Semua penggemar Marvel yang mengenal Spider-Man Peter Parker pasti mengenal sosok wanita cantik Mary Jane Watson alias MJ. Dia adalah karakter wanita Marvel yang sering digambarkan sebagai kekasih Spider-Man, dan bahkan dalam beberapa kesempatan, dia juga diceritakan mengenal siapa jati diri Spider-Man yang sebenarnya. Beberapa kali juga MJ terancam oleh para musuh Spider-Man, dan juga sering membantu Spider-Man dalam misinya, seperti ketika MJ membantu Spider-Man meloloskan beberapa sandera Mister Negatif di game Marvel’s Spider-Man.

Karakter MJ sendiri sangat erat dalam kisah-kisah Spider-Man di berbagai media, selain game, MJ juga saat ini menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe dengan diperankan oleh Zendaya. Di Spider-Man: Far From Home (2019), MJ diceritakan mengetahui identitas Spider-Man (Tom Holland) dan tetap menerimanya sebagai kekasih, walaupun dia tahu itu sangat berbahaya. Di MCU, MJ digambarkan sebagai sosok mandiri yang cukup cerdas. Walapun begitu, sejauh ini dia tetap wanita muda yang memerlukan perlindungan dari Spider-Man, berbeda dengan salah satu versinya di Marvel Comics.

Di Marvel Comics sendiri ada banyak sekali MJ yang tersebar di Multiverse, mulai dari MJ yang menikah dengan Peter Parker di Earth-616, sampai versi jahat yang bekerja pada Inheritors di Earth-001. Dari semua sosok alternatif di Marvel Universe, ada satu MJ yang mengambil peran lebih besar dari versi mana pun, dia diceritakan menjadi manusia laba-laba di Earth-18119. Seperti apa kehebatan MJ saat menjadi manusia laba-laba, simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

MJ Bekerja dengan Avengers

Sama seperti versinya di Prime Marvel Universe, MJ di Earth-18119 juga seorang aktris berbakat yang diceritakan telah menikah dengan Peter Parker dan mempunyai dua orang anak perempuan, yang pertama adalah mendiang May Parker yang tidak dijelaskan bagaimana dia meninggal, dan yang kedua adalah Annie Parker. Di komik Amazing Spider-Man: Renew Your Vows #1 (2015), diceritakan MJ hidup bahagia bersama Peter dan Annie. Sampai akhirnya kejadian Incursion, kontraksi Multiverse, menyebabkan Multiverse runtuh dan dibentuk ulang menjadi Battleworld oleh God Emperor Doom.

Di Battleworld, keluarga kecil MJ kemudian tinggal di Regency, wilayah yang dipimpin oleh Augustus Roman alias Regent, yang diam-diam sering menculik para superhero dan vigilante di wilayahnya. Saat Annie tumbuh dewasa dan mengembangkan kekuatan laba-labanya sendiri, MJ mulai takut jika putrinya diambil oleh Regent. Dia meminta Peter tetap di Regency sebagai Spider-Man untuk menjaga mereka. Saat Regent mulai curiga dan memeriksa Annie apakah dia mempunyai kekuatan super atau tidak, Lewis teman Annie yang sedang bersamanya justru terungkap sebagai mutan dan Regent membawanya.

Peter yang mengetahui hal tersebut kemudian pergi menyelamatkan Lewis dan menghilang tanpa jejak. MJ dan Annie yang diselamatkan oleh SHIELD kemudian mulai khawatir dengan Peter. Merasa SHIELD terlalu lambat, MJ memutuskan pergi bersama Avengers untuk menyelamatkan Peter. Bersama Avengers, MJ dan Annie kembali bertemu dengan Peter, mereka bertiga kemudian bertarung bersama dan berhasil mengalahkan Regent, sebelum Avengers meringkusnya dan menahannya.

Ketangguhan MJ Sebagai Spinneret

Setelah selamat dari Regent, Peter sadar bahwa dia tidak bisa selalu menjaga MJ dan Annie. Dia kemudian menciptakan sebuah kostum yang mampu meniru semua gerakannya dan diberikan pada MJ untuk menjaga putrinya. Sejak saat itu MJ menjadi manusia laba-laba seperti Peter dengan identitas barunya sebagai superheroin Spinneret. MJ telah membuktikan kekuatannya dengan mengalahkan berbagai supervillain di Marvel Universe, termasuk Mole Man di komik Renew Your Vows #2 dan alien multiverse Poison, dibantu oleh Captain America dan Doctor Strange di komik Renew Your Vows #10.

Sebagai Spinneret yang tangguh, ternyata dia juga mempunyai satu kelemahan, yaitu kostumnya sendiri. Untuk “meniru” segala sesuatu dari Spider-Man, termasuk kekuatan dan kelincahan, efek negatif dari kostum MJ ini perlahan-lahan menyerap kekuatan Peter Parker, sehingga seiring berjalannya waktu Peter akan makin melemah. Untungnya, kelemahan tersebut dapat dengan mudah diatasi selama mereka berdua tidak beraksi bersama, saat Spinneret beraksi, Peter harus benar-benar mengisi tenaganya dengan beristirahat dan makan banyak.

Apakah MJ Versi MCU Akan Mendapatkan Spider-Power?

Jika berbicara tentang bagaimana MJ menjadi Spinneret di Marvel Universe, tidak mustahil bagi MJ versi MCU untuk mendapatkan kesempatan yang sama. Apalagi sekarang Marvel telah memperkenalkan Multiverse, sehingga ada banyak cara bagi MJ untuk mendapatkan kekuatannya. Ditambah lagi, teknologi kostum yang mampu meniru gerakan bisa diadaptasi juga di MCU. Saat ini, nyawa MJ sendiri jauh lebih terancam dari sebelumnya. Di cuplikan trailer No Way Home, MJ terlihat terjatuh dan Spider-Man tampak kesulitan untuk menyelamatkannya. Sehingga sudah waktunya bagi MJ untuk menjadi lebih kuat.

Di cuplikan lain, MJ juga terlihat sering berayun dengan Spider-Man, sehingga lama-kelamaan mungkin dia bisa terbiasa untuk melakukan hal yang sama. Mengingat Sony sudah mengonfirmasi bahwa Spider-Man MCU akan mendapatkan film trilogi berikutnya, masih ada banyak waktu bagi MJ untuk menjadi lebih kuat. Itulah kisah MJ yang menjadi manusia laba-laba di Marvel Universe, serta kemungkinannya di MCU. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Sebelum itu terjadi, semoga saja nanti MJ bisa selamat di film Spider-Man: No Way Home, yang dijadwalkan rilis pada 15 Desember 2021.