Seri One Piece karya Eiichiro Oda, dianggap sebagai salah satu seri dengan cerita yang paling apik dan juga menarik. Berbagai elemen kejutan coba dihadirkan oleh Oda Sensei dakan ceritanya, membuat para fans terus berpikir apa yang selanjutnya akan dihadirkan oleh Oda atau kejutan apa lagi yang akan disuguhkan oleh Oda.

Sering kali Oda Sensei menggunakan formula cerita di mana sebuah rencana yang sudah dibangun oleh para karakter pada akhirnya gagal dilaksanakan, untuk membuat cerita semakin dramatis dan juga semakin meningkat tensi ceritanya. Hal tersebut membuat sang protagonis untuk mencari cara lain untuk bisa menghadapi situasi pelik tersebut. Tetapi, tidak jarang semua yang sudah direncanakan pada akhirnya harus gagal. Berikut adalah beberapa contohnya.

Rencana Besar Law di Dressrosa Gagal Akibat Asal-Usul Doflamingo

Dalam arc Dressrosa diperlihatkan bagaimana Trafalgar Law dan Luffy pada awalnya hendak mengalahkan Doflamingo dengan beberapa cara. Pertama adalah melepas status Shichibukainya, kemudian menghancurkan pabrik SMILEs yang dia miliki, serta membuat Kaido yang justru mengalahkannya.

Pada awalnya, semua rencana tersebut memang berjalan sesuai yang mereka inginkan. Namun, kemudian situasi mulai berubah menjadi pelik ketika Viola/Violet mengungkapkan tentang rencana rahasia yang dimiliki oleh keluarga Donquixote kepada Sanji. Dan kemudian Law pun menyadari bahwa Doflamingo sama sekali tidak terpengaruh oleh semua rencana tersebut karena dia merupakan keturunan dari kaum naga langit.

Rencana Kinemon Gagal Setelah Luffy Menyerang Kaido

Kinemon sebenarnya sudah memiliki rencana untuk menyerang ke Onigashima jauh sebelum Luffy tiba di wilayah Wano. Tidak lama setelah Luffy mengetahui rencana yang sudah dibuat oleh pihak aliansi, Kaido dan krunya pun tiba untuk menyerang mereka. Dan akibat rasa dendam dan amarah dalam diri Luffy, dia pun kemudian menyerang Kaido dengan semua kemampuannya.

Sayangnya, meskipun Luffy sudah mengerahkan semua kemampuannya untuk menghadapi Kaido, Luffy bahkan tidak sanggup untuk bisa menghadirkan satu luka kecil pada Kaido. Yang lebih parah adalah saat itu Kaido bahkan berhasil mengalahkan Luffy dengan hanya satu serangan saja. Dan pada akhirnya, akibat hal tersebut Luffy dan yang lain harus dikurung di penjara tambang Udon.

Kru Topi Jerami Hampir Bubar di Water 7

Setelah petualangan epik mereka di pulau langit, kelompok Topi Jerami kemudian pergi ke destinasi selanjutnya yaitu Water 7. Mereka berniat memperbaiki Going Merry yang rusak, dengan cara mencari tukang kayu yang bagus. Namun, bukannya menemukan tukang kayu, justru mereka malah menemukan konflik internal. Pertama, Robin menghilang. Sebagian dari kru Topi Jerami meyakini bahwa Robin meninggalkan mereka.

Kedua, uang yang mereka simpan pun hilang.  Kemudian, Usopp sendiri sempat saling bertarung menghadapi Luffy, yang membuat Usopp akhirnya memutuskan untuk keluar dari kru Topi Jerami. Iceburg diceritakan hampir tewas, dan kelompok Topi Jerami disalahkan atas kejadian tersebut. Pada akhirnya, mereka pun kemudian menjadi sasaran seluruh Water 7.

Ace Tertangkap Oleh Blackbeard

Setelah kematian Thatch, komandan divisi empat kelompok Whitebeard, Ace pun kemudian berpetualang untuk menemukan orang yang sudah membunuhnya yaitu Marshal D. Teach alias Blackbeard. Blackbeard sendiri sebenarnya merupakan bawahan dari Ace, sebelum dia mencuri buah iblis Yami Yami dan membunuh Thatch.

Ace berpikir bahwa Blackbeard perlu mendapatkan hukuman atas apa yang sudah dia lakukan. Ace pun kemudian bertarung menghadapi Blackbeard di pulau Banaro. Namun, meskipun Ace nampak percaya diri dalam menghadapi Blackbeard, pada kenyataanya dia bukan tandingan dari Blackbeard. Ace kalah dalam pertarungan dan akhirnya Blackbeard pun kemudian ditangkap dan diserahkan kepada pihak angkatan laut.

Sanji Mengabaikan Krunya

Luffy beserta beberapa kru Topi Jerami pergi ke Whole Cake Island untuk bisa menjemput Sanji, yang “diculik” oleh kelompok bajak laut Big Mom. Seperti yang dijelaskan dalam ceritanya, Sanji dipaksa menikah dengan Pudding, sebagai bagian dari perjanjian kerja sama antara Germa 66 dan juga kelompok bajak laut Big Mom.

Yang tidak Luffy ketahui adalah Big Mom sudah memperkirakan apa yang dilakukan oleh Luffy, sehingga Sanji pun akhirnya dipaksa berada dalam posisi yang tertekan di mana dia tidak bisa kembali ke krunya. Ketika Luffy akhirnya bertemu dengan Sanji, Sanji pun justru memerintahkan Luffy untuk pergi. Bahkan, Sanji sempat menyerang Luffy, sesuatu yang tidak pernah diduga para fans.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2