bisa mengalahkan atau bahkan sekedar melukai mereka. Seorang pengguna buah iblis pun rasanya belum tentu bisa bertarung dan menang melawan Yonko. Hal ini bisa dilihat dari apa yang terjadi kepada Luffy dan Kaido dalam pertempuran Onigashima. Namun, sulit bukan berarti mereka sama sekali tidak bisa dikalahkan. Ada beberapa karakter yang punya kekuatan besar yang bisa menandingi kekuatan para Yonko. Siapa saja?

Shiki the Golden Lion

Shiki the Golden Lion merupakan salah satu bajak laut legendaris dalam cerita One Piece dan merupakan seseorang yang level kekuatannya berada di taraf yang sama dengan Gol D. Roger. Shiki mampu bertarung dengan bajak laut kuat manapun dan menang, kecuali beberapa bajak laut seperti Whitebeard dan Roger.

Semua kemenangan tersebut muncul berkat kemampuan buah iblis miliknya, yaitu Fuwa Fuwa no Mi, dimana dia memiliki kemampuan untuk membuat benda terbang, dan dia sendiri pun bisa terbang. Dalam pertarungannya melawan Garp dan angkatan laut, Shiki bisa dengan mudah menghancurkan setengah dari Marineford, yang mana pulau Marineford terhitung sebagai pulau yang sangat besar. Jika Shiki tidak menahan diri, mungkin dia bisa saja menghancurkan seluruh Marineford.

Kong

Kong adalah pemimpin pasukan tertinggi di Pemerintah Dunia. Dia dulunya adalah kepala angkatan laut ketika pertarungan Edd War berlangsung, 27 tahun yang lalu, juga ketika Roger dieksekusi sekitar 24 tahun yang lalu. Dengan banyaknya pengalaman bertempur melawan bajak laut tangguh, ditambah dengan posisinya saat ini, Kong dianggap bisa menandingi kekuatan dari Yonko. Kong juga dianggap sebagai salah satu angkatan laut terkuat, namun sayangnya sampai saat ini Oda Sensei masih belum memperlihatkan bagaimana kekuatan yang sebenarnya dari Kong.

Dracule Mihawk

Mihawk sendiri sekarang adalah penyandang gelar ahli pedang terkuat di dunia. Sebelumnya, Mihawk adalah bagian dari Shichibukai sebelum kemudian Pemerintah Dunia membubarkan sistem tersebut dan menjadi incaran angakatan laut. Dengan titelnya tersebut, Mihawk punya kekuatan yang dahsyat, seperti mampu melihat dari jauh dan juga menghancurkan benda menggunakan pedang Yoru. Meskipun Mihawk “hanya” mantan Shichibukai, tetapi kenyataannya levelnya bisa setara Yonko. Buktinya adalah dia pernah bertarung melawan Shanks dan berhasil melukainya. Sudah sejak lama Mihawk menjadi rival dari Shanks.

Silvers Rayleigh

Geeks tentunya sudah mengenal sosok Silvers Rayleigh si raja kegelapan, yang merupakan mantan anggota bajak laut Gol D. Roger. Dia adalah tangan kanan sekaligus orang kepercayaan dari Roger. Dia benar-benar sangat kuat, bahkan bisa dibilang menjadi salah satu karakter terkuat dalam cerita One Piece meskipun usianya sudah tua. Shakky bahkan pernah mengatakan kalau dia punya kekuatan 100 kali lebih kuat dibanding para Supernova.

Salah satu bukti kedahsyatannya adalah pihak angkatan laut tidak pernah menganggap remeh Rayleigh. Mereka bahkan butuh puluhan kapal perang dan pasukan dalam jumlah banyak hanya untuk menghadapi satu orang Rayleigh. Di pulau Sabaody bahkan dia mampu menahan serangan dari Kizaru, dan melukainya. Yang lebih mengejutkan lainnya adalah dia menguasai ketiga Haki, dan memberikan Luffy pelajaran yang dia ketahui.

Sakazuki

Sakazuki, atau yang juga biasa disebut Akainu, merupakan kepala markas angkatan laut saat ini menggantikan posisi Sengoku, yang kini berada di Mary Geoise. Berkat buah iblis magmanya, dia berhasil mendapatkan posisi ini karena sebelumnya Kuzan juga sempat ditawari posisi ini. Untuk memperebutkan jabatan kepala markas angkatan laut, akhirnya Sakazuki dan Kuzan pun bertarung. Pertarungan diantara mereka terjadi sekitar 10 hari dan sudah mengubah cuaca di wilayah Punk Hazard.

Sakazuki juga pernah bertarung melawan Whitebeard yang sudah tua pada saat pertempuran besar di Marineford, dan berhasil selamat dari seranganya meski pun dia terluka akibat serangan tersebut. Dengan kemampuan ‘hujan meteor’ miliknya, dia bisa menghancurkan sebuah pulau dengan mudah seperti yang dia lakukan ketika di Marineford dimana dengan serangan tersebut dia berhasil mendidihkan lautan.

Itulah 5 karakter yang sebenarnya mampu mengalahkan para Yonko. Jika mereka muncul, bukan tidak mungkin nyawa Yonko lah yang terancam. Beruntung karena sebenarnya 5 karakter diatas sangat jarang muncul dalam cerita One Piece. Jika muncul, tentunya mereka menjadi ancaman serius. Di masa depan, mungkin Oda akan memperkenalkan karakter kuat lainnya, yang mungkin dapat menyaingi Yonko dengan mudah.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.