Misteri besar yang menyelimuti sosok Metal Lee, terutama yang berkaitan dengan orang tuanya, sudah sejak lama muncul di kalangan fans dari Boruto. Semua karakter lainnya dari generasi baru Konoha memiliki status keluarga yang jelas. Ketika identitas dari kedua orang tua karakternya diketahui, maka akan mudah dipahami bagaimana dan seperti apa kepribadian atau kemampuan karakter tersebut.

Contohnya adalah Sarada Uchiha. Bisa dipahami bagaimana dia memiliki Sharingan dan juga kekuatan dahsyat. Bahkan, sosok Mitsuki, yang dianggap sebagai karakter misterius, memiliki informasi yang jelas yaitu dia merupakan “anak” dari Orochimaru melalui cara kloning dan berbagai teknologi lainnya. Namun, hal ini sepertinya tidak berlaku untuk Metal Lee.

Sejauh ini, satu-satunya orang tua dari Metal Lee yang sudah dikonfirmasi hanyalah ayahnya, yaitu Rock Lee. Sedangkan ibu dari Metal sendiri masih misterius. Mengetahui tentang siapa ibu dari Metal Lee bukan hanya mengungkapkan informasi lainnya tentang sosok Metal, melainkan juga Rock Lee. Wanita seperti apa yang dinikahi oleh Rock Lee dan seperti apa hubungan mereka?

Ada banyak teori di luar sana yang mencoba menjelaskan perihal ibu dari Metal Lee. Salah satunya adalah pengguna Reddit dengan akun u/Pradeepk98, yang meyakini bahwa ibu dari Metal Lee kemungkinan mewarisi sifat pemalu dan juga kecemasan berlebih yang sering dialami Metal. Padahal sosok Rock Lee dikenal sebagai shinobi yang percaya diri dan tidak pernah takut untuk membuat orang lain terkesan dengan kemampuannya.

Namun, hal sebaliknya justru dialami oleh Metal. Metal sering kali panik dan juga sangat pemalu, ketika dia berada di sekitar orang lain atau ketika ada orang lain yang memperhatikannya. Inilah yang mungkin diwariskan dari sang ibu atau yang dia pelajari dari ibunya. Dan seperti disebutkan di atas, ada banyak sekali teori yang mencoba menjelaskan hal ini.

Salah satunya adalah teori yang menyebutkan bahwa ada kemungkinan bahwa Tenten merupakan ibu dari Metal. Meskipun kecil kemungkinannya, tetapi ini bukanlah sesuatu yang mustahil. Tenten merupakan satu-satunya shinobi wanita yang ada di tim Rock Lee dahulu. Dan bukan sesuatu yang aneh atau hal yang mustahil bagi Rock Lee untuk jatuh cinta terhadap rekan satu timnya.

Sasuke sendiri pada akhirnya menikah dan memiliki anak dari mantan rekan satu timnya. Artinya hubungan antara Lee dan Tenten bukanlah sesuatu yang mustahil. Salah seorang pengguna Reddit dengan nama u/nyfilexs bahkan menghadirkan petunjuk dari salah satu adegan pembuka di seri Boruto.

Dalam adegannya diperlihatkan semua orang tua dari generasi Konoha selanjutnya berada di samping anaknya. Dan Rock Lee sendiri berada di samping Tenten. Meskipun terdengar menarik, tetapi yang menjadi masalah dari teori ini adalah serinya sendiri hampir tidak pernah memperlihatkan interaksi antara Tenten dan Metal Lee.

Jika memang Tenten adalah ibu dari Metal Lee, tentu rasanya aneh jika kita tidak pernah melihat keduanya saling berinteraksi – entah momen berlatih, berbicara, atau apa pun. Metal Lee dan Tenten sendiri masih ada di tempat yang sama. Lain halnya jika keduanya berada di dua tempat yang berbeda. Dan rasanya juga kecil kemungkinannya jika Tenten adalah sosok ibu yang menelantarkan anaknya.

Terlepas dari teori bahwa Tenten adalah ibunya, teori yang paling masuk akal adalah Rock Lee kemungkinan mengadopsi Metal Lee saat usianya masih bayi. Sedangkan orang tua biologisnya tidak diketahui. Rock Lee mungkin akan mengisi peran yang sama yang pernah dilakukan oleh Might Guy kepadanya dahulu.

Might Guy dan Rock Lee bukanlah ayah dan anak. Namun, hubungan diantara mereka sangatlah dekat. Inilah yang mungkin coba dihadirkan kembali dari sosok Rock Lee dan Metal Lee. Hal ini juga mungkin berlaku kepada Gaara, yang mungkin mengadopsi Shinki dan berusaha menjadikannya penerusnya.

Terlepas dari siapa yang menjadi orang tua kandung dari Metal Lee, hubungan antara Rock Lee dan Metal Lee benar-benar sangat kuat. Rock Lee sendiri percaya bahwa semua orang bisa menjadi seorang shinobi yang kuat, meskipun mereka tidak memiliki kemampuan spesial atau berasal dari keluarga terkenal. Metal Lee berusaha untuk mewujudkan hal tersebut. Dengan Rock Lee yang terus mengajari Metal Lee, bukan tidak mungkin dia akan menjadi ninja yang hebat di kemudian hari.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.