Meskipun sudah dua dekade lebih seri One Piece berjalan, namun masih ada banyak misteri besar yang belum terungkap dan juga berbagai pertanyaan lainnya yang belum terjawab. Salah satunya adalah sosok Dr. Vegapunk, sosok paling cerdas di seluruh lautan. Sampai saat ini, Vegapunk menjadi salah satu karakter yang misterius, yang identitasnya masih belum terungkap.

Informasi yang bisa diketahui tentang Vegapunk sejauh ini adalah dia bekerja untuk angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Di angkatan laut sendiri, Vegapunk memiliki posisi yang sangat penting. Hal ini wajar mengingat semua hasil riset dan juga berbagai kreasinya sangat luar biasa. Bahkan, bisa dibilang, hampir semua benda yang dia ciptakan selalu memiliki manfaat yang luar biasa, baik untuk masa sekarang atau masa depan.

Malah, terkadang teknologi yang diciptakan oleh Dr. Vegapunk terlalu canggih, sehingga membuat banyak orang terheran-heran. Tidak sedikit juga orang yang beranggapan bahwa penemuan atau hasil riset dari Dr. Vegapunk sebagai sesuatu yang berbahaya dan bisa mengancam keselamatan dunia.

Selain beberapa hal yang sudah kita ketahui seperti naga raksasa, teknologi batu laut, dan sebagainya, hasil karya besar dari Dr. Vegapunk lainnya adalah Special Science Group atau yang biasa disingkat SSG. Ini merupakan kelompok ilmuwan jenius yang menciptakan berbagai senjata atau hal lainnya. Berdasarkan informasi yang ada, kelompok ini sengaja dibentuk untuk menggantikan posisi Shichibukai yang sudah dibubarkan.

Seperti yang dijelaskan dalam arc Reverie kemarin, salah satu keputusan yang dihasilkan adalah dihancurkannya sistem Shichibukai. Untuk saat ini, tidak banyak yang kita ketahui tentang organisasi SSG. Tetapi, menurut Fujitora dan Brannew, kelompok ini memang memiliki “kekuatan” untuk bisa menggeser Shichibukai. Artinya, SSG sangatlah dahsyat dalam masalah kekuatan.

Seperti yang disebutkan di atas, Dr. Vegapunk adalah sosok yang bertanggung jawab dalam berbagai senjata dan teknologi yang digunakan oleh angkatan laut dan pemerintah Dunia. Contohnya adalah para Pacifista. Ada kemungkinan bahwa semua proyek yang yang dikerjakan oleh SSG, merupakan kulminasi atau puncak dari hasil penelitian dan pekerjaanya selama ini.

Dr. Vegapunk mungkin sudah menemukan cara untuk bisa memasukan DNA dari pengguna buah iblis untuk dimasukan ke versi baru Pacifista, di mana hal tersebut akan membuat Pacifista nantinya bisa menggunakan atau memiliki kekuatan buah iblis. Hal ini tentunya akan membuat Pemerintah Dunia dan angkatan laut semakin menjadi kekuatan yang tidak tergoyahkan.

Berdasarkan hal itu, ada kemungkinan bahwa kelompok SSG sudah mengumpulkan sampel DNA dari para pengguna buah iblis dan juga para tahanan yang kuat di Impel Down. Contoh karakter yang mungkin DNA-nya menjadi sumber uji coba tersebut adalah Sakazuki, Smoker, Sengoku, Magellan, Doflamingo, Kizaru, dan beberapa nama lainnya.

Dan untuk mencegah para Pacifista tersebut menjadi overpower atau menjadi terlalu kuat maka, Vegapunk mungkin sengaja membuat mereka hanya bisa menggunakan satu kekuatan buah iblis saja. Bukan tidak mungkin jika Vegapunk mau dia bisa membuat Pacifista seperti halnya sosok Blackbeard, mampu untuk menggunakan lebih dari satu kemampuan buah iblis.

Sampai saat ini, para fans sendiri masih menantikan apa yang akan dilakukan oleh pihak angkatan laut dengan pihak SSG. Apakah mereka akan menggunakan teknologi baru Pacifista untuk memburu para bajak laut bernilai tinggi? Bisa jadi. Yang pasti, SSG tentunya akan menjadi tantangan atau rintangan lainnya yang harus dilewati oleh Luffy dan kelompok Topi Jerami yang ingin menghancurkan pihak Pemerintah Dunia dan angkatan laut.